Hydrangea spp (Hortensia) - Pemeliharaan dan Pembungaan


Pencinta bunga pasti sangat terkesan dengan bunga yang satu ini, Hortensia (Hydrangea). Bentuk bunga majemuk yang besar membulat sangat menarik mata. Warna bunga yang bisa berubah - berubah dari biru di tanah asam, merah jambu dengan lebih banyak kapur dan mengingatkan pada proyek kelas sains menggunakan kertas lakmus. Dan tentu saja, hydrangea putih, yang  mekar menyerupai bola salju besar bisa  membuat anak-anak takjub. Orang dewasa pun mungkin masih takjub, itulah mengapa memelihara hydrangea sangat menyenangkan. Hortensia tidak hanya mudah tumbuh tetapi juga cukup kuat dan tahan terhadap sebagian besar hama dan penyakit, membuatnya lebih mudah untuk dirawat.
Baca juga: 14 Jenis Tanaman Merambat untuk Taman Vertical Garden

Memelihara Hortensia

Meskipun ada banyak jenis hydrangea, sebagian besar bisa ditanam dengan sinar matahari penuh atau teduh parsial. Namun perlu diingat, bahwa banyak hydrangea tidak menyukai kondisi yang terlalu panas, jadi tempatkan tanaman ini di area di mana mereka dapat menikmati sedikit matahari sore.
Hortensia akan tumbuh dengan baik pada iklim pesisir, di mana angin sepoi-sepoi menghamburkan panas, dan udara lembab oleh air laut yang asin. Jika paparan sinar matahari penuh dan panas tinggi menjadi masalah, Anda dapat mencoba hydrangea peegee favorit lainnya (H. paniculata 'Grandiflora'), yang dapat bertahan terhadap kondisi tersebut.
Baca juga: 7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis
Sementara mereka dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, hydrangea biasanya lebih menyukai tanah yang kaya dan lembab yang mudah mengalir. Memperbaiki tanah dengan kompos sebelum penanaman sangat membantu. Air adalah faktor penting ketika Anda merawat hydrangea. Mereka membutuhkan penyiraman dalam setidaknya sekali seminggu, terutama dalam cuaca kering. Hydrangea juga mendapat manfaat dari sesekali meningkatkan pupuk sekali atau dua kali.

Merangsang pembungaan Hortensia

Karena bunga diproduksi pada pertumbuhan baru, Anda harus memangkas hydrangea setelah mekarnya telah berhenti. Perawatan Pemangkasan untuk Hydrangea Karena ada banyak jenis hydrangea, pemangkasan dan perawatan hydrangea mungkin sedikit berbeda dengan masing-masing. Jenis hydrangea yang paling umum adalah Mopheads dan Lacecaps (H. macrophylla). Jenis dengan varietas dengan bunga besar, bunga berbentuk bola.  The Oakleaf hydrangea (H. quercifolia) adalah varietas lain yang umum ditanam. Dengan warna yang unik dan dedaunan berbentuk daun oakleaf, varietas ini biasanya menghasilkan bunga sepanjang tahun. Jenis ini juga mentoleransi kondisi yang lebih kering.

The hydrangea vine atau climbing hydrangea (H. anomala) biasanya tidak membutuhkan pemangkasan tetapi dapat dilakukan untuk menjaga tunas baru tetap terkendali. Semak-semak yang indah ini memberi Anda setiap tahun mekar luar biasa. Umumnya terdapat dua masalah utama bagi hortensia atau hydrangea untuk berbunga, yaitu pemupukan  pemangkasan. Jika tanah atau lahan tempat anda menanam cukup subur, maka tidak perlu dilakukan pemupukan. Kelebihan pupuk akan mendorong pertumbuhan daun dan menyebabkan lebih sedikit bunga. Pupuk terbaik untuk pertumbuhan dan pembungaan hortensia adalah pupuk kompos.

Pemangkasan Hortensia

Jika hydrangea atau hortensia Anda ditanam di lokasi yang tepat, dengan ruang yang cukup untuk tumbuh, satu-satunya pemangkasan yang diperlukan adalah untuk membuang tangkai yang telah mati — pastikan untuk membuangnya hingga bagian pangkal tanaman jika seluruh cabang mati — dan telah menghabiskan bunga. Hydrangea bisa mendapat manfaat dari pemangkasan tangkai mati untuk mendorong lebih banyak mekar. Jika tidak dipangkas, hortensia akan menghasilkan bunga lebih sedikit karena zat kimia penghambat pertumbuhan yang dilepaskan oleh tunas terminal di ujung batang.

"Walaupun memangkas hortensia masih diperdebatkan, penelitian telah menunjukkan bahwa menyingkirkan bunga-bunga yang mati akan mendorong bunga mekar yang lebih banyak dan lebih besar," kata Michael Dirr horticulturalist. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ada Hortensia yang berbunga pada tangkai bunga lama, dan ada yang berbunga pada tangkai baru. Jadi ketahui jenis hortensia anda sehingga anda tidak kehilangan musim bunganya.
Baca juga: Cara memperbanyak Hortensia dengan Stek


Related Posts To Hydrangea spp (Hortensia) - Pemeliharaan dan Pembungaan


Hydrangea spp (Hortensia) - Pemeliharaan dan Pembungaan Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts