2 Alternatif Mudah Scan Dokumen ke Dalam Format JPEG/JPG/PDF


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Bagi Bunda-bunda ataupun Operator yang akan melakukan Akreditasi pastinya untuk upload dokumen di SISPENA 2.0 membutuhkan dokumen dalam format file .pdf/JPEG/jpg yang artinya kita harus melakukan scan terhadap dokumen-dokumen yang awalnya sudah di print out (cetak). Oleh karena itu, pada postingan ini admin akan membagikan informasi Bagaimana Cara Scan Dokumen dengan Cepat dan Efisien yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik langsung menjadi format .pdf/JPEG/jpg sesuai dengan syarat unggah dokumen di SISPENA 2.0. Untuk selengkapnya silahkan simak informasi berikut ini.

2 Alternatif Scan Dokumen Menggunakan Printer dengan Cepat dan Mudah : 

1. Menggunakan Windows Fax and Scan 

Untuk bagaimana cara scan dokumen menggunakan Windows Fax and Scan, rekan sekalian bisa cek pada informasi dibawah ini. 

Namun, bagi rekan sekalian yang mengalami kendala pada saat melakukan scan menggunakan Windows Fax and Scan, jangan panik karena masih ada alternatif ke dua untuk scan dokumen yaitu menggunakan IJ Scan Utility. 

2. Menggunakan IJ Scan Utility 

 - Silahkan siapkan printer rekan terlebih dahulu disini admin menggunkaan Printer Canon Pixma MP237 dan pastikan kabel USB Printer ke PC/Laptop sudah tersambung dan Printer dalam kondisi On.

2 Alternatif Mudah Scan Dokumen ke Dalam Format JPEG/JPG/PDF


Silahkan siapkan dokumen yang akan di scan untuk di posisikan pada printer seperti gambar dibawah ini.

2 Alternatif Scan Dokumen Menggunakan Printer dengan Cepat dan Mudah


- Selanjutnya di Laptop atau PC pada Windows Start atau pencarian di Windows seperti gambar dibawah ini, silahkan ketikkan Utility atau Scan Utility. Maka akan muncul aplikasi IJ Scan Utility, silahkan klik aplikasi tersebut.

cara scan dokumen menggunakan IJ Scan utility

- Setelah di klik maka kita akan masuk di laman IJ Scan Utility seperti gambar dibawah ini. Karena sesuai dengan ketentuan peng unggahan dokumen di SISPENA file dalam format .pdf, silahkan klik pada pilihan "Document".

cara setting IJ Scan Utility

 Hasilnya seperti gambar dibawah ini. 


- Setelah tombol Document di klik, maka langsung di alihkan ke Folder Documents seperti gambar dibawah ini, dimana file yang di scan tersebut sudah berubah atau convert ke dalam format .pdf dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.


Itulah cara mudah scan dokumen, semoga dapat membantu bunda-bunda sekalian dalam melakukan scan dokumen Akreditasi PAUD. 

Barangkali menjadi pertanyaan bagi rekan sekalian, Bagaimana cara merubah ukuran dokumen menjadi lebih kecil? Contohnya terdapat file dalam format .jpg dengan ukuran file 2.37 MB, padahal di SISPENA 2.0 ukuran file yang diminta maksimal 2MB. 

Untuk merubah ukuran file dari besar ke kecil kita bisa secara langsung merubahnya di PC tanpa harus menggunakan aplikasi secara online. Bagaimana caranya, silahkan simak informasi berikut. 

Contoh File dengan Ukuran File 2.37 MB
 Berikut ini cara merubah ukuran file atau dokumen tanpa menggunanakan Aplikasi Convert Image/pdf. 

- Silahkan klik kanan pada file yang akan di rubah ukuran filenya. Kemudian klik pada Open With > Microsoft Office 2010.

cara merubah ukuran file dokumen menggunakan microsoft office 2010


- Masuk di halaman Microsoft Office 2010, silahkan klik pada tab menu Picture. Lalu pilih Compress Pictures.


 - Kemudian masuk di halaman Compress Picture Settings, pada tab options di sebelah kanan dibagian Compress For, silahkan klik Documents. Pada estimated total size kita bisa melihat yang ukuran aslinya (original) 2.37 MB setelah di kompress menjadi 205 KB silahkan klik tombol OK. Untuk selanjutnya silahkan simpan tersebut dengan klik pada tab menu File > Save As.



Silahkan simpan file tersebut, dan silahkan cek Ukuran Filenya sudah kecil.

Klik kanan pada file yang sudah di komprees tadi, lalu pilih Properties dan lihatlah ukuran file nya sudah berubah dari MB ke KB.




Alhamdulillah scan dokumen serta merubah ukuran file telah berhasil kita lakukan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan membantu rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Related Posts To 2 Alternatif Mudah Scan Dokumen ke Dalam Format JPEG/JPG/PDF


2 Alternatif Mudah Scan Dokumen ke Dalam Format JPEG/JPG/PDF Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts