99+ Tips Memilih Warna Cat Dinding Interior Rumah

Seperti yang kita ketahui bahwa bagaimana cara memilih disain model rumah terbaru yang selalu kita cari untuk pembagunan rumah yang akan kita banggun dikala kita harus menyesuaikan model dengan gaya terbaru agar terlihat bagus dan nyaman di huni bersama keluarga. Rumah Minimalis memang menjadi cita-cita yang di dambakan keluarga.


Warna catdinding interior bisa memengaruhi psikologis, mood atau suasana hati, hingga kondisi kesehatan penghuni rumah.




tips-memilih-warna-cat-untuk-dinding-interior-rumah
Warna Cat Dinding Interior Rumah, foto: freshome.com &architectureimg.com



Memilih cat untuk interior rumah dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada dinding rumah, bisa membuat Anda nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga. Salah satunya ditentukan dalam pemilihan warna cat untuk kebutuhan dinding interior rumah.

Cara Memilih Warna Cat Tembok yang Pas untuk Interior Rumah




cara-memilih-warna-cat-interior-untuk-dinding-rumah
Warna Cat Tembok Interior Dinding Rumah, foto:messagenote.com

Dalam memilihwarna cat tembok untuk interior rumah, ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari kombinasi warna dasar, jenis ruangan, dan warna furnitur yang mendukung luas ruangan yang akan dipilih warna cat rumahnya. Maka dari itu, perlupertimbangan yang pas saat memilih warna cat rumah.

Pas tidaknya penggunaan warna cat rumah juga tergantung dengan selera Anda. Maka kalau Anda punya ide memilih warna cat interior rumah, jangan segan untuk menerapkannya pada rumah Anda. Namun jika Anda nggak punya ide, jangan kuatir, Rumah Interior Lampung sudah menyiapkan artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Inilah Tips Memilih Cat Interior untuk Dinding Dalam Rumah Anda




memilih-motif-warna-cat-interior-dinding-rumah
Cat Motif, salah satu pilihan Cat Interior Dinding Rumah, foto:Electrolux Indonesia (twitter)

Berikut ini kami membagikantips memilih warna cat tembok yang pas untuk interiorrumah. Kami sudah mengumpulkan 11 Tips memilih Warna Cat Tembok Interior Rumah dari berbagai sumber, tapi sebagian besar merupakan tips dariBarbara Jacobs, pemilik perusahaan desain interior di California yang bergerak di bidang desain dan pemilihan warna. Berikut ini tipsnya :

1. Pahami Pengaruh Warna Cat Rumah Terhadap Psikologi Penghuninya





pengaruh-warna-cat-rumah-pada-psikologis-penghuninta
Tabel Warna (Cat Rumah) dan Maknanya, foto:Muhammad Anas

Setiap warna memiliki makna, filosofi, dan potensinya masing-masing. Carl Jung, seorang psikolog ternama, menjadikan warna sebagai alat penting dalam psikoterapi. sebab dia meyakini bahwasetiap warna punya makna, potensi, dan kekuatan untuk memengaruhi, bahkan mampu menghasilkan efek tertentu pada produktivitas, emosi, hingga perubahan mood (suasana hati) seseorang.

Terminologi Warna

Berikut beberapa terminologi yang digunakan dalam menjelaskan sebuah warna:

  • Hue adalah sebutan untuk sebuah warna. Merah adalah hue, biru adalah hue. Nilai hue tergantung dari seberapa terang atau seberapa gelap warna tersebut

  • Saturation merujuk kepada seberapa dominan hue sebuah warna. Intensitas warna menjadi hal yang perlu diperhatikan, apa Anda menyukai kombinasi warna untuk menciptakan gradasi, atau hanya ingin menonjolkan nuansa satu warna?


2. Perhatikan Pencahayaan Rumah




warna-cat-dinding-interior-rumah-dan-pencahayaan
Pilihan Warna Cat Dinding Interior dan Pencahayaan, foto:Rumahuni.com

Perhatikan Pencahayaan Rumah dalam MemilihWarna Cat Interior Dinding Rumah. Ingin tampil aman dengan memilih warna-warna terang, atau mencoba berani dengan warna-warna kuat tak selamanya keliru. Namun untuk memainkan pilihan warna ini, Anda perlu memerhatikan pencahayaan di rumah. Jika interior rumah Anda memiliki pencahayaan yang kurang, warna-warna yang terlampau berani justru akan membuat ruangan muram dan mata menjadi lelah.
Tapi perlu pula diingat, untuk ruangan yang kurang pencahayaan, apalagi berukuran kecil, warna putih bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, di ruangan seperti ini warna putih justru akan terlihat kusam.

Sebelum membeli cat rumah, kita bisa meminta penjual cat menunjukkan light boxes untuk mengetes warna cat yang kamu pilih. Fungsinya untuk menunjukkan warna asli dari cat tersebut dalam kondisi normal. Selain itu, ada dua tips pada tata cahaya dirumahmu. Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning, sedangkan cahaya lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. Alhasil, memilih lampu yang sesuai jadi sangat penting untuk nuansa yang diberikan.


3. Pertimbangkan Perbedaan Warna Antar Ruangan




warna-cat-interior-dinding-memperhatikan-warna-ruangan-rumah
Paduan Warna Interior Ruangan dalam Rumah, foto:luxochic.com

Pertimbangkan Perbedaan Warna Antar Ruangan Dalam MemilihWarna Cat Interior Dinding Rumah. Rumah Anda tidak hanya sekedar satu ruangan saja, maka harus memilih warna cat rumah yang bagus untuk setiap ruangan. Selain bagus, tentu keserasian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap ruangan harus mempunyai komposisi yang seimbang untuk mendukung setiap ruangnya. Keserasian ini bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti karpet dan hiasan dinding, serta pencahayaan yang tepat. Memilih warna cat yang tepat bisa membuat mood kamu lebih senang lho!

4.Pertimbangkan Warna Plafon Dan Corak Lantai






corak-lantai-dan-pemilihan-warna-cat-dinding
Corak Lantai dan Pemilihan Warna Cat Dinding Interior Rumah, foto:NiagaArt Blog

Pertimbangkan Warna Plafon Dan Corak LantaiDalam MemilihWarna Cat Interior Dinding Rumah.
Acap kali warna ataupun corak lantai terabaikan saat memilih warna cat dinding. Padahal, lantai memiliki pengaruh yang kuat terhadap keindahan ruang secara keseluruhan. Jika lantai Anda berupa lantai kayu, misalnya, Anda dapat memilih warna yang sama sekali lain dari warna-warna kayu. Bisa saja kontras, namun tetap selaras. Selain lantai, warna plafon (langit-langit) juga tak jarang luput dari perhitungan. Padahal langit-langit layaknya dinding kelima bagi sebuah ruang persegi empat.

Untuk mengoptimalkan langit-langit rumah Anda, ada baiknya hindari memberikan warna putih yang seputih-putihnya. Warna-warna krem justru lebih baik agar langit-langit dapat membantu menjaga mood Anda.

5. Memanfaatkan Lingkaran Warna Untuk Mendapatkan Warna Cat Interior Rumah Yang Pas




lingkaran-warna-untuk-membantu-memilih-warna-cat-dinding-interior-rumah
Lingkaran Warna, sumber:SekolahPendidikan.Com

Anda pernah melihat lingkaran warna? Inilah yang digunakan oleh para desainer ruangan handal dalam memilih kombinasi lebih dari dua warna. Misalnya warna kontras merah dan hijau yang merupalan perpaduan gelap-terang. Dibantu oleh lingkaran warna, kedua warna tersebut mampu bersatu dan menghasilkan warna cat rumah yang bagus.

6. Mulai Dari Ruangan Kecil




cat-interior-untuk-ruangan-sempit-dalam-rumah
Ruangan Kecil,cocok untuk Ujicoba, foto:tjihome.com

MulaiDari Ruangan Kecil Untuk MencobaWarna Cat Interior Dinding Rumah. Bila kamu masih belum yakin dengan warna cat rumah yang bagus menurut pilihanmu, uji coba dulu di salah satu ruangan dengan luas tembok yang tidak terlalu luas; bisa kamar mandi, tembok lorong yang ada diantara ruangan, atau tembok yang akan ditutupi oleh wallpaper dinding. Pilih area yang mudah dilihat, sehingga kamu bisa melihat hasil secara mudah dan secepat mungkin. Cara paling mudahnya, pilih warna dasar yang senada dengan warna-warna properti dan furnitur yang ada Fungsinya, untuk meningkatkan aksen keindahan ruangan tersebut.

Jika sudah merasa pas dengan uji coba di ruangan kecil, selanjutnya bisa melakukan pengecatan di ruangan yang memiliki arealebih besar. Pertimbangkan warna-warna yang kuat, warna-warna yang tajam atau lembut, warna netral yang tidak biasa seperti cokelat atau hijau zaitun sebagai aksen utama. Memilih warna cat rumah yang bagus tidak sulit kalau kamu tahu tema yang ingin kamu pakai.

7. Padupadankan Skema Monokromatik




memadupadankan-warna-cat-dinding-interior-rumah-dengan-skema-monokromatik
Memadupadankan Warna Cat Dinding Interior dengan Skema Monokromatik, foto:granito.co.id

Memadupadankan Skema MonokromatikWarna Cat Interior Dinding Rumah. Bosan jika kamu menggunakan satu warna cat saja? Poin ini juga bisa membuat warna cat rumah yang bagus! Buatlah variasi tambahan dalam satu palet warna dengan teknik finishing menggunakan cat yang kontras. Kamu akan menghasilkan warna monokromatik yang senada.

8. Dekorasi Menarik Untuk Memberi Efek KedalamanWarna




perpaduan-dekorasi-dan-cat-interior-dinding-rumah
Perpaduan Dekorasi dan Warna Cat Interior, foto:Majalah Griya Asri

Dekorasi Menarik dapat Memberi Efek KedalamanWarna Cat Interior Dinding Rumah. Tekstur tembok dan ruangan menjadi kunci pada teknik ini. dengan efek kedalaman, ruangan akan terlihat lebih besar. Kamu bisa memilih pilihan warna-warna cerah dan corak-corak tertentu seperti warna perunggu, silver, atau emas. Padupadankan juga dekor di dalam rumah dan furniture yang pas agar menghasilkan warna cat rumah yang bagus.

9. Lakukan Mix and Match




finishing-cat-interior-dinding-rumah-dengan-warna-berbeda
Finishing Cat Interior Rumah dengan Warna Berbeda, motif Garis-garis, foto:rumah bagus minimalis

Lakukan mix and match dalam memilih warna cat tembok interior rumah, khususnya saat melakukan finishing. Penggunaan warna cat untuk finishing yang berbeda akan membawa hasil yang signifikan untuk menghasilkan warna cat rumah yang bagus. Misalkan, tembok dan garis-garis pembatasnya memiliki hue yang sama, tapi gunakan warna warna matte sebagai finishing di bagian tembok dan warna-warna satin pada bagian garis-garis pembatas.

Mix & match adalah salah satu kunci dalam menemukan warna cat rumah yang bagus, meskipun beberapa ahli cat rumah berkata lain. Banyak kombinasi yang bisa kamu lakukan untuk mewarnai rumahmu! Gunakan intuisimu dalam memilih warna yang cocok dengan kepribadianmu. Hal yang sama juga berlaku bagi dekorasi lho!

10. Pilih Cat Tembok Interior Yang Berkualitas


Memilih cat tembok berkualitas untuk interior rumah Anda sangat penting, karena Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah yang tentu menginginkan warna-warna tembok di dalam rumah seperti selalu baru, tak pudar, sehingga selalu menampilkan keindahan di mata saat dipandang. Beberapa produk cat dengan kualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan pudar. Saat disapukan ke tembok, cat juga susah melekat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya Anda harus berulang-ulang kali melakukan pengecatan. Ujung-ujungnya akan lebih banyak jumlah kaleng cat yang harus Anda habiskan. Anda pun harus lebih banyak lagi mengeluarkan uang.

Tinggi atau rendahnya kualitas suatu produk cat interior ditentukan oleh bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat tersebut. Produk cat dengan kualitas bahan resin terbaik menghasilkan daya sebar dan daya tutup bagus dan merata. Cat tembok dengan bahan resin yang baik mampu melekat dengan sempurna pada dinding sehingga bisa membuat warna selalu tampak baru, tidak mudah pudar dan mengelupas, serta tahan lama. Penggunaan bahan resin dengan kualitas terbaik juga bisa menjadikan cat sebagai pelindung terbaik untuk tembok rumah. Sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh serta mengotori dinding rumah Anda.

11. Pilih Cat TembokSehat UntukInterior Rumah


Isu utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan produk cat tembok interior adalah adanya merkuri maupun zat timbal yang terkandung dalam komponen dasar pembuat cat. World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia menyebut jika paparan merkuri pada tubuh manusia berkontribusi besar pada peningkatan penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.

Untuk menghindari hal buruk tersebut terjadi pada Anda dan keluarga, pastikan untuk menggunakan produk cat tembok yang tidak mengandung merkuri. Ingin turut menjaga kesehatan anggota keluarga dan kelestarian lingkungan? pilih cat tembok yang sudah mengantongi standar ISO 14001.

Selamat mewarnai interior rumah Anda dengan cat.

Butuh jasa Desain Interior ? : Contact Us
















Terimakasih atas kunjugan anda semoga artikel ini bisa benjadi acuan untuk membangun rumah di masadepan untuk keluarga.


Related Posts To 99+ Tips Memilih Warna Cat Dinding Interior Rumah


99+ Tips Memilih Warna Cat Dinding Interior Rumah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts