Cara Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD Menjadi Satu Dokumen Cepat dan Mudah



Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Salam semangat buat rekan-rekan Operator Sekolah ataupun Bunda PAUD yang akan melaksanakan Pengisian Akreditasi PAUD di SISPENA 2.0. Pada postingan kali ini admin akan membagikan Panduan tentang Cara Menggabungkan Beberapa Dokumen yang Akan Diunggah pada SISPENA 2.0 Menjadi Satu DokumenUntuk informasi selengkapnya, silahkan simak sampai tuntas informasi berikut ini.

Baca Disini : Dokumen-dokumen yang Harus Dipersiapakan dalam Pengisian SISPENA 2.0 BAN PAUD dan PNF

Barangkali rekan-rekan sekalian sudah pada tahu dan paham bagaimana cara menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu dokumen. Meskipun begitu, semoga informasi yang admin bagikan semakin dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan kepada rekan sekalian terkhusus bagi rekan Operator Sekolah yang telah diamanahkan untuk meng-online kan atau upload atau mengisi SISPENA 2.0 untuk keperluan Akreditasi PAUD pada tahun 2019.  

Baiklah, langsung saja kita masuk ke tahapan Cara Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD Menjadi Satu Dokumen Cepat dan Mudah:


Cara Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD Menjadi Satu Dokumen Cepat dan Mudah

1. Silahkan persiapkan dokumen-dokumen yang akan dibutuhkan untuk dilakukan penggabungan beberapa dokumen menjadi satu dokumen. 

Setelah dokumen-dokumen tersebut dipersiapkan, tahapan selanjutnya adalah melakukan Scan Dokumen. 


Berikut ini adalah Contoh Dokumen-dokumen yang telah di Scan. 



 Disini admin mengambil Contoh Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD 2019 Menjadi Satu Dokumen pada Poin 1.1.1 Dokumen rekap Pencapaian Pertumbuhan Anak yang berisi: 

2. Setelah semua dokumen dipersiapkan (sudah selesai di scan). Selanjutnya, masuk ke tahapan Penggabungan Beberapa Dokumen di Microsoft Word
Silahkan buka aplikasi Microsoft Word di PC/Laptop. 




Masuk di halaman Microsoft Word seperti gambar dibawah ini, silahkan klik pada Tab Menu Insert. Selanjutnya, klik pada Picture.


Kemudian,  pilihlah gambar yang akan di insert lalu klik pada tombol insert.


Ini adalah dokumen-dokumen yang telah di gabungkan di dalam Microsoft Word untuk nantinya beberapa dokumen digabung menjadi satu dokumen dalam format .pdf serta dengan ukuran file tidak lebih dari 2Mb sesuai dengan ketentuan dalam peng-uploadan data di SISPENA 2.0


Berikut ini ketentuan dalam pengunggahan file di SISPENA 2.0.
Tipe file yang di upload adalah dalam format .pdf dengan maksimal ukuran file 2 MB.

ketentuan dalam pengunggahan file di SISPENA 2.0

3. Selanjutnya, kita masuk ke tahapan untuk merubah format file yang awal nya .docx (format word) ke format file .pdf tanpa harus menggunakan aplikasi baik offline maupun online. 

Kita bisa merubah format file secara langsung pada saat penyimpanan file (save as). 
Caranya : Silahkan klik pada Menu File > Save As


Silahkan pilih tempat penyimpanan file, jika sudah jangan langsung di save ya...tapi silahkan klik pada tanda panah yang ada pada Save As Type seperti yang dilangkar pada gambar dibawah ini.  Pada save as type > pilih PDF.


 Seperti gambar dibawah ini, kemudian klik pada tombol Save



File yang awalnya dalam format (.docx) sekarang telah berhasil di convert/rubah ke format .pdf. Dan file ini lah yang akan kita unggah di SISPENA 2.0


 Setelah format file berhasil di rubah menjadi .pdf, selanjutnya kita juga harus cek Ukuran filenya, karena sesuai dengan ketentuan unggah dokumen di SISPENA yaitu 2MB. Jadi, kita juga harus pastikan ukuran file nya 2MB. 
Caranya, silahkan klik kanan pada file .pdf > selanjutnya klik pada properties. Maka kita akan masuk di halaman properties seperti gambar dibawah ini. Disini kita bisa cek langsung ukuran file. 



Setelah format file telah berhasil di rubah ke dalam format .pdf dan ukuran file juga kurang dari 2 MB.  Tahapan selanjutnya, kita tinggal unggah file melalui SISPENA 2.0. Silahkan klik pada tombol "Browse" yang ada di SISPENA 2.0 untuk unggah dokumen.



Demikianlah cara menggabungkan dokumen-dokumen akreditasi PAUD menjadi satu dokumen. Semoga bermanfaat buat rekan semuanya, salam semangat dan salam satu data. 




Related Posts To Cara Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD Menjadi Satu Dokumen Cepat dan Mudah


Cara Menggabungkan Dokumen-dokumen Akreditasi PAUD Menjadi Satu Dokumen Cepat dan Mudah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts