Cara Mencari dan Mengisi Titik Koordinat Sekolah di Dapodik PAUD-DIKMAS


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Semoga seluruh Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di sekolah rekan-rekan telah selesai dan berhasil sinkron. Bagi yang ingin cek hasil sinkronisasi dapodik paud dapat dilakukan sebagai berikut:

Bagi rekan yang telah melakukan Pengisian Dapodik PAUD, ada satu data yang tak kalah penting nya tidak bole kita abaikan dan juga harus kita isi yaitu Pengisian Titik Koordinat Sekolah (Lintang dan Bujur).


Bagi rekan sekalian yang menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD silahkan cek pada Lembaga > Lintang dan Bujur apabila belum diisi atau di update silahkan lakukan pengisian titik koordinat sekolah
 
Cara Mencari dan Mengisi Titik Koordinat Sekolah di Dapodik PAUD-DIKMAS

Barangkali menjadi pertanyaan bagi rekan sekalian, Haruskah kita mengisi Koordinat Sekolah karena di Dapodik sebelumnya kami tidak ada mengisi Titik Koordinat Sekolah. 

Pertanyaan ini juga pernah admin ajukan kepada para master dapodik, setelah admin coba analisa jawaban dan solusi dari rekan master dapodik mengenai harus atau tidaknya kita mengisi titik koordinat sekolah akhirnya admin memutuskan untuk admin mengisi Titik Koordinat Sekolah. Kenapa demikian? Karena tujuan pengisian titik koordinat di didapodik adalah untuk kelengkapan data siswa dan pemetaan lokasi tempat tinggal siswa. Dimana pemetaan ini bertujuan atau berkaitan dengan sistem zonasi yang digunakan dalam aturan PPDB. 
Baca Disini : 10 Poin Penting yang Harus Diketahui dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 


Oleh karena itu, admin sarankan kepada rekan sekalian bagi yang belum mengisi Titik Koordinat Sekolah di Dapodik PAUD dan Dikmas, silahkan isikan Titik Koordinat Sekolahnya. 

Berikut ini Cara Mencari Titik Koordinat Sekolah untuk Diiisi Pada Aplikasi Dapodik PAUD :

1. Silahkan akses Google Maps. Berikut ini link aksesnya:

2. Masuk di halaman Google Maps, silahkan isikan Alamat Sekolah rekan pada pencarian seperti berikut ini. 
Disini admin ingin mencari sekolah TK ABA Balai Jeing, karena sekolah tersebut bertempat di Desa Balai Jering pada pencarian admin mengisi alamat desa dari sekolah tersebut. Jika sudah silahkan klik Enter di Keyboard. 

Setelah itu, silahkan klik pada Icon Satelit seperti gambar dibawah ini. 


 3. Maka, kita akan masuk di halaman Satelit wilayah yang telah diinputkan. Silahkan cari posisi sekolah rekan sekalian. Apabila sudah ditemukan, maka akan muncul pemberitahuan tentang Alamat sekolah serta Lintang dan Bujur. Seperti gambar dibawah ini.



 4. Silahkan klik pada Lintang dan Bujur yang muncul, maka kita akan masuk di Peta Sekolah kita seperti gambar dibawah ini. Untuk melihat posisi jelas sekolah, silahkan di Zoom In (Perbesar). Nilai seperti di pencarian berikut inilah yang akan kita inputkan di Dapodik PAUD.


Silahkan copy kan data Lintang dan Bujur yang sudah kita dapatkan. Untuk selanjutnya, di pastekan pada Lintang dan Bujur di Dapodik PAUD. 

Cara Mengisi Titik Koordinat yang telah Didapatkan Melalui Google Maps di Dapodik PAUD 

Silahkan masuk di Aplikasi Dapodik PAUD, dalam hal ini admin mencontohkan Dapodik PAUD. 
Selanjutnya, pilih menu Lembaga > Scrool pada bagian Identitas Lembaga, kemudian cek pada bagian Lintang dan Bujur. 

Selanjutnya, pastekan nilai berikut ini: 0.375746 (Lintang), 101.091474 (bujur) (ini adalah nilai lintang dan bujur sekolah kami).


 
Jika sudah jangan lupa untuk di Simpan

Selanjutnya, silahkan Sinkronisasi Kembali aplikasi Dapodik PAUD. 



Setelah kita mengisi Lintang dan Bujur di Dapodik PAUD, selanjutnya kita mengisi data Lintang dan Bujur di Vervalsp (Verval Satuan Pendidikan). 


Cara Mengisi Lintang dan Bujur Sekolah di vervalsp 

1. Silahkan akses halaman vervasp. Berikut ini link aksesnya :



2. Masuk di halaman VervalSP, silahkan klik pada tombol Login pada pojok kanan atas.



 3. Silahkan isikan login vervalsp. Untuk login vervalsp,vervalpd dan vervalptk adalah Username dan Password yang telah didaftarkan / Registrasi Operator Sekolah di SDM Data Kemdikbud. Bagi yang belum melakukan registrasi, silahkan cek berikut ini. 

 
4. Masuk di halaman vervalsp, silahkan klik pada tombol Menu.

Pada tombol menu silahkan klik Spasial. Disinilah kita akan mengisi Lintan dan Bujur sekolah.

 
Silahkan copykan nilai Lintang dan Bujur pada kolom Lintang dan Bujur seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol Simpan. 

Mohon maaf disini google maps nya tidak bisa dijalankan, oleh karenanya peta sekolah admin tidak bisa terlihat hasilnya. 
 

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan sekalian. Salam semangat dan salam satu data. 

 


Related Posts To Cara Mencari dan Mengisi Titik Koordinat Sekolah di Dapodik PAUD-DIKMAS


Cara Mencari dan Mengisi Titik Koordinat Sekolah di Dapodik PAUD-DIKMAS Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts