Panduan Lengkap Verval Arsip di Vervalptk


Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), terkhusus buat Operator Sekolah Verval Dokumen Verval Arsip sudah tidak asing lagi. Tapi, bisa jadi belum mengetahui pasti untuk apa Verval Arsip tersebut termasuk admin juga awalnya. Setelah admin mencari informasi di beberapa artikel serta Petunjuk Pelaksana NUPTK, akhirnya admin sudah mulai paham untuk apa Verval Arsip. Oleh karena itu, agar kita Operator Sekoalh tidak bertanya-tanya lagi untuk apa verval arsip, pada postingan ini admin akan membagikan Panduan Lengkap Verval Arsip di Vervalptk.
Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sudah memiliki NUPTK, silahkan lakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) Arsip untuk update data NUPTK.

Panduan Lengkap Verval Arsip di Vervalptk

Sebelum kita masuk ke tahapan Bagaimana Cara Melakkan Verval Arsip, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan Dokumen-dokumen Persyaratan Verval Arsip. Berikut ini adalah Dokumen-dokumen Persyaratan Verval Arsip :

Dokumen persyaratan verval arsip disiapkan oleh GTK yang bersangkutan dalam bentuk scan dokumen asli dengan format file .PDF.  Untuk selanjutnya diserahkan ke Operator Sekolah untuk di-upload melalui aplikasi Verval PTK. 
Berikut ini Dokumen Persyaratan Verval Arsip :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) ;
  • Ijazah Terakhir ;
  • Bagi yang berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melampirkan : Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS atau PNS ; dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan ;
  • Surat Keputusan Pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan bagi yang berstatus bukan PNS yang bertugas pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah ;
  • Surat Keputusan Pengangkatan dari Ketua Yayasan atau Badan Hukum lainnya dan telah bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun secara terus-menerus bagi yang berstatus bukan bukan PNS pada Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat ;
  • Verval Arsip diajukan oleh Operator Sekolah selanjutnya membutuhkan persetujuan (approve) PDSPK.
 
Catatan : Seluruh keabsahan dokumen yang dilampirkan dalam persyaratan verval arsip mengikuti persyaratan penerbitan NUPTK.

Baca Juga : Persyaratan Pengajuan NUPTK bagi Guru PNS/CPNS dan Non PNS


Setelah seluruh dokumen dipersiapkan, silakhan serahkan ke Operator Sekolah untuk di - upload melalui vervalptk. 

Berikut ini Panduan Lengkap Upload Dokumen Persyaratan Verval Arsip di Vervalptk :

1. Silahkan akses halaman vervalptk, berikut ini link aksesnya :

Masuk di halaman Login vervalptk, silahkan isikan Login sesuai dengan Akun Operator Sekolah yang sudah di daftarkan di website sdm data kemdikbud. 


 2. Setelah berhasil login, masuk di halaman utama vervalptk seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya, silahkan klik pada Tab menu Verval Dokumen > Verval Arsip

Masuk di halaman Verval Arsip, silahkan klik pada tombol Verval Arsip pada salah satu data PTK.

Selanjutnya, masuk di halaman Unggah Berkas Verval Arsip. 
Silahkan unggah dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan. 
Jika sudah, silahkan klik pada tombol OK.



Proses pengajuan verval arsip tidak langsung diterima, melainkan kita harus menunggu approve terlebih dahulu. Caranya, silahkan klik pada Verval Dokumen > Status Verval Arsip (untuk melihat status verval arsip ). 
Sumber : Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kemendikbud

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 




Related Posts To Panduan Lengkap Verval Arsip di Vervalptk


Panduan Lengkap Verval Arsip di Vervalptk Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts