Solusi Jumlah GTK di Vervalptk Tidak Sama dengan Dapodik Online/Offline


Salam semangat buat bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Postingan kali ini admin ingin menjawab pertanyaan dari beberapa rekan Operator Sekolah maupun guru sekalian dimana pertanyaan sebagai berikut.
Pertanyaan: Kenapa data Guru A tidak muncul di vervalptk? padahal di dapodik paud baik offline maupun online data guru tersebut ada. Atau bunyi pertanyaan lainnya, data GTK ada di Menu GTK dan ada juga di Data GTK Lama, bagaimana solusinya?
Baca Juga : Kabar Gembira!  Status Valid Guru Baru di Vervalptk Langsung Calon Penerima NUPTK


Solusi Jumlah GTK di Vervalptk Tidak Sama dengan Dapodik Online/Offline

 Barangkali rekan sekalian pernah menemukan atau sedang mengalami permasalahan seperti diatas. Selain itu, ditambah lagi pada saat ingin cetak kartu NUPTK nama salah satu guru tidak bisa dilakukan Cetak Kartu NUPTK padahal guru tersebut sudah memiliki NUPTK dan data nya tidak termasuk di Data GTK. 


Permasalahan tersebut juga pernah admin alami, namun alhamdulilah sekarang permasalahan tersebut sudah teratasi setelah menunggu beberapa hari dalam perbaikan datanya. Oleh karena itu, disini admin ingin memberikan solusi semoga dapat membantu rekan-rekan semuanya. 

1. Silahkan akses halaman vervalptk. Link akses sebagai berikut ini:

Pada saat masuk di halaman Data GTK / Beranda Vervalptk admin menemukan cuman ada 2 data GTK yang seharusnya 3 GTK.


 Awalnya, admin juga bingung kenapa bisa seperti ini. Admin mencoba cek di Data GTK Lama ternyata nama satu guru tersebut berada di GTK lama, seperti gambar dibawah ini.


Padahal waktu itu admin ingin mencetak Kartu NUPTK, karena Data GTK berada di Data GTK Lama akhirnya admin tidak bisa mencetak NUPTK tersebut,  karena alhamdulillah setelah sekitaran 1 tahun melakukan pengajuan NUPTK, akhirnya pada awal tahun 2019 NUPTK guru tersebut akhirnya terbit. 


 Solusinya, admin mencoba menghubungi operator dinas secara langsung namun jawabannya itu dikarenakan guru tersebut guru lama kata operator tersebut, namun dari jawaban tersebut admin belum puas, akhirnya admin mencoba berbagai cara tapi bukan berarti admin mengatakan jawabannya salah ya,,, jawaban tersebut ada benarnya juga. Karena guru tersebut adalah Guru lama di sekolah itu. Ini karena admin masih belum puas admin mencoba cara lainnya, akhirnya admin menemukan jawabannya, untuk jawabannya sebagai berikut. 

2. Jawabannya berada di Poin ke-2 Menu baru (Data Lama) yang belum update Dapodik 2019.


Kalau dikatakan belum update Dapodik 2019, dapodik sudah sinkron hingga akhir Januari 2019 menggunakan Dapodik PAUD Online 2019.


 Namun, masih belum ada perubahan. Akhirnya, admin mencoba menunggu hingga dirilis Dapodik PAUD Offline Semester Genap 2018/2019. Alhamdulillah sekitaran tanggal 06 Februari 2019, Dapodik PAUD Offline semester genap 2018/2019 v.3.4.0 rilis

 Dan dari sinilah mulai terjawab bagaimana agar GTK tersebut masuk di Data GTK. 

Berdasarkan pengalaman dari admin, data yang sudah di sinkronkan di Dapodik PAUD Online 2019 kemudian digunakan dapodik PAUD Offline 2019 masih terdapat beberapa data yang invalid maupun warning. Dari sinilah admin mulai menyimpulkan ternyata data GTK tersebut belum masuk di Data GTK dikarenakan status induk guru bukan Sekolah Induk. Dan solusinya silahkan rubah status Induk guru tersebut menjadi Sekolah Induk (Iya). 

Untuk merubah status induk tidak bisa dilakukan oleh Operator Sekolah, tetapi silahkan hubungi operator dinas setempat untuk melakukan perubahan tersebut. 

Akhirnya, setelah data Dapodik PAUD Offline v.3.4.0 Semester Genap 2018/2019 sinkron, hasil dari data GTK yang awalnya di Data GTK Lama sekarang sudah masuk di Data GTK, seperti gambar dibawah ini:


Setelah data guru tersebut berhasil masuk di Data GTK... akhirnya sudah bisa dilakukan cetak kartu NUPTK. Silahkan pilih menu NUPTK > Cetak Kartu NUPTK > Lihat Kartu. 



Hasilnya seperti gambar dibawah ini.


 Baca Disini : Cara Upload Foto di Kartu NUPTK melalui Vervalptk
Akhirnya, jumlah GTK di vervalptk sama dengan jumlah GTK / PTK di Dapodik PAUD Online dan Offline 2019. 

Semoga bisa membantu rekan semuanya dalam menjawab pertanyaan diatas, salam semangat dan salam satu data. Silahkan berikan saran rekan sekalian, demi kemajuan kita bersama.  


 


Related Posts To Solusi Jumlah GTK di Vervalptk Tidak Sama dengan Dapodik Online/Offline


Solusi Jumlah GTK di Vervalptk Tidak Sama dengan Dapodik Online/Offline Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts