Penting! Silahkan Cek Validasi Data di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019


Salam semangat buat Guru serta rekan-rekan Operator Sekolah. Pada postingan kali ini admin akan membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan oleh rekan Operator Sekolah di kolom komentar postingan blog ataupun di forum operator dapodik. 
Pertanyaannya adalah "Di halaman Validasi Data terdapat beberapa notif tanda seru dan tanda silang seperti gambar dibawah ini, Bagaimana solusinya... Silahkan simak informasi berikut ini sampai tuntas. 

Baca Disini : Cara Pengisian Dapodik PAUD Online Semester Genap 2018/2019

Penting! Silahkan Cek Validasi Data di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019

Berikut ini beberapa notif yang tampil di halaman Validasi Data:
- Luas tanah milik / bukan milik Wajib diisi salah satu atau keduanya;
- Data rinci periodik sekolah untuk periode ini belum diisi;
- Data rinci sanitasi untuk periode ini belum diisi;
- Data periodik PD a/n ...... masih kosong. 

Itulah beberapa notif yang muncul di halaman Validasi Data, terus bagaimana solusinya agar notif tersebut tidak muncul di halaman Validasi Data?

Barangkali menjadi pertanyaan juga bagi rekan Operator Sekolah, "Haruskah memperbaiki data-data yang ada di halaman Validasi Data?" Toh, setelah update data PD, PTK dan Rombel kemudian check di Manajemen PAUD alhasil data sudah sinkron. 

Harus kita ketahui, seperti hal nya di Manajemen Dapodik PAUD Offline untuk melakukan Sinkronisasi Data kita harus melakukan Verifikasi Terlebih dahulu, setelah itu melakukan Validasi Data di halaman validasi data ini kita akan melihat data-data yang belum lengkap, dan seperti itu lah halaman Validasi Data di Dapodik PAUD Online. Apabila di Validasi Data masih terdapat data-data yang masih harus diperbaiki atau data bertanda silang maka kita bleum bisa melakukan sinkronisasi begitu juga untuk Dapodik PAUD Online. Meskipun kita sudah bisa melihat di Manajemen PAUD data PTK dan PD sudah sinkro, karena itu salah satu kelebihan dari Dapodik PAUD Online dibandikan Offline, meskipun data di kolom Validasi belum selesai, tapi di Manajemen PAUD data PTK dan PD sudah berhasil sinkron. 

Baiklah dengan tidak memanjangkan kata-kata muqoddimah... langsung saja kita masuk ke pembahasan kita kali ini yaitu "Cek Validasi Data di Dapodik PAUD Online".

 1. Luas tanah milik / bukan milik wajib diisi salah satu atau keduanya. 

Untuk melakukan edit data di Luas Tanah milik / bukan milik di Dapodik PAUD Online tidak tersedia fasilitas untuk update data tersebut. Jadi bagaimana solusinya, coba nanti kita check di Dapodik PAUD Offline, semoga di Dapodik PAUD Offline disediakan fasilitas untuk update Luas tanah milik / bukan milik. 

2. Data Rinci Periodik Sekolah untuk Periode Ini Belum Diisi

Contohnya, seperti yang admin lingkar pada gambar dibawah ini. 


 Bagaimana solusinya?

1). Silahkan klik pada menu Lembaga > Data Periodik . Kemudian klik pada tombol Salin Data Periodik. 


Masuk di halaman Salin Periodik, silahkan klik pada tombol Ya.


Data periodik di semester ganjil 2018/2019 telah berhasil di salin untuk semester genap 2018/2019. Apabila ingin melakukan edit data, silahkan klik pada tombol Edit. 


 
3.  Data Rinci Sanitasi untuk Periode ini Belum Diisi. 

Berikut ini solusi dari rinci sanitasi untuk periode ini belum diisi. 



 1). Silahkan klik pada menu Lembaga > Sanitasi, selanjutnya klik pada tombol Salin Data Sanitasi.


 Masuk di halaman Salin Sanitasi, silahkan klik tombol Ya.



Data sanitasi di semester ganjil 2018/2019 telah berhasil di salin di semester genap 2018/2019.  Apabila rekan sekalian ingin edit data, silahkan klik pada tombol Edit.




4. Data Periodik PD a/n .... Masih Kosong

Disini data periodik PD a/n Muhammad Arfan masih kosong, berikut ini solusinya. 
Baca Juga : Video Tutorial Cek Valid atau Tidaknya Data Peserta Didik di vervalpd

1). Silahkan klik pada nama peserta didik tersebut, maka akan masuk di halaman data peserta didik tersebut seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya, masuk di halaman Data Pribadi Peserta Didik silahkan pilih Data Periodik.


Masuk di halaman Data Periodik Peserta Didik, silahkan klik pada tombol Salin Data Periodik PD.


Masuk seperti halaman dibawah ini, silahkan klik OK.


Apabila rekan operator ingin melakukan edit data periodik peserta didik, silahkan klik pada tombol Edit pada Data Periodik. 
Apabila muncul halaman Error seperti dibawah ini pada saat memilih tombol Edit Periodik Peserta didik, silahkan di Refresh terlebih dahulu. 


Masuk di halaman Edit Data Periodik Peserta Didik, silahkan isikan semua kolom tersebut kenapa demikian? kita bisa lihat disitu sudah jelas tulisan berwarna merah (tanda bintang) artinya kita wajib mengisi data tersebut. Jika sudah silahkan klik tombol Simpan.



Apabila muncul halaman seperti dibawah ini, silahkan klik OK. 


5. Silahkan check kembali pada Validasi Data.


Pemberitahuan, sekolah bestatus swasta dan tidak bersedia menerima BOP Pastikan data tersebut benar. 
Apabila muncul pemberitahuan seperti diatas, silahkan segera perbaiki data tersebut sayangkan kalau sekolah kita tidak bersedia menerima BOP. Caranya bagaimana, silahkan simak lagi informasi berikut ini. 


Silahkan klik pada Lembaga > Data Periodik. Maka kita akan menukan seperti pemberitahuan diatas, silahkan klik pada tombol Edit.


Masuk di halaman Edit Data Periodik, silahkan rubah pada kolom Menerima BOP. Kemudian Simpan.


Itulah cara untuk memperbaiki Validasi Data yang masih harus diperbaiki. Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, salam semangat dan salam satu data. 





Related Posts To Penting! Silahkan Cek Validasi Data di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019


Penting! Silahkan Cek Validasi Data di Dapodik PAUD Online Semester Genap 2019 Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews