Jadikan Rumah Anda lebih Berwarna dengan Coleus


Bisakah saya menanam coleus di dalam ruangan? Tentu saja bisa, kenapa tidak? Meskipun coleus biasanya tumbuh di luar ruangan sebagai tanaman tahunan, daunnya yang berwarna semarak bisa menyajikan hiburan keindahan dalam ruangan jika kondisi pertumbuhannya tepat. Bahkan, tanaman coleus merespon dengan baik terhadap lingkungan dalam pot. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang menanam coleus sebagai tanaman indoor.
Baca juga: Menanam Coleus dalam Kontainer atau Pot

Cara Menumbuhkan Coleus Houseplant 

Memelihara tanaman coleus atau miana di dalam ruangan sama sekali tidak sulit tetapi memang terdapat beberapa kebutuhan dasar yang berhubungan dengan cahaya dan suhu. Coleus senang dengan cahaya terang, tetapi hati-hati terhadap sinar matahari dengan intensitas tinggi. Tempatkan tanaman ini di mana tanaman mendapat sinar matahari pagi yang cerah tetapi cahaya tidak langsung selama sore hari.
Baca juga: Pilea spp (Daun Mutiara) yang Mungil dan Anggun

Perhatikan bagian daun dengan seksama. Jika daun memudar dan kehilangan warna, tanaman mungkin mendapatkan sinar matahari terlalu banyak. Namun, jika tanaman itu loyo dan menjatuhkan daunnya, coba berikan  lebih banyak cahaya. Jika Anda ingin menikmati tanaman coleus di dalam ruangan, Anda bisa mulai dengan tanaman baru dengan stek 2 inci yang diambil dari tanaman yang sehat dan matang.

Tanam tanaman di tanah pot yang lembap, lalu jagalah agar tetap lembab dan hangat sampai tanaman baru terbentuk. Pada titik ini, lanjutkan perawatan normal.
Setelah Anda mulai menanam coleus sebagai tanaman indoor, perawatannya yang berkelanjutan sangat penting untuk menjaga tanaman tetap sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu perawatan tersebut:
  • Berikan air secara teratur untuk menjaga tanah sedikit lembab - tidak kering dan tidak terlalu basah. 
  • Berikan pupuk tanaman sekali setiap minggu menggunakan pupuk yang larut dalam air yang dilarutkan menjadi setengah kekuatan. 
  • Tempatkan pot di atas nampan dengan lapisan kerikil basah jika udara di rumah Anda kering. (Jangan biarkan bagian bawah pot berdiri langsung di air.) 
  • Jepit ujung tanaman lebih sering untuk membuatnya lebat. Jangan ragu untuk memangkas hingga sepertiga dari pertumbuhan batang jika tanaman tumbuh terlalu panjang. 
  • Buang bunga segera setelah mereka muncul, karena mereka menarik energi dari dedaunan berwarna-warni. Jika Anda membiarkan mekar terus, tanaman akan berbuah dan mati. 
  • Jika tanaman menjadi terlalu kurus, mungkin sudah waktunya untuk memulai dengan tanaman baru.


Related Posts To Jadikan Rumah Anda lebih Berwarna dengan Coleus


Jadikan Rumah Anda lebih Berwarna dengan Coleus Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts