Cara Memperkecil Ukuran File Rapor dari Semester 1-5 Menjadi 700 Kb


Salam semangat buat rekan-rekan semuanya. Pada postingan kali ini admin akan membagikan informasi seputar Bagaimana Cara Memperkecil Ukuran File Rapor dari Semester 1-5 Menjadi 700 Kb, karena seperti yang telah kita ketahui di bulan April ini telah dibuka Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan ataupun pendaftaran online di Perguruan Tinggi lainnya.
 Khususnya bagi rekan-rekan yang akan melakukan Pendaftran Online di Sekolah Kedinasan tahun 2019 melalui sscasn.bkn.go.id akan menemukan persyaratan seperti berikut ini:

- Surat Keterangan sebagai Peserta Ujian Nasional dari Kepala Sekolah atau Pejabat Berwenang dan Surat Keterangan Belum Menikah yang digabungkan menjadi satu file dalam format .pdf, dengan ukuran file maksimal 1000Kb. 
-  Rapor SMA/MA/SMK / Paket C bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas) dengan format .pdf dan ukuran file maksimal 700 Kb. 

- Selain itu, rekan sekalian juga harus menyiapkan dokumen Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah, Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR dan Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni. Dalam format .pdf dengan ukuran maksimal 700 Kb. 


Cara Memperkecil Ukuran File Rapor dari Semester 1-5 Menjadi 700 Kb

Oleh karena itu, pada postingan ini admin ingin membantu rekan-rekan yang sedang mengalami kendala pada saat menggabungkan beberapa file berbeda menjadi satu file dalam format .pdf, serta cara memperkecil ukuran file seperti file rapor dari Semester 1-5 menjadi 700Kb atau sesuai dengan ukuran maksimal pengunggahan dokumen di sscasn.bkn.go.id.

 Untuk selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini sampai tuntas. 

1. Sesuai dengan judul postingan ini, disini admin mencontohkan File Rapor yang akan diperkecil ukurannya. Oleh karena itu, silahkan persiapkan File Rapornya terlebih dahulu. 

2. Selanjutnya, silahkan scan file rapor dari Semester 1-5, bagaimana cara scan file rapor silahkan simak informasi berikut ini. 

Baca Disini : Tutorial Lengkap Scan Dokumen Menggunakan Printer
Baca Disini : 2 Alternatif Mudah Scan Dokumen ke Dalam Format JPEG/JPG/PDF

3. Bagi rekan yang telah berhasil scan file rapor dari Semester 1-5, silahkan gabungkan seluruh file tersebut ke dalam Microsoft Word seperti gambar berikut ini.

Gambar. Menggabungkan Beberapa File di Microsoft Word
 Rapor yang akan admin gabungkan dan perkecil ukuran filenya terdapat 23 file, ya kalau di perkirakan ukuran file nya bisa diatas 1 Mb. Tapi, sesuai dengan persyaratan peng unggahan dokumen dengan ukuran maksimal 700 Kb, kita harus bisa mensiasati agar ukuran file bisa <700 Kb. Sebelum masuk ke tahap tersebut, silahkan rekan Save As file yang sudah digabungkan di Ms. Word, untuk selanjutnya di save as type dalam format .pdf. Bagaimana caranya? seperti berikut ini. 

Silahkan klik pada Save As

 
 Kemudian pada saat akan save file, jangan lupa untuk memilih format pdf pada Save As Type.

Gambar. Pilih PDF pada Save As Type
Disini kita bisa melihat file yang sudah disimpan dalam format .pdf ternyata ukurannya adalah 5.23 MB. 


 Wah, ini jauh dari ukuan maksimum peng unggahan dokumen. Tapi jangan khawatir, karena masih banyak cara yang dapat kita lakukan. 

4. Masuk ke tahap selanjutnya, bagi rekan yang scan file tersebut dalam format .JPEG/JPG, ini bakalan lebih mudah untuk memperkecil ukuran setiap file dari pada rekan yg tadi nya scan dokumen dalam format .pdf karena harus convert file tersebut terlebih dahulu ke JPEG/JPG. 

- Untuk file dalam format .JPEG/JPG/PNG dapat memperkecil ukuran file seperti berikut ini. Silahkan klik kanan pada file image tersebut, selanjutnya pilih Open with > Microsoft Office 2010



- Masuk di halamn Microsoft Office 2010 seperti gambar dibawah ini.

 
- Silahkan klik pada Tab Menu Picture > Compress Pictures

- Selanjutnya masuk di halaman seperti berikut, silahkan klik Document pada Compress Pictures Setting, dan silahkan klik OK pada Estimated total Size. Jangan lupa untuk tekan CTRL+S untuk save data. 


Hasilnya seperti gambar berikut ini, ukuran file lebih kecil dari semula. 

 
Silahkan lakukan lakukan cara tersebut untuk file-file lainnya. 

Jika sudah, silahkan ikuti kembali seperti langkah ke 3 yaitu menggabungkan file-file yang sudah diperkecil atau compress ukurannya ke Ms. Word hingga save as dalam format .pdf. 


Namun, setelah melakukan langkah-langkah diatas ukuran file masih diatas 700 Kb atau perkiraan 800 Kb. Jangan khawatir, apabila ukuran file nya sudah di bawah 1MB, kita bisa melakukan langkah berikut ini. 

-  Silahkan Compress PDF (Pekecil FIle PDF) , disini admin menggunakan aplikasi ILovePDF yang menurut admin dan selalu admin gunakan apabila convert ataupun compress file lebih cepat, bukan berarti aplikasi lainnya gak cepat ya...tapi admin lebih sering gunakan aplikasi ini. Ok, bagi rekan yang ingin mengikuti admin, silahkan tuliskan di mesin pencarian ilovepdf.com maka kita akan masuk di halaman seperti berikut ini. 

Kemudian, silahkan klik pada Compress PDF.

 
 Masuk di halman Compress PDF File, silahkan klik pada tombol Select PDF FIle.


Silahkan pilih File yang sudah di PDF kan tadi.  Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Compress PDF.



Alhasil, setellah dilakukan Compress PDF alhamdulilalh ukuran file sudah di bawah 700 Kb dan artinya kita sudah bisa melakukan upload dokumen Rapor ataupun dokumen lainnya.



Itulah informasi tentang Cara Menggabungkan Beberapa File menjadi satu file serta Cara Memperkecil Ukuran FIle Rapor dari Semester 1-5, alhamdulillah telah berhasil dilakukan sekarang kita tinggal unggah dokumen-dokumen tersebut. Semoga bermanfaat buat rekan sekalian. Salam semangat dan salam satu data. 
 


Related Posts To Cara Memperkecil Ukuran File Rapor dari Semester 1-5 Menjadi 700 Kb


Cara Memperkecil Ukuran File Rapor dari Semester 1-5 Menjadi 700 Kb Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts