Pilea spp (Daun Mutiara)

Memelihara tanaman aluminium (Pilea cadierei) relatif mudah, dan tanaman ini akan menambah daya tarik ke rumah dengan daun runcing dengan corak seperti terciprat warna metalik alumunium. Oke, mari kita bahas pelajari lebih lanjut tentang merawat tanaman aluminium Pilea di dalam ruangan.


Tentang Pilea Houseplants 

Pilea spp adalah anggota dari keluarga Urticaceae dan ditemukan di daerah tropis di dunia, terutama di Asia Tenggara. Sebagian besar varietas Pilea memiliki dedaunan beraneka ragam yang mencolok dari perak yang semakin pekat pada daun hijau tua.

Tanaman ini adalah tanaman hijau, yang memiliki bunga kecil yang mungkin tidak terlalu menarik, bisa tumbuh dari 6 hingga 12 inci tingginya. Mereka memiliki habitat yang menyebar. Umumnya, tanaman Pilea ditanam di keranjang gantung; Namun, ketika tumbuh di luar ruangan, tanaman ini akan terlihat indah merambat di dinding atau sebagai penutup tanah di zona yang sesuai. Varietas tanaman Artileri Pilea (Pilea serpyllacea) adalah varietas Pilea yang populer yang ditanam sebagai tanaman rumahan.

Beberapa varietas tambahan Pilea yang berguna untuk habitat mereka yang tumbuh rendah dan dedaunan hijau yang subur adalah sebagai berikut:
P. serpyllacea
P. nummulariifolia
P. depressa

Semua varietas Pilea bersifat sensitif terhadap suhu dingin dan rentan terhadap kutu putih, tungau laba-laba, bercak daun dan busuk batang. Hal yang perlu diingat dalam merawat Pilea Aluminium zona iklim Anda saat menanam tanaman aluminium.

Perawatan Tanaman Daun Mutiara

Perawatan tanaman aluminium membutuhkan pemupukan setiap lima sampai enam minggu selama fase pertumbuhan aktif. Anda bisa menggunakan pupuk cair atau larut sesuai dengan instruksi produsen pupuknya. Berikan pupuk hanya ketika tanaman Pilea saat kondisi media tanah sedang basah, aplikasi pupuk saat tanah kering dapat merusak akar. Merawat tanaman aluminium Pilea di dalam ruangan membutuhkan tanah pot dengan drainase yang baik dan media yang dibasahi secara merata. Untuk pertumbuhan tanaman aluminium yang paling optimal, periksalah tanaman setiap hari dan air seperlunya ketika permukaan tanah tampak kering.

Berhati-hatilah untuk menghilangkan air yang berlebih dari piring dan mempertahankan jumlah eksposur cahaya yang sedang. Jika Anda ingin menjaga tanaman tetap lebat, buang tunas muda yang baru tumbuh. Dan lakukan pemangkasan jika tanaman sudah terlalu tinggi.

Perbanyakan Tanaman Daun Mutiara

Daun Mutiara atau Miniature Alumunium Plant bisa  diperbanyak dengan stek pada batang muda. Batang daun muda yang telah diambil dicelupkan dalam larutan/cairan perangsang akar selama dua sampai tiga jam. Batang tersebut kemudian di tanam dengan media pasir kasar dan kompos. Setelah ditanam, stek tersebut akan mengeluarkan akar dalam kurun waktu 3-4 minggu.

Penggunaan Tanaman Daun Mutiara

Daun Mutiara atau Miniature Alumunium Plant biasanya digunakan sebagai tanapan penutup tanah atau tanaman pembatas dalam desain lanskap. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pot gantung dan sebagai tanaman pelengkap terrarium.


Related Posts To Pilea spp (Daun Mutiara)


Pilea spp (Daun Mutiara) Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts