Tentang Focal Point dalam Desain Taman

Dalam terminologi desain lanskap, focal points mendorong dan mengarahkan perspektif pengamat kepada lokasi tertentu dalam lanskap. Fokalisasi dapat memberikan sense atas tujuan dari sebuah desain, tanpanya, sebuah taman mungkin hanya tampak sebagai koleksi dari berbagai objek (atau ruang kosong). Baik tanaman maupun fitur hardscape dapat dimanfaatkan untuk tujuan ini.

Penggunaan simetri dapat menciptakan effek ini secara jelas, sementara desain asimmetry akan memperhalus atau bahkan tampak terhindar dari fokalisasi. Sebagai contoh, sangat umum jika kita membuat suatu simetri di depan rumah, terutama menggunakan semak. Namun setiap keputusan selalu memiliki dampak positif dan negatif, semak tersebut bisa jadi membutuhkan perawatan yang intensif sehingga biaya perawatan taman anda menjadi lebih mahal.



Perlu dicatat bahwa, dalam konteks desain lanskap, keseimbangan mengacu pada konsistensi atraksi visual, atau, kurangnya hal tersebut. Atraksi visual yang konsisten dapat dicapai dengan simetri, jika perhatian desainer adala untuk menghindari keseimbangan yang monoton, desain asimetri dapat diimplementasikan, seharusnya.

Sangat mudah untuk membuat fokalisasi pada halaman yang tidak berantakan. Cukup hiasi dengan aksen yang sesuai. Saat tidak ada fitur lain yang bersaing dengan fitur yang dipilih untuk diperhatikan, secara otomatis fitur pilihan tersebut akan menjadi titik fokus. Spesies tanaman atau benda mati dapat dijadikan focal point. Meskipun Anda mungkin menganggap titik fokus seperti itu sepenuhnya opsional, kadang-kadang justru fitur ini diperlukan.

Salah satu fungsi utama dari focal point adalah menyediakan fitur visual di sebuah tempat istirahat dalam lanskap. Titik fokus juga dapat digunakan untuk menyorot lokasi tertentu di lansekap Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menyorot pintu masuk yang dimaksudkan ke taman halaman belakang Anda dengan punjung taman, tempat pengunjung diundang untuk lewat. Kehadiran struktur seperti itu membuat kecil kemungkinan bahwa pengunjung akan memasuki taman di mana Anda tidak menginginkannya.

Cukup mudah untuk mengingat definisi "titik fokus" jika Anda mengaitkannya dengan kata, "fokus." Satu item yang dibedakan dari item lain dalam suatu grup sebagai "fokus" (kata benda) adalah pusat perhatian. Demikian juga, ketika Anda "memfokuskan" pikiran Anda pada sesuatu, Anda mengarahkan perhatian Anda pada hal tertentu itu, dengan mengesampingkan hal lain.

Fitur yang dapat berfungsi Sebagai Focal Point

Dengan gerakan dan suara yang dihasilkannya, air mancur taman adalah salah satu fitur hardscape terbaik untuk digunakan dalam menciptakan titik fokus, menangkap perhatian seseorang pada sejumlah level. Tetapi khusus dalam aspek visual, banyak pemilik rumah lebih suka fitur seni dalam halaman.

Saat menggunakan tanaman sebagai focal point, warna adalah senjata yang sangat ampuh. Efek dari apa yang disebut warna "hangat" dijelaskan dalam artikel ini dalam teori warna. Jangan juga meremehkan nilai guna dari bentuk dan tekstur tanaman. Gabungkan ketiga properti tersebut, dan Anda mungkin mendapatkan adegan yang membuat kepala anda berputar.

Saat Focal Point Tidak Berhasil

Ketika rencana lanskap adalah campuran dari berbagai aksen (masing-masing dipasang dengan maksud menciptakan titik fokus), tujuan untuk membuat titik fokus akan gagal. Menurut definisi, fokalisasi melibatkan diskriminasi. Anda tidak akan menarik banyak perhatian ke A jika Anda tanpa sengaja menetapkan B, C, dan D sebagai kompetitor. Mata manusia hanya dapat membagikan begitu banyak perhatian pada satu waktu.

Terkadang, titik fokus yang dimaksudkan tidak berfungsi karena terlalu menarik perhatian atau justeru menarik jenis perhatian yang salah. Misalnya, pohon yang tidak berskala dengan rumah yang berdekatan dengannya akan menarik perhatian yang berlebihan. Kami tentu saja memperhatikan pohon itu, tetapi - dengan demikian - kami juga memperhatikan betapa kecilnya rumah itu (yang bukan fitur properti yang biasanya ingin diperhatikan orang).


Related Posts To Tentang Focal Point dalam Desain Taman


Tentang Focal Point dalam Desain Taman Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts