Solusi Gagal Login di Manajemen PAUD



Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD dan terkhusus para rekan Operator Sekolah. Beberapa hari belakangan ini, dibeberapa Forum Dapodik PAUD khususnya, admin selalu menemukan keluhan atau permasalahan yang sedang dihadapi oleh para operator sekolah. Adapun permasalahannya adalah Tidak Bisa Login di Manajemen PAUD , padahal username dan password yang di inputkan sudah sesuai dengan username dan password di Dapodik PAUD Offline.






Seperti yang telah dikeluhkan oleh seorang Operator Sekolah mengatakan "Kenapa saya tidak bisa login di manajemen paud sudah berulang kali saya inputkan username dan password tapi tetap login gagal". 


Sebelum kita membahas permasalahan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui Apa sih fungsi atau kegunaan dari Website Manajemen PAUD? Barangkali, pertanyaan ini pernah juga rekan sekalian rasakan. 

Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas atau sering disebut dengan Manajemen PAUD adalah sebuah situs web yang telah dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat untuk :

- Memeriksa hasil sinkronisasi Dapodik PAUD dan DIKMAS
- Merubah metode sinkronisasi Dapodik PAUD dan DIKMAS
Seperti yang telah kita ketahui untuk Dapodik PAUD Semester Genap 2018/2019 ini kita telah diberikan kemudahan untuk memilih atau menggunakan Dapodik PAUD baik secara online maupun offline kapanpun, dengan ketentuan apabila ingin memiliki akses untuk setiap dapo online atau offline kita harus merubah metode sinkronisasinya terlebih dahulu.
-  Mengetahui Kode Registrasi Dapodik PAUD
Kode Registrasi Dapodik PAUD adalah Kode yang telah diberikan untuk setiap satuan pendidikan sebanyak 36 Karakter yang dapat digunakan untuk melakukan Registrasi Dapodik PAUD Offline ataupun untuk melakukan Registrasi Pengguna Baru. 
-  Mengganti Nama Operator Dapodik PAUD atau Nama Pengguna atau Reset Pengguna
Operator di suatu jenjang pendidikan khususnya Jenjang Pendidikan PAUD, bisa saja dalam beberap tahun berubah/ganti. Oleh karena itu, bagi Operator Baru tentu saja ingin merubah namanya untuk menjadi Operator di Aplikasi Dapodik.  Bagaimana cara merubah atau mengganti nama operator sekolah di dapodik, silahkan baca informasi berikut ini.

Itulah beberapa fungsi yang sering kita gunakan di Manajemen PAUD. 

Setelah kita mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan di Manajemen PAUD dan seberapa pentingnya kita harus selalu akses halaman Manajemen PAUD. Selanjutnya, kita masuk ke topik pembahasan kali ini yaitu :

Solusi Gagal Login di Manajemen PAUD 

Pada saat melakukan login di Manajemen PAUD dengan mengetikkan username dan password yang sama dengan username dan password di dapodik paud offline. Alhasil muncul pemberitahuan Login Gagal; Mohon periksa kembali username dan password yang digunakan di Manajemen PAUD,


Gambar. Gaga login di Manajemen PAUD
Gambar. Gaga login di Manajemen PAUD

sedangkan di Dapodik PAUD Offline berhasil login. Jangan panik rekan sekalian, silahkan simak solusi berikut ini semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mengalami permasalahan seperti ini. 
Gambar. Halaman Login di Dapodik PAUD Offline v.3.4.0
Gambar. Halaman Login di Dapodik PAUD Offline v.3.4.0

Gambar. Login Berhasil di Dapodik PAUD Offline
Gambar. Login Berhasil di Dapodik PAUD Offline

Pastinya, setelah kita berhasil melakukan sinkronisasi Dapodik PAUD Offline ingin melakukan cek hasil sinkron, dan salah satu cara cek hasil sinkron tersebut melalui Halaman Manajemen PAUD-DIKMAS. 
sedangkan di Dapodik PAUD Offline berhasil login. Jangan panik rekan sekalian, silahkan simak solusi berikut ini semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mengalami permasalahan seperti ini.
Gambar. Sikronisasi Dapodik PAUD Offline Berhasil 100%

 Namun, mengalami kendala Login selalu gagal di Manajemen PAUD. 

Sebelum kita masuk ke tahapan bagaimana caranya agar login berhasil di Manajemen PAUD, padahal username dan password yang dimasukka sudah sama dengan login di dapodik paud dan sebelumnya rekan sekalian bisa akses. Tiba-tiba sekarang tidak bisa akses, ini disebabkan karena rekan sekalian salah memilih "Satuan Unit yang akan digunakan untuk Login". 

Untuk kasus kali ini, karena kita sebagai operator sekolah Login yang harus dipilih adalah Satuan Pendidikan bukan Unit / Satuan Kerja.



Setelah ditelusuri ternyata penyebab sebagian rekan operator sekolah tidak bisa login di Manajemen PAUD-DIKMAS, dikarenakan salah memilih Login bisa jadi karna tergesa-gesa jadi salah pilih login dan pada saat mengisi login jadi gagal login terus. 

Jadi harus diingat untuk Login di Manajemen PAUD gunakan Login Satuan Pendidikan. In sya Allah jika kita sudah memilih satuan pendidikan dan inputkan username dan password sudah benar maka login pasti akan berhasil. Selamat mencoba. 



Namun, lain halnya sudah memilih satuan pendidikan dan diyakini login sudah benar tapi tetap Gagal Login di Manajemen PAUD, jangan khawatir rekan sekalian karena kita bisa melakukan beberapa tahapan seperti berikut ini.

Baiklah, langsung saja kita masuk ke tahapan-tahapan yang dapat dilakukan agar kembali bisa mengakses Manajemen PAUD-DIKMAS. 

1. Silahkan klik Icon File Explorer atau tekan tombol Windows + E di keyboard secara bersamaan. 

Gambar. Icon File Explorer
Gambar. Icon File Explorer
2. Masuk di halaman File Explorer, silahkan klik pada Data atau Local Disk "C" > Program Files


- Klik pada folder Dapopaud
- Klik folder dataweb
- Klik folder app
- Klik pada folder Log
- Pilihkan file "runtime". Untuk membuka file ini silahkan menggunakan aplikasi Notepad, Wordpad, Notepad++ atau editor text lainnya. 
- Berikut ini adalah file runtime yang telah dibuka dengan aplikasi Notepad dalam hal ini Notepad++.
- Selanjutnya, kita masuk ke tahap pencarian Username, Password dan Kode Registrasi Dapodik PAUD. 

Silahkan tekan CTRL+F di Keyboard secara bersamaan. 
Apabila telah muncul kotak seperti ini, silahkan ketikkan User pada kolom pencarian. 

Hasilnya seperti ini. Inilah Username, Password dan Kode Registrasi yang bisa kita gunakan untuk Login di Manajemen PAUD maupun di Dapodik PAUD Offline/Online.


Kemudian, silahkan copy dan paste kan username di kotak Username di Manajemen PAUD begitu juga dengan Password. Selamat mencoba dan selamatberhasil. Harus diingat, pastikan Aplikasi Dapodik PAUD Offline sudah terinstal di PC rekan ya, baru kita bisa cek username, password dann kode registrasi. 

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 





Related Posts To Solusi Gagal Login di Manajemen PAUD


Solusi Gagal Login di Manajemen PAUD Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts