8 Pohon Peneduh dengan Bunga yang Spektakuler

Memiliki pohon dihalaman rumah bisa mendatangkan banyak manfaat untuk si empunya rumah. Tidak hanya udara yang lebih segar dan sejuk, pohon juga bisa mengundang satwa liar yang akan menambah kesan alami halaman rumah anda. Lebih jauh lagi, pohon bisa menjadi faktor yang membuat halaman rumah anda begitu semarak dan ceria dengan warna-warni bunga. Caranya? Tentu saja dengan menanam pohon berbunga pilihan. Berikut ini adalah beberapa jenis pohon yang tidak hanya bisa menjadi pohon peneduh halaman rumah anda, tetapi juga bisa menghadirkan warna-warni indah.

Jakaranda

pohon bunga peneduh

Melihat pohon jacaranda (Jacaranda mimosifolia), kita mungkin akan berpikir pohon ini seperti berasal dari negeri dongeng. Pohon yang indah ini dapat tumbuh membentang lebar di halaman depan, dengan bunga yang sangat rimbun. Bunga berwarna ungu muda biasanya mekar dengan spektakuler, penampilannya lebih dramatis dengan daun yang biasanya berkurang pada saat bunga sedang melimpah.
Baca juga: Jacaranda - Pohon Berbunga dari Negeri Dongeng

Kamboja Kuburan, Plumeria

pohon bunga peneduh

Tanaman Kamboja kuburan atau Plumeria (Plumeria sp),  juga dikenal sebagai bunga Lei dan Frangipani. Pohon berbunga yang membawa nuansa tenang bahkan sendu (mungkin karena sering ditanam di kuburan) ini sebenarnya adalah pohon kecil yang merupakan tumbuhan asli dari daerah tropis. Tanaman Kamboja memiliki beberapa variasi warna bunga, seperti putih, kuning, merah muda, dan merah. Bunga Plumeria mengeluarkan aroma yang sangat harum. Bunga-bunga ini umumnya tampil menonjol di antara dedaunan besar dan hijau.
Baca juga: Macam-macam Gaya Taman Populer

Nusa Indah

pohon bunga peneduh

Bunga nusa indah (Mussaenda sp) termasuk kedalam keluarga Rubiaceae atau kopi-kopian. Tanaman berbunga anggun ini merupakan tanaman liar yang tumbuh di semak-semak di perbukitan, dihabitat alaminya Nusa indah dapat tumbuh hingga ketinggian 30 kaki. seiring dengan perkembangan zaman tanaman yang  kini telah menjadi tanaman hias favorit. Nusa indah bisa kita temukan di piggiran jalan atau halaman rumah. Bunga berwarna merah, merah muda atau putih.
Nusa Indah berbunga sepanjang tahun terus menerus.  Setiap bunga terdiri dari corolla putih kecil krem yang bercuping 5 (0,8 inci), berbentuk corong dengan bagian tengah merah crimson, dengan satu sepal berbentuk bulat bundar berwarna merah terang berukuran 2-5 inci. Sepal merah darah yang menakjubkan inilah yang menyebabkannya biasa disebut 'Ashanti Blood' atau 'Bendera Merah Bush'.
Selain bunganya indah, tanaman ini juga memiliki khasiat dalam pengobatan herbal pada cara menaman bunga bawang putih anggur dan cara menanam bunga panca warna.
Baca juga: Karakter Desain Lanskap Taman Tropis

Flamboyan

pohon bunga peneduh

Pohon flamboyan (Delonix regia) memiliki bunga yang spektakuler di puncak ujung batangnya. Daun yang menarik, semi-gugur memamerkan bentuk yang elegan dan seperti pakis. Flamboyan Juga dikenal sebagai royal Poinciana, pohon ini adalah salah satu pohon berbunga paling berwarna di dunia. Famboyan menghasilkan sekelompok bunga mekar berwarna merah oranye yang tahan lama dengan tanda kuning, merah anggur atau putih. Setiap kali mekar, bunga yang berukuran hingga 5 inci, menampilkan lima kelopak berbentuk sendok. Pohon flamboyan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 hingga 50 kaki, dan lebar kanopi seperti payung sering lebih lebar dari ketinggian pohon. Dengan lebar kanopi yang besar tersebut, flamboyan sangat cocok digunakan sebagai pohon peneduh di halaman rumah dengan ukuran sedang hingga besar.
Baca juga: Memilih Tanaman Lanskap untuk Taman Halaman Rumah

Bugenvil

pohon bunga peneduh

Bougainvillea di kebun menawarkan dedaunan hijau sepanjang tahun dan "mekar" yang brilian di musim panas. Tanaman berbunga yang menawan ini umumnya dikelompokkan sebagai tanaman lanskap merambat. Namun sebenarnya bugenvil bisa tumbuh tegak dengan batang yang relatif besar.
Menanam bugenvil di kebun membutuhkan usaha yang serius, tetapi banyak yang berpikir bahwa tanaman merambat berkayu tropis dan subtropis ini sepadan. Bugenvil memiliki variasi warna bunga yang beraneka ragam, oranye, kuning, merah atau ungu. Bunga tersebut sebenarnya adalah daun yang dimodifikasi yang disebut bractea. Bractea mengelilingi bunga yang sebenarnya yang berukuran kecil berwarna putih.
Baca juga: 14 Jenis Tanaman Merambat untuk Taman Vertical Garden

Bungur


Tanaman Bungur memiliki nama latin Lagerstromeia speciosa Pers dan berasal dari keluarga lythraceae. Tinggi pohon bungur diangkat antara 10-30 meter; Batangnya bulat, percabangan mulai dari bagian pangkalnya, warna cokelat muda; Daun tunggal, bertangkai pendek.Bungur dapat tumbuh di pinggiran sungai hingga tanah gersang dan subur di hutan. Tanaman berbunga yang menarik ini umum digunakan sebagai tanaman pelindung tepi jalan, juga biasa digunakan sebagai tanaman hias. Jadi tidak terlalu sulit untuk menemukan tanaman di lingkungan sekitar Anda.
Baca juga: Desain Lanskap Halaman dengan Kebun Bunga

Oleander

pohon bunga peneduh

Oleander (Nerium oleander) adalah salah satu jenis tanaman semak yang paling serbaguna. Tanaman berbunga indah ini bisa mentolerir berbagai kondisi, termasuk tanah yang sulit, kadar garam yang relatif tinggi, pH tinggi, pemangkasan, memantulkan panas dari trotoar dan dinding, dan kekeringan.
Perawatan Oleander mudah sehingga tanaman ini populer digunakan sebagai tanaman hias tepi jalan, bunga oleander yang tahan lama juga menjadi nilai lebih untuk digunakan sebagai tanaman di ruang publik. Meskipun oleander toleran kekeringan, akan lebih baik jika ia disiram selama musim kering. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menyiraminya. Daun menguning menunjukkan bahwa tanaman terlalu banyak air. Penanaman tanaman ini dihalaman rumah perlu memerhatikan ruang gerak anak-anak karena tanaman berbunga ini beracun.

Pohon Hujan 

pohon bunga peneduh

Pohon tulip Afrika (Spathodea campanulata) memang merupakan spesimen yang mengesankan dengan bunga-bunga raksasa berbentuk seperti teratai, oranye kemerahan atau emas kekuningan dan daun besar yang mengkilap. Pohon hujan dapat mencapai ketinggian 80 kaki, tetapi pertumbuhan biasanya terbatas hingga 60 kaki atau kurang dengan lebar sekitar 40 kaki, dengan kanopi yang relatif rapat, pohon ini cocok digunakan sebagai pohon peneduh. Bunganya diserbuki oleh burung dan kelelawar dan bijinya tersebar oleh air dan angin.
Pohon bisa mentolerir naungan tetapi tumbuh lebih baik di bawah sinar matahari penuh. Meskipun relatif toleran kekeringan, pohon tulip Afrika lebih senang dengan kelembaban tinggi. Meskipun ia menyukai tanah yang subur, ia akan tumbuh di hampir semua tanah yang dengan drainase baik.
Baca juga: Jenis-jenis Pohon Pengundang Burung


Related Posts To 8 Pohon Peneduh dengan Bunga yang Spektakuler


8 Pohon Peneduh dengan Bunga yang Spektakuler Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts