Cara Ampuh Memperbaiki Windows 7,8 dan 10 yang Tidak Bisa Shutdwon dan Restart


Salam semangat buat rekan-rekan semuanya. Hari ini admin mendapati sebuah permasalahan di sebuah Notebook Vaio Sony yaitu Notebook tersebut tidak bisa Shutdown dan Restart.
Notebook tersebut adalah milik dari saudara admin, awalnya notebook tersebut bisa shutdown dan restart. Tapi, beberapa hari ini apabila saudara admin ingin mematikan notebook tersebut harus dimatikan paksa (menekan pada tombol power) yang sebenarnya hal itu tidak boleh dilakukan. Selain hal itu, beliau mencabut baterai notebook tersebut karena takut juga kalau selalu mematikan notebook secara paksa melalui tombol power. Dan hari ini beliau menjumpai admin dan meminta bantuan untuk cek kondisi notebook tersebut.



Cara Ampuh Memperbaiki Windows 7,8 dan 10 yang Tidak Bisa Shutdwon dan Restart


Ini merupakan masalah baru yang admin temui dan admin sangat bersyukur karena admin akan mendapatkan ilmu baru. Alhamdulillah, setelah admin searching di Internet mengenai Solusi Memperbaiki Windows 7,8 dan 10 yang tidak bisa shutdown dan restart. Akhirnya, notebook tersebut kembali bisa shutdown dan restart

Admin juga mencari informasi mengenai Penyebab Komputer atau Laptop Tidak Bisa Shutdown dan Restart, ternyata penyebab komputer/laptop tersebut tidak bisa shutdown dan restart dikarenakan sistem operasi (Windows 8) yang digunakan error akibat salah menginstall aplikasi yang tidak jelas. 

Bagi rekan-rekan yang juga menemukan persamasalah seperti diatas, sebagai solusinya dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut ini:

Cara Memperbaiki Windows 7/8/10 atau Laptop dan Komputer yang Tidak Bisa Shutdwon dan Restart:

1. Silahkan buka RUN di PC/Notebook, dengan cara menekan Windows+R di keyboard secara bersamaan. Atau ketikkan "Run" pada startmenu.

cara membuka aplikasi RUNcara membuka aplikasi RUN di PC/Notebook
Gambar : Halaman RUN
 
 2. Pada halaman Run, tepatnya pada Open ketikkan perintah regedit. Selanjutnya, klik OK.


3. Masuk di halaman Registry Editor (Regedit).


Selanjutnya, pilih folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM


Setelah memilih folder SYSTEM > CurrentControlSet > Control

Terakhir pilih dan klik Folder Session Manager 
Di dalam folder session manager terdapat file Registry terletak pada sebelah kanan registry editor, lalu pilih BootExecute


 Selanjutnya, klik kanan pada BootExecute.Kemudian masuk pada laman Edit Multri-String lalu hapuslah Valude data seperti yang admin blok pada gambar dibawah ini.


Dan ketikkanlah pada Value data "autocheck autochk" (tanpa kutip) seperti gambar dibawah ini, jika sudah silahkan klik pada tombol OK.


4. Setelah itu, silahkan keluar dari Registry Editor atau komputer anda. Silahkan cek apakah sudah bisa tombol shutdown dan restart berfungsi sebagaimana mestinya, apabila masih belum silahkan matikan paksa PC/Notebook tersebut terlebih dahulu dengan menekan tombol power pada keyboard atau memutus aliran listrik pada PC.  

5. Selanjutnya, silahkan nyalahkan kembali PC/Notebook tersebut dan silahkan coba lakukan Shutdown dan Restart dengan cara yang benar (tidak mematikan paksa melalui tombol power atau mematikan aliran listrik PC). 

Alhamdulillah, akhirnya tombol Shutdwon dan Restart pada Notebook saudara admin sudah bisa berfungsi kembali, semoga rekan sekalian juga begitu. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan selamat mencoba.

 


Related Posts To Cara Ampuh Memperbaiki Windows 7,8 dan 10 yang Tidak Bisa Shutdwon dan Restart


Cara Ampuh Memperbaiki Windows 7,8 dan 10 yang Tidak Bisa Shutdwon dan Restart Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts