Surat Edaran tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah


Salam semangat buat seluruh Unsur-unsur dalam bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 tentang Pelaksanaan Evaluasi Bencana Serentak di Sekolah.

Sebagai bentuk upaya dalam membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana, dan dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun bersama (kolektif) di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat atupun setelah bencana terjadi maka sangat penting untuk dilakukan latihan / simulasi evakuasi bencana.


Surat Edaran tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah


Dimana latihan atau simulasi evakuasi bencana dapat digunakan untuk melatih kesiapan dalam keadaan darurat sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kebingungan, dan memastikan kesiapan prosedur dan peralatan tanggap darurat. Sesuai dengan Surat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor B-139.d/Ka-BNPB/PK.03.01/02/2019 tanggal 28 Februari 2019 tentang Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak. 

Adapun tujuan utama simulasi evakuasi bencana adalah untuk memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana. Karena itu, simulasi evakuasi bncana harus sering dilakukan di sekoalh untuk mendidik warga sekolah khususnya tentang bahaya bencana. 


Dengan adanya simulasi ini, maka diharapkan bila bencana yang sebenarnya terjadi maka dapat menekan timbulnya korban karena ada kesiapan dan kesiagaan yang sudah terbentuk. 

Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Dirjen Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah. Surat edaran tersebut ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menghimbau sekolaah untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Melaksanakan simulasi evakuasi bencana serentak di sekolah pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2019 pukul 10:00 s.d 12:00 waktu setempat ;
  2. Melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah paling lama 2 jam ;
  3. Membuat slogan Siap utuk Selamat selama pelaksanaan kegiatan simulasi berlangsung melalui media publikasi ;
  4. Informasi mengenai Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 dapat diakses melalui laman: https://siaga.bnpb.go.id/hkb/


 Sumber : dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 



Related Posts To Surat Edaran tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah


Surat Edaran tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts