Cara Mudah Ganti Username dan Password Dapodik PAUD Offline dan Online


Salam semangat buat seluruh rekan Operator Sekolah. Pada postingan kali ini, admin ingin membagikan informasi untuk menjawab pertanyaan dari rekan-rekan Operator Sekolah yag telah disampaikan lewat beberapa Forum Dapodik ataupun Komenter di postingan blog admin. 
Adapun bunyi pertanyaan dari rekan Operator Sekolah yaitu "Apakah Username dan Password Dapodik PAUD Bisa Diganti?"

Sebelum admin menjawab bisa atau tidaknya, barangkali pertanyaan ini muncul dikarenakan :
1. Rekan Operator Sekolah susah untuk mengingat Username dan Password yang telah ada ;
2. Bisa juga dikarenakan di sekolah tersebut terdapat Operator Sekolah baru dan oleh Operator yang lama lupa mengasih username dan password dikarenakan username dan pass yang lama sudah tidak diketahui. hal seperti ini sering admin temui dari jawaban para rekan operator baru ;
3. Atau bisa juga karena di sekolah tersebut ada Operator Sekolah Baru, otomatis Operator tersebut harus Registrasi Operator Sekolah dan Operator Baru ingin menyamakan Username dan Pass Dapodik dengan Akun untuk VervalPD, VervalSP dan VervalPTK nantinya. 

Baca Disini : Buat Operator Sekolah Baru ataupun Lama dan belum melakukan Registrasi Operator Sekolah di Website SDM DATA Kemdikbud, silahkan lakukan Registrasi. Berikut ini Panduan Lengkap Registrasi Operator Sekolah di Website SDM Data Kemdikbud.

Dari beberapa kemungkinan diatas, itu lah yang menyebabkan kenapa Operator Sekolah ingin melakukan Pergantian Username dan Password Dapodik PAUD. Oleh karena itu, berikut ini Panduan Cara Ganti Username dan Password Dapodik PAUD Baik Online Maupun Offline.


1. Pastikan Aplikasi Dapodik PAUD sudah terinstall untuk Dapodik PAUD Offline di PC rekan masing-masing. 


2. Buat rekan sekalian yang menggunakan Dapodik PAUD Online, bagaimana cara pengisiannya, silahkan cek berikut ini. 
Sedangkan, untuk pengisian Dapodik PAUD Offline Semester Genap 2018/2019, silahkan cek berikut ini.  


3. Setelah Registrasi ataupun Pengisian Dapodik PAUD baik Offline maupun Online dilakukan,  dan sudah sinkron barulah rekan sekalian bisa melakukan Ganti Username dan Password Dapodik PAUD, kenapa demikian ? Karena, terkhusus untuk Dapodik PAUD Offline untuk melakukan Ganti Username dan Password rekan sekalian kembali akan melakukan Registrasi Dapodik setelah melakukan ganti user dan pass di Manajemen PAUD. 


4. Sekarang kita masuk ke pembahasan Bagaimana Cara Ganti Username dan Password Dapodik?

- Silahkan akses halaman Manajemen PAUD, berikut ini link aksesnya:

Silahkan lakukan login, setelah berhasil login maka kita akan masuk di halaman Dashboard Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas, seperti gambar berikut ini. 

Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Silang di samping Operator > lalu pilih Reset / Hapus Pengguna

Gambar. Halaman Dashboard Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas

Barangkali, menjadi pertanyaan bagi rekan sekalian. Saya tidak ingin melakukan Reset atau Hapus Pengguna tapi mau ganti username dan password. 
Jadi, untuk melakukan pergantian username dan password sama halnya seperti kita melakukan Reset Pengguna Dapodik PAUD. 
- Kemudian, masuk di halaman Reset Pengguna seperti gambar dibawah ini, silahkan klik pada tombol Hapus.

Gambar. Halaman Reset Pengguna Dapodik PAUD dan DIKMAS

- Selanjutnya, dialihkan ke halaman Manajemen Pengguna. Silahkan isikan Pengguna Dapodik PAUD.

Gambar. Halaman Manajemen Pengguna
Silahkan isikan data Pengguna Dapdik PAUD, dan disinilah proses kita melakukan Pergantian Username (email) dan Password Dapodik PAUD. Silahkan ganti username dan pass pada kolom Email untuk username dan Password untuk Password
Jika sudah silahkan klik pada tombol Reset

- Pengguna Sukses Dibuat, artinya pergantian username dan password telah berhasil dilakukan. Untuk selanjutnya silahkan klik tombol Login seperti gambar dibawah ini.

Gambar. Pengguna Sukses Dibuat Silahkan klik pada tombol Login
- Dialihkan ke halaman Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas, silahkan isikan Login untuk Username (email) dan Password sesuai dengan data yang telah di daftarkan tadi.



- Proses pergantian username dan password telah berhasil, dibuktikan kita telah berhasil masuk kembali di halaman Manajemen PAUD setelah login yang diisikan sesuai dengan data pada saat didaftarkan tadi.


- Selanjutnya, untuk membuktikan apakah username dan password yang diganti tadi telah berhasil atau belum, Silahkan coba cek lewat Dapodik PAUD Online. Berikut ini link aksesnya: https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/

Silahkan isikan Username (email) dan Password sesuai dengan email dan password pada saat registrasi pengguna baru tadi. Kemudian klik tombol Login


- Agar rekan sekalian tidak susah-susah lagi untuk mengingat dan mengetik login Dapodik PAUD, silahkan klik pada tombol Save apabila muncul Notif  seperti yang telah dilingkar pada gambar dibawah ini.


- Akhirnya, Ganti Username dan Password telah berhasil dibuktikan kita telah bisa masuk dihalaman Dashboard Dapodik PAUD Online.


- Selanjutnya, bagaimana dengan Login di Dapodik PAUD Offline admin?

Jangan khawatir rekan sekalian, admin akan tuntaskan panduannya he..he... semoga bermanfaat. 

Untuk Login di Dapodik PAUD Offline berbeda dengan Dapodik Online tadi, kalau untuk Dapodik PAUD Online kita bisa langsung masukkan Username (email) dan Password pada kolom Login. Sedangkan , untuk Dapodik PAUD Offline kita harus melakukan Registrasi Dapodik Kembali, tapi jangan khawatir dengan hilang atau tidaknya data. In sya Allah, data yang telah di input di Dapodik PAUD Offline tidak akan hilang karena kita sudah sinkronkan sebelumnya, kecuali kalau data tersebut belum sinkron. 

Berikut ini Proses Login Pergantian Username dan Password di Dapodik PAUD Offline:

- Silahkan masuk di halaman Login Aplikasi Dapodik PAUD v. 3.4.0. Kemudian Klik tombol Registrasi. 
Barangkali, muncul pertanyaan bagi rekan sekalian "Memangnya, kalau kita langsung inputkan Username dan Password baru tidak bisa?"

Jawabannya, tidak bisa. Apabila kita telah melakukan pergantian baik username, password atau Nama Pengguna Operator Dapodik kita harus kembali melakukan Registrasi. 

- Masuk di halamn Registrasi Dapodik, silahkan isikan Usernaem (email) = email pada saat pendaftaran pengguna baru tadi, begitu juga dengan password. Untuk kode registrasi, seperti biasa silahkan copy dari halaman Manajemen Dapodik PAUD. 

Jika sudah silahkan klik tombol Simpan. 


Silahkan tunggu proses registrasi sampai selesai 100%



- Jika sudah, kita akan dialihkan ke halaman login Dapodik PAUD, silahkan isikan Username dan Password baru lalu klik Masuk.

- Akhirnya, kita juga bisa akses Dapodik PAUD Offline. Artinya kita telah sukses melakukan Ganti Username dan Password Dapodik PAUD.


Baca Disini : Solusi Gagal Login di Manajemen PAUD

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 



Related Posts To Cara Mudah Ganti Username dan Password Dapodik PAUD Offline dan Online


Cara Mudah Ganti Username dan Password Dapodik PAUD Offline dan Online Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts