Solusi Lupa Login Akun SIMPKB


Salam semangat buat Guru-guru dan Tenaga Kependidikan. Pernah atau sedang mengalami pada saat mau login di SIMPKB (Sistem Inoformasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) muncul "userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai"?

Solusi Lupa Login Akun SIMPKB
userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai di SIMPKB

Permasalahan ini sedang admin alami, hari ini admin ingin melakukan cek Validasi Info GTK salah seorang guru di sekolah admin. Namun, pada saat login (username dan password) muncul pemberitahuan userId dan password yang anda masukkan tidak sesuai. 

Admin mencoba berulang kali login, namun hasilnya tetap sama tidak bisa login. Awalnya bingung apa yang harus dilakukan, tapi alhamdulilah setelah admin oprek tombol atau fasilitas yang telah disediakan di SIMPKB hasilnya akhirnya admin bisa juga melakukan login di SIMPKB. 

Gambar. Berhasil Login Masuk di Halaman Utama SIMPKB


Baiklah, bagi rekan sekalian yang membutuhkan informasi atau solusi bagaimana cara agar bisa login di SIMPKB, berikut ini admin bagikan solusinya. 

1. Silahkan akses halaman SIMPKB, link akses sebagai berikut:




Selanjutnya, silahkan isikan username dan password.



 2. Pada saat login, muncul notif userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai seperti berikut ini.




Untuk mengetahui kesalahan pada saat login, apakah username yang tidak tepat atau password, silahkan ikuti langkah berikut ini. 

Silahkan klik Lupa Password yang terdapat di halaman Login SIMPKB. 

Masuk di halaman Lupa Kata Sandi. 

Silahkan isikan username pada saat login serta captcha yang muncul. Kemudian klik Submit


Berikut ini admin telah mengisi Email dan Captcha

Kemudian muncul hasil seperti gambar dibawah ini, disini kita bisa melihat ternyata yang membuat kita tidak bisa login itu adalah "Email yang diinputkan salah". 


Terus, bagaimana solusinya admin...Kami sudah melakukan login berulang kali, tapi tetap gagal login SIMPKB. 

Jangan khawatir rekan semuanya. Harus kita ketahui,

Email login yang digunakan pada saat login di SIMPKB adalah No. Peserta UKG guru masing-masing, yang ditambahkan dengan akhiran @guruku.id
Contohnya: 

No. UKG = 201502796604
Jadi Email untuk login di SIMPKB = 201502796604@guruku.id


Gini, admin kami sudah gak bisa akses SIMPKB terus No. UKG juga tidak tahu, bagaimana caranya kami untuk menentukan No. UKG tersebut?

Baca Disini : Cara Mencari No. Peserta UKG Guru

Di halaman Login SIMPKB, silahkan klik pada Registrasi Akun

 Masuk di halaman Registrasi Akun, silahkan klik Cari No. UKG>>


Masuk di halaman Pencarian Data GTK,  Silahkan isikan:
- Nama GTK
- Provinsi
- Kabupaten

Jika sudah, silahkan klik Cari GTK.

 Hasilnya seperti berikut ini.

Jika sudah menemukan No. UKG guru, silahkan copy No. Peserta UKG dan pastekan di Email Login SIMPKB dan tambahkan akhirnya ........@guruku.id (Titik adalah No. Peserta UKG).




 Alhamdulilla akhirnya admin kembali bisa login di akun SIMPKB, sehingga dapat kembali melakukan cek salah satunya Validasi INFO GTK.



Seperti yang telah admin jelaskan diatas apabila kesalahan Loginnya karena Email salah silahkan ikuti langkah diatas, terus bagaimana kalau kesalahan loginnya di Password? 


Setelah berhasil akses halaman tersebut, silahkan isikan Email dan Captcha, kemudian klik tombol Kirim.


Tampil Informasi : Hubungi Admin Guru Pembelajar di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admdin P4TK atau Ketua MGM/KKG/GUGUS TK di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta Reset Password. 

Jadi dapat disimpulkan untuk melakukan Reset Password tidak dapat dilakukan oleh Guru sendiri ataupun Operator Sekolah, tapi harus melalui Admin Dinas atau P4TK, Ketua MGMP/KKG/Gugus TK. 

 Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga dapat memberikan solusi buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 



Related Posts To Solusi Lupa Login Akun SIMPKB


Solusi Lupa Login Akun SIMPKB Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts