Contoh Format Nota Dinas


Salam semangat buat rekan semuanya. Postingan kali ini admin ingin membagikan informasi tentang Contoh Format Nota Dinas.  Sesuai dengan permintaan dari beberapa rekan kita yang telah mengutarakan pertanyaanya di kolom komentar postingan admin. Sebelumnya admin mohon maaf atas keterlambatan respon. Oleh karena itu, admin mencoba lewat postingan ini untuk menjawab pertanyaan rekan semuanya.
Sebelum kita masuk ke topik pembahasan yaitu Contoh Format Nota Dinas, alangkah baiknya kita mengetahui Apa itu Nota Dinas? Karena admin yakin, sebagian dari kita termasuk admin masih kurang paham dengan apa itu Nota Dinas. Semoga lewat postingan ini dapat menambah wawasan rekan sekalian mengenai Nota Dinas. 

Pengertian Nota Dinas 
Nota Dinas adalah naskah dinas di lingkungan unit kerja yang dibuat oleh pejabat yang berwenang untuk pelaksanaan tugas, fungsi serta tanggung jawab jabatan kedinasan yang ditujukan kepada pejabat lain di lingkup internal unit organisasi yang bersangkutan guna menyampaikan permintaan, pernyataan, pemberitahuan, ataupun penyampaian pendapat kepada pejabat lain.

Setelah kita mengetahui sedikit banyaknya tentang pengertian nota dinas, selanjutnya kita juga harus mengetahui Apa tujuan dari Nota Dinas.  

Tujuan Nota Dinas 

Nota dinas bertujuan sebagai komunikasi dari bawahan kepada atasan atau antar pejabat yang setingkat atau dari atasan kepada bawahan. 

Susunan Nota Dinas 

Nota Dinas terdiri dari:

1. Kepala Nota Dinas  

Bagian kepala nota dinas terdiri dari:

- Kepala Nota Dinas yang berisi logo nama instansi, alamat instansi atau satuan organisasi yang ditulis secara sistematis;
- Garis pemisah horizontal atas dengan panjang sama dengan lebar ruang penulisan Nota Dinas dengan ukuran tebal 1 1/2 pt;
- Tulisan nota dinas dicantumkan di bawah nama instansi, ditulis dengan huruf kapital secara sistematis;
- Singkatan Yth ditulis diikuti dengan tanda baca titik dua (:);
- Kata Dari diikuti tanda baca titik dua (:) ditulis dibawah singkatan Yth dengan huruf awal kapital;
- Kata Nomor diikuti tanda baca titik dua (:) dengan huruf awal kapital;
- Kata Tanggal diikuti tanda baca titik dua (:) dengan huruf awal kapital;
- Kata Lampiran ditulis dibawah kata Tanggal diikuti tanda baca titik dua (:), apabila tidak ada lampiran tidak perlu dicantumkan tulisan Lampiran;
- Kata Perihal diikuti tanda baca titik dua (:), dengan mencantumkan masalah pokok nota dinas yang ditulis sesingkat mungkin, diawali huruf kapital pada setiap kata dan tidak diakhiri tanda titik. 
- Garis pemisah horizontal bawah dengan panjang sama dengan lebar ruang penulisan nota dinas dengan ukuran tebal 3/4 pt. 

2. Batang Tubuh Nota Dinas 

Bagian tubuh nota dinas terdiri dari :

- Alinea Pembuka ;
- Alinea Isi ;
- Alinea Penutup  

3. Kaki Nota Dinas 

Bagian kaki nota dinas terdiri dari :

- Nama jabatan penandatangan nota dinas tidak perlu dicantumkan apabila nama jabatan penandatangan sama dengan nama pengirim. Namun, apabila menggunakan untuk beliau (u.b), nama jabatan penandatanganan perlu dicantumkan dan ditulis dengan huruf awal kapital sera diakhiri dengan tanda baca koma ;

-  Tanda tangan pejabat ;

- Nama lengkap penandatanganan sruat, ditulis dengan huruf awal kapital, tanpa diberi tanda baca apa pun, dan dibawhnya di tulis NIP tanda baca titik ;

- Serta kata Tembusa yang ditulis lengkap di margin kiri bawah diikuti tanda baca titik dua (:) dan tidak diberi garis bawah. Frase kepada Yth, atau disampaikan kepada Yth. tidak perlu dicantumkan, dan tidak perlu di tambahkan pula kata sebagai laporan, arsip atau istilah sejenisnya. 

Dan tidak kalah pentingnya untuk diketahui yaitu:

- Nota Dinas tidak perlu dibubuhi cap dinass ;

- Tembusan nota dinas berlaku di lingkungan intern instansi ;

- Penomoran nota dinas di lingkungan dengan mencantumkan nomor nota dinas, kode unit organisasi, dan tahun. 


Setelah kita mengetahui seperti apa susunan dari Nota Dinas, Berikut ini admin bagikan  Contoh Format Nota Dinas sesuai dengan Susunan Nota Dinas yang telah admin jabarkan diatas. 

Contoh Format Nota Dinas


Berikut ini Contoh Format Nota Dinas Dalam Bentuk Permintaan dalam hal ini permintaan penandatanganan piagam ucapan terimakasih. 
Silahkan Download File DISINI






 Berikut ini Contoh Format Nota Dinas Dalam Bentuk Permintaan dalam hal ini permintaan penandatanganan surat perintah tugas. 

Silahkan download File DISINI.



Sumber : Dinas Perhubungan Kab. Kampar (Contoh Nota Dinas) dan soraastral.wordpress.com (Nota Dinas)
Baca Juga : 
Contoh Format Undangan FGD Terbaru 2019
Contoh Susunan Acara FGD Forum LLAJ 
 
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga pertanyaan rekan sekalian sudah terbantu kami jawab. Semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.



Related Posts To Contoh Format Nota Dinas


Contoh Format Nota Dinas Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts