Hydrangea spp (Hortensia) - Perbanyakan dengan Stek Batang


Selama era Victoria, hortensia dianggap mewakili superioritas atau kesombongan. Sebabnya, mungkin karena meskipun hortensia menghasilkan bunga yang spektakuler, tumbuhan ini jarang, jika pernah, menghasilkan biji. Karena tidak adanya biji, tumbuhan ini relatif sulit untuk diperbanyak dan disebarkan secara luas. Karena ini, menyebarkan hydrangea biasanya dilakukan dari stek - juga disebut sebagai "mencolok" di beberapa tempat.
Baca juga: Memelihara dan Membungakan Hortensia (Hydrangea)

Cara Menyebarkan Hydrangea dengan stek

Langkah pertama untuk cara memotong stek dari hydrangea adalah memilih batang untuk dipotong. Cara memperbanyaknya, pilih tangkai untuk perbanyakan hydrangea yang setidaknya berukuran panjang 6 inci, pilih tangkai yang tidak memiliki bunga dan merupakan pertumbuhan baru. Batang pertumbuhan baru akan menjadi hijau lebih terang daripada pertumbuhan tua.

Setelah Anda memilih batang untuk perbanyakan hydrangea, ambil gunting tajam dan potong batangnya tepat di bawah buku daun. Simpul daun adalah tempat satu set daun akan tumbuh. Pemotongan hydrangea harus setidaknya 4 inci panjang dan harus memiliki setidaknya satu set daun tambahan di atas simpul daun yang dipilih. Gunting potongan dari batangnya.

Selanjutnya, lepaskan semua daun namun sisakan bagian paling atas daun, sisakan dua daun. Potong dua daun yang tersisa menjadi setengah melintang (tidak memanjang). Jika tersedia, celupkan ujung pemotongan tangkai pada hormon perangsang akar. Hormon perangsang akar akan meningkatkan peluang keberhasilan perbanyakan hydrangea, namun hal ini bukan sebuah keharusan. Sekarang, tempelkan potongan ke dalam tanah pot yang basah.
Baca juga: Mandevilla, tanaman merambat yang rajin berbunga
Tutup wadah dengan kantong plastik, pastikan tutup tersebut tidak menyentuh daun hydrangea yang tersisa. Tempatkan pot di lokasi terlindung dari sinar matahari langsung. Periksa stek hydrangea setiap beberapa hari untuk memastikan tanahnya masih basah. Dalam waktu dua hingga empat minggu, pemotongan akan berakar dan perbanyakan hydrangea Anda akan tumbuh dengan baik. Itu semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menyebarkan hydrangea. Dengan sedikit usaha dan perhatian, Anda dapat mulai menyebarkan hydrangea untuk halaman Anda atau untuk teman dan keluarga.
Baca juga: 14 Jenis Tanaman Merambat untuk Vertical Garden


Related Posts To Hydrangea spp (Hortensia) - Perbanyakan dengan Stek Batang


Hydrangea spp (Hortensia) - Perbanyakan dengan Stek Batang Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts