Tips Menata Taman Halaman Depan Rumah

Halaman depan rumah bisa kita ibaratkan sebagai wajah rumah kita, bagaimana anda menata taman depan rumah anda bahkan bisa menunjukkan karakter penghuninya. Taman depan rumah yang kaya aka berbagai jenis tanaman (semusim, tanaman keras, semak berbunga, dan pepohonan kaya warna) dapat menciptakan pemandangan lanskap yang subur yang menjadi lokasi sejuk dan mengundang sepanjang tahun.

desain halaman depan

Mulailah menata halaman depan rumah Anda dengan beberapa tips dan teknik sederhana ini. Anda bisa saja merombak seluruh penampakan halaman depan dalam satu waktu renovasi atau menjadikannya pekerjaan yang bekelanjutan dalam beberapa waktu. Lanskap taman yang direncanakan dengan akan menghasilkan taman lanskap yang bertahan hingga beberapa dekade.

1. Pilih tanaman dan jangan berlebihan

Menanam begitu banyak jenis tanaman di halaman depan rumah hanya akan menjadikannya tampak semak dan membutuhkan perawatan yang intensif agar ia tampat tetap menarik. Hindari hal tersebut dengan membatasi jumlah spesies yang akan anda tanam, tanaman berbunga, semak, dan pohon. Usahakan tidak lebih dari lima hingga 10 spesies tanaman keras, tiga hingga lima semak yang berbeda, dan satu atau dua jenis pohon.
Meskipun tergoda untuk membeli tanaman baru di pasaran, tahan godaan tersebut ketika anda datang ke toko tanaman untuk lanskap halaman depan. Spesies yang lebih sedikit akan menghasilkan lanskap yang menyatu dengan baik, bukannya tampak seperti beberapa taman kecil yang berbeda menghiasi halaman. Tanam seperti spesies dalam kelompok dan ulangi di seluruh kebun.
Baca juga: Memilih Tanaman Lanskap Halaman Rumah

2. Berpikir lebih besar

Buat perencaan yang memuat semua bagian taman anda, tapi tidak hanya apa yang ada di dalam, anda juga harus mempertimbangkan kondisi rumah dan lingkungan di sekitar rumah anda. Proporsi sangat penting, anda bisa menanam hamparan bunga yang menjangkau setidaknya setengah dari lebar rumah bisa menjadi sangat baik. Juga, hamparan bunga yang membentang dari rumah hingga ke trotoar atau tepi jalan bisa menjaga proporsi atau skala yang baik dengan rumah. bagian tepian hamparan bunga bisa di tanami dengan pohon dan diberikan gradasi dengan semak belukar.
Baca juga: Karakter Desain Lanskap Taman Tropis

3. Buat mengalir

Berikan pengulangan bentuk dan tekstur tanaman untuk memberikan kesatuan pada taman depan rumah anda. Arahkan pengunjung ke pintu depan dengan menanam tanaman pengarah yang sedang mekar di dekat trotoar atau jalan raya. Ulangi penanaman itu di sepanjang jalan masuk, sekitar setengah jalan antara dan rumah, dan kemudian lagi di dekat rumah.

4. Bingkai pintu

Jadikan pintu depan sebagai focal point (titik fokus) dan arahkan garis desain ke arah pintu tersebut. Jalan setapak adalah cara yang bagus untuk mengarahkan mata ke pintu depan. Buat jalan lebar (4 kaki atau lebih besar lebih baik) dan mudah diidentifikasi sebagai  pembingkai pintu depan. Jalan setapak melengkung yang menyenangkan untuk dilintasi, tetapi pastikan untuk membuat pintu memiliki kesatuan dengan jalan.

5. Pililh tanaman bunga dengan tepat

Warna-warni bunga akan menjadikan halaman rumah tampak lebih ceria dan ramah. Agar taman depan rumah anda tetap tampak semarak dan ceria sepanjang tahun, pilih tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Pohon cemara atau pinus dan semak-semak bisa digunakan untuk menambahkan bentuk dan tekstur.
Baca juga: Elemen Desain Lanskap Taman Rumah
Untuk menambah kesan alami yang menenangkan, anda bisa menanam tumbuhan yang dapat mengundang satwa liar. Yang perlu dipertimbangkan untuk hal ini adalah tanaman tersebut menghasilkan buah atau bunga yang bisa menjadi sumber pakan, atau pohon yang bisa menjadi tempat satwa liar tersebut membangun sarangnya.  Nikmati pertunjukan yang meriah saat burung-burung berduyun-duyun ke pohon-pohon kersen, salam untuk makan buah yang berwarna-warni.
Baca juga: Tips Mengundang Burung ke Halaman Rumah

Demkianlah tips tentang bagaimana menata taman depan halaman rumah anda. Semoga bisa bermanfaat dan bisa diterapkan.
Bagaiamana pendapat anda, adakah tips yang bisa dibagikan disini?


Related Posts To Tips Menata Taman Halaman Depan Rumah


Tips Menata Taman Halaman Depan Rumah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts