Penting! Dapodik PAUD Online Sudah Sinkron, Pastikan Dapodik Offline Juga Sudah Sinkron 100%


Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah.Seperti yang telah kita ketahui pada tanggal 07 Januari 2019, Pengerjaan Dapodik PAUD-DIKMAS sudah bisa dilakukan melalui Dapodik PAUD-DIKMAS Online 2019.



Dan admin pun yakin sebagian dari bunda-bunda PAUD ataupun rekan Operator Sekolah sudah berhasil sinkronkan Dapodik PAUD sekolah masing-masing secara online. 

Namun, tidak semua Operator Sekolah memilih pengisian dapodik semester genap 2018/2019 secara online, ada juga yang lebih memilih menunggu Dapodik PAUD Semester Genap 2019 rilis. Alhasil, per tanggal 06 Februari 2019 Dapodik PAUD Offline Semester Genap 2018/2019 v.3.4.0 telah rilis. 

Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira buat seluruh Operator Dapodik PAUD khususnya, karena sudah bisa memulai pengisian dapodik paud semester genap 2019 secara offline. 

Sebelum melakukan pengisian daopdik paud semester genap 2019, rekan operator sekolah harus melakukan Download Aplikasi Dapodik paud v.3.4.0, kemudian uninstall aplikasi dapodik semester ganjil 2018/2019, install aplikasi dapodik paud v.3.4.0 serta melakukan registrasi dapodik paud offline v.3.4.0 semester genap 2018/2019. 

Setelah tahapan diatas dikerjakan, tahap selanjutnya yaitu  Pengisian Dapodik PAUD Offline v.3.4.0 Semester Genap 2018/2019.


Sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini yaitu Dapodik Online Sudah Sinkron, Pastikan Dapodik Offline juga Sudah Sinkron 100%.

Barangkali menjadi pertanyaan juga dari rekan semuanya mengenai judul postingan kali ini, ya memang menjadi pertanyaan, kenapa demikian?

Karena, hari ini admin sedang melakukan Pengisian Dapodik Paud untuk versi offline 3.4.0. Kasus kali ini, untuk sekolah TK ini sudah melakukan Pengisian Dapodik PAUD secara Online dan pastinya sudah sinkron. Namun, admin juga ingin dapodik sekolah tersebut masuk di versi offline. Alhasil, setelah berhasil Registrasi, admin memeriksa validasi dapodik sekolah tersebut hasilnya masih terdapat beberapa data yang invalid, padahal di Dapodik PAUD Online sudah tidak ada data invalid yang ada cuman satu data warning. 

Jadi dapat disimpulkan, Dapodik PAUD Online yang sudah sinkron belum tentu berhasil sinkron di Dapodik PAUD Offline v.3.4.0. Solusinya, silahkan rekan OPS untuk registrasi Dapodik PAUD Offline v.3.4.0 juga untuk memastika apakah Dapodik sudah berhasil sinkron atau belum. 

Oleh karena itu, disini admin akan memberikan panduan untuk melakukan Registrsi, Validasi serta sinkronisasi Dapodik PAUD Online ke Dapodik PAUD OFFLINE v.3.4.0. Silahkan simak informasi berikut ini sampai tuntas. 

1. Pastikan aplikasi dapopaud v.3.40 sudah terinstall dikomputer atau laptop rekan semuanya. Jika sudah silahkan klik dapodik paud tersebut, kemudian di halaman Login silahkan pilih Registrasi. 

Masuk di halaman Registrasi, silahkan isikan: Username, password dan kode registrasi. 
Silahkan gunakan username dan passoword sesuai dengan username dan password di semsester ganjil 2018/2019, apabila tidak dilakukan reset pengguna dapodik paud

Untuk mendapatkan kode registrasi silahkan akses halaman Manajemen PAUD. 
Jika data di halaman Registrasi sudah diisi, silahkan klik tombol Simpan. 

 

Apabila ditemukan pada saat proses registrasi " Sedang memproses... Mengirimkan data registrasi gagal (Maaf anda belum melakukan pemilihan metode pengisian dapodik di manajemen). Ini dikarenakan kita belum merubah metode sinkronisasinya, silahkan rubah metode sinkronisasi caranya sebagai berikut.

2. Silahkan akses halaman Manajemen PAUD, berikut ini linknya:

Masuk di halaman Manajemen, silahkan klik pada Login > Satuan Pendidikan.


 Silahkan isikan Login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas.



Apabila berhasil login, maka akan masuk ke halaman utama Manajemen PAUD sekolah masing-masing, disini kita bisa lihat data sudah sinkron. 
Namun, kita kali ini akan merubah metode sinkronnya, silahkan klik pada tombol Dapodik:Online


Masuk dihalaman Ubah Metode Sinkronisasi, silahkan rubah Dapodik Online ke Dapodik OFF/Sinc Online. 



Jika sudah dirubah, silahkan klik Simpan. 


 Disini kita bisa lihat Dapodik sudah Offline/Sync Online. 



3. Selanjutnya, silahkan akses kembali halaman Registrasi Dapodik tadi jangan lupa di Refresh dulu ya, jika sduah silahkan isikan Username, password dan kode registrasi. Kemudian klik Simpan. 

Alhamdulillah, dapodik offline sudah berhasil di registrasi. Kemudian akan diahlihkan langsung ke halaman Login, silahkan lakukan Login.


4. Masuk di halaman Utama Dapodik PAUD Offline v.3.4.0, silahkan cek langsung pada tombol Validasi. Di dapodik sekolah yang admin kelola, ditemukan masih terdapat beberapa data yang masih invalid sedangkan di Dapodik Online sudah tidak ada lagi data Invalid.



Kemudian, silahkan rekan sekalian perbaiki data-data yang masih invalid khususnya. 

Contohnya: disini data yang masih invalid adalah data Riwayat Pendidikan Formal guru belu lengkap, silahkan lengkapi. 


5. Tak kalah penting yang juga harus di perhatikan adalah Rombel. 

Silahkan cek kembali Rombel di Dapodik PAUD Offline, kemudian cek apda Anggota Rombel. 
Di dapodik sekolah admin ditemukan data Status Pendaftaran ada yang Naik Kelas dan ada Siswa Baru. 
Seharusnya, bagi peserta didik semester ganjil lanjutan semester ke semester genap untuk status pendaftaran. Sedangkan, siswa baru adalah peserta didik yan baru masuk di semester genap. 


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, admin mencoba melakukan Lanjutan Semester pada tab action menu. Alhasil, seperti berikut ini. 



 Error, seperti gambar dibawah ini. 


Solusinya, silahkan lakukan Keluarkan Rombel di Anggota Pembelajaran seperti berikut ini. 

Silahkan klik pada setiap nama peserta didik kemudian klik Keluarkan dari Rombel, jika berhasil maka nama PD akan pindah di kolom sebelah kanan seperti berikut ini. 

 Hasil dari Keluarkan PD dar Rombel seperti berikut ini. 

 Selanjutnya, silahkan klik pada nama PD tersebut dan Rubahlah status Pendaftaran Lanjutan Semester dan tariklah data PD ke kolom sebelah kiri seperti gambar dibawah ini. Sedangkan untuk Siswa Baru pendaftaran pilih Siswa Baru. 


 Hasilnya, seperti berikut ini. 


Setelah semuanya selesai, silahkan cek kembali Validasi apabila sudah tidak ada lagi data Invalid silakukan lakukan Sinkronisasi. 

Alhamdulillah, dapodik online berhasil di rubah ke dapodik offline. 


Untuk cek hasil sinkronisasi silahkan baca disini:

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 



Related Posts To Penting! Dapodik PAUD Online Sudah Sinkron, Pastikan Dapodik Offline Juga Sudah Sinkron 100%


Penting! Dapodik PAUD Online Sudah Sinkron, Pastikan Dapodik Offline Juga Sudah Sinkron 100% Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts