Cara Cek Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019


Salam semangat buat rekan-rekan Operator Dapodik PAUD dan DIKMAS. Alhamdulillah, hari ini kita telah memasuki hari Raya Idul Fitri 1440 H. Semoga kita selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, dan semoga kita dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadhan tahun mendatang. Sebelumnya, admin mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin buat kita semuanya. 

Alhamdulillah, hari ini admin kembali berkemsempatan untuk mencoba cek aplikasi Dapodik PAUD dan DIKMAS. Satu hal yang harus admin bagikan kepada rekan-rekan semuanya yaitu Batas Akhir Pengisian atau Pengiriman Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019

Mengingat batas akhir pengisian atau pengiriman Dapodik PAUD DIKMAS Semester 2018/2019 Genap tinggal beberapa hari lagi, kita sebagai Operator Dapodik pasti tidak akan terlepas dari istilan "Sinkronisasi". Apalagi, mengingat batas pengisian tinggal beberapa hari lagi. Oleh karena itu, disarankan kepada Operator Dapodik untuk melakukan atau cek sinkronisasi Dapodik terakhri. 

Kenapa demikian? karena Sinkronisasi Dapodik ini adalah untuk mengirimkan data yang terdapat di Lokal/Laptop/Komputer/Offline ke server pusat dapodik sehingga data yang dimiliki pusat sama dengan data di sekolah.
 

Cara Cek Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019


Baiklah, sesuai dengan judul postingan kali ini yaitu Bagaimana Cara Cek Batas Akhir Pengisian atau Pengiriman Dapodik PAUD dan DIKMAS Semester Genap 2018/2019

dengan tidak memanjangkan kata muqoddimah, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan, berikut ini cara cek batas pengisian dapodik paud dan dikmas semester genap:

1. Aplikasi Dapodik PAUD Online

Aplikasi Dapodik PAUD Online  adalah aplikasi yang menyediakan fasilitas bagi kita para Operator Sekolah untuk bisa memeriksa kapan batas akhir pengisian dapodik paud dikmas. Pada aplikasi tersebut, selain kita bisa melakukan login untuk melakukan pengisian Dapodik PAUD DIKMAS, kita juga bisa secara langsung melihat batas pengisian dapodik. 

- Untuk akses aplikasi dapodik paud online, silahkan klik link berikut ini :

alamat akses dapodik paud dikmas online https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Account/Login
 

- Masuk di halaman Login Dapodik PAUD Online, pada halaman tersebut kita bisa melihat secara langsung Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019. Sehingga, dengan adanya fasilitas ini bisa lebih memudahkan kita selaku Operator Dapodik untuk lebih awal melakukan siknronisasi dapodik ;

-  Selanjutnya, silahkan login pada Aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS ;
Untuk apa kita melakukan login? ya sesuai dengan judul postingan ini "Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS" oleh karena itu, sebelum pengisian Dapodik PAUD dan DIKMAS Semester Genap 2018/2019 berakhir, alangkah baiknya rekan Operator Sekolah melakukan Sinkronisasi Dapodik terlebih dahulu. 

Setelah berhasil login , dan masuk di halaman dashboard atau halaman utama Dapodik PAUD DIKMAS Online, silahkan cek pada "Sinkronisasi Terakhir". Admin menyarankan menjelang satu bulanan ini, kita sudah ada melakukan sinkronisasi. 

Salah satu kemudahan yang pasti kita rasakan apabila menggunakan Aplikasi Dapodik Online, kita tidak harus melakukan Validasi dan Sinkronisasi lagi, karena pada saat kita akses halaman Dapodik Online ini kita sudah terhitung melakukan sinkronisasi. 

Seperti gambar dibawah ini, admin melakukan Sinkronisasi Terakhir pada tanggal 23/05/2019.


Dan hari ini 06/06/2019, admin kembali akses Dapodik Online alhasil seperti gambar dibawah ini. Sinkronisasi terakhir terhitung hari ini, artinya kita telah melakukan sinkronisasi dapodik. Selain itu, dengan adanya Dapodik Online ini, rekan Operator bisa kapan saja dan dimana saja untuk akses Dapodik tanpa harus menggunakan Sebuah PC yang didalamnya sudah terinstal aplikasi Dapodik. Tetapi, kita bisa akses Dapodik juga lewat Smartphone.



Namun, bagi rekan yang menggunakan Metode Sinkronisasi Dapodik PAUD Offline/Sync Online , selain cek dapodik paud secara online admin sarankan juga cek dapodik nya secara offline. Kenapa ? Karena setelah admin cek tanggal sinkron nya pasti berbeda dengan di dapodik online. Oleh karena itu, silahkan sinkronkan juga Dapodik Offline-nya.

2. Aplikasi Dapodik PAUD Offline 

Pada aplikasi Dapodik PAUD Offline, kita tidak bisa cek batas pengisian akhir dapodik paud dikmas. Melainkan, pada aplikasi offline ini kita gunakan untuk melakukan sinkronisasi dapodik.



- Silahkan lakukan login di aplikasi Dapodik PAUD Offline terlebih dahulu ;

- Selanjutnya, masuk di halaman utama Dapodik PAUD Offline, silahkan cek Sinkronisasi Terakhir yang telah dilakukan pada bagian Log Sync seperti gambar dibawah ini.

 
 Disitu kita bisa melihat perbandingan batas akhir sinkron dapodik padu online dan offline. Dimana pada Aplikasi Dapodik PAUD Online Sinkronisasi Terakhir pada tanggal 23/05/2019, sedangkan di Dapodik PAUD Offline Sinkronisasi Terakhir pada tanggal 20/02/2019. Oleh karena itu, agar semuanya sinkron silahkan rekan lakukan Sinkronisasi Dapodik PAUD Offline


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga dapat menambahkan Refrensi Pengetahuan rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Related Posts To Cara Cek Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019


Cara Cek Batas Pengisian Dapodik PAUD DIKMAS Semester Genap 2018/2019 Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts