7 Langkah Membuat Desain Lanskap untuk Pemula

Apakah anda membutuhkan suasana baru dalam hidup anda? Jika anda tidak punya waktu untuk travelling, anda mungkin bisa menciptakan suasana baru di halaman rumah anda sendiri dengan pemandangan dan berbagai macam tumbuhan baru. Jika Anda belum pernah menangani pembuatan desain lanskap sebelumnya, Anda mungkin kewalahan dengan semua keputusan yang perlu Anda buat. Namun sebenarnya terdapat prinsip yang kurang lebih sama yang bisa memandu anda dalam pengaturan ruangan dalam rumah yang bisa juga Anda gunakan dalam membuat desain diluar ruangan. Berikut adalah tujuh ide untuk desain lansekap untuk pemula.


Ide 1 Buat daftar

Buat daftar kebutuhan dan keinginan yang akan anda wujudkan dengan desain lanskap anda. Apakah anak-anak Anda membutuhkan ruang bermain? Apakah Anda ingin menanam sayuran? Akankah keluarga Anda berkumpul di teras? Lakukan beberapa sketsa kasar halaman dengan pikiran di mana Anda ingin menempatkan sesuatu; ini adalah prinsip pengorganisasian yang bagus untuk desain lansekap untuk pemula. "Ini bukan rencana utama, hanya ide," kata Marianne Lipanovich, penulis Big Book of Garden Designs (Oxmoor House, 2008). Anda dapat dengan mudah bermain-main dengan berbagai ide-ide tanpa banyak waktu dan komitmen. "

Ide 2 Pahami Karakter Lingkungan

Pelajari pola matahari, angin, ketahui sumber gangguan atau potensi dari luar yang bisa dimanfaatkan. Memahami sudut datang sinar matahari dan pola arah angin yang bertiup di sekitar lingkungan anda bisa menjadi dasar yang kuat dalam menentukan dimasa posisi yang paling baik untuk menempatkan suatu tanaman. Misalnya, jika angin bertiup dari arah barat dengan kencang, maka anda perlu menanam tanaman penghalang untuk mengurangi kecepatan angin. Jika anda menghendaki agar angin sepoi-sepoi bisa masuk ke teras rumah, maka anda bisa menggukan tanaman groundcover atau tanaman semak.

Ide 3 Feel of the Land

Feel of The Land adalah istilah yang sering digunakan oleh arsitek lanskap, intinya adalah bagaimana kita mengetahui, memahami dan merasakan karakter dari lanskap yang akan kita desain. Caranya? Anda bisa duduk-duduk di halaman rumah anda untuk beberapa waktu. Dengan memahami karakternya, anda bisa menghasilkan kesimpulan tentang halaman Anda dan dapat mengarahkan  pada pilihan pilihan-pilihan yang mungkin anda kembangkan. "Di halaman rumah kami, ada tempat-tempat tertentu di mana Anda ingin pergi dan duduk yang tidak akan saya pikirkan ketika kami pertama kali membelinya," kata Lipanovich.

Ide 4 Mulai dari yang kecil 

Bagian dari menciptakan lanskap adalah secara perlahan mengembangkan rencana dan menikmati prosesnya. Dari rencana awal Anda, mulailah dengan petak kecil. Bekerjalah dengannya selama satu atau dua jam ketika Anda punya waktu, dan jangan terburu-buru untuk menyelesaikan semuanya secepat mungkin. Beri diri Anda waktu untuk melihat bagaimana hal-hal akan berkembang. Tanaman tumbuh dan akan mengisi yang kurang, dan orang-orang akan melupakan itu. Intinya adalah untuk mengambil waktu dan melakukannya dengan membaginya dalam kelompok-kelompok tugas sehingga Anda senang dengan hasil akhir," kata Lipanovich. "Jika kamu masuk ke dalam hal ini dan ingin menyelesaikannya, Anda akan mengambil jalan pintas dan menjadi terlalu ceroboh dan lelah untuk melakukannya dengan baik."

Idea 5 Bekerja di sekitar titik fokus

Setiap desain taman yang baik memiliki titik fokus atau serangkaian titik fokus, dan ini merupakan prinsip yang mudah untuk diterapkan dalam desain lansekap untuk pemula. Anda bisa menggunakan artwork seperti pahatan batu, atau tanaman unik dan lains sebagainya. "Intinya adalah untuk menarik mata Anda dan menggerakkannya melintasi lanskap," kata Lipanovich. Titik fokus akan menjadi hal pertama yang dilihat orang-orang dalam taman yang anda desain, dari focal point tersebut mata akan menjelajah ke sekeliling taman. Focal point juga dapat menjadi identitas, menjadi apa yang orang ingat saat berpikir tentang rumah anda.

Ide 6 Fokus pada skala dan tempo. 

Ini adalah prinsip tersulit dalam desain lansekap untuk pemula, tetapi skala dan tempo memberi halaman Anda tampilan yang menarik pada saat yang sama. Akan ada variasi dalam ukuran, bentuk, dan warna, dengan tanaman tinggi terhadap bangunan atau di belakang petak bunga, dan jalur yang menuntun orang-orang melalui ruang. "Anda akan ingin mengulangi beberapa elemen, apakah itu tanaman tertentu, warna umum, atau bahkan bentuk, sehingga ada kesatuan," kata Lipanovich. "Tetapi Anda juga tidak ingin monoton, jadi cobalah sesekali menambahkan elemen yang berbeda dari lanskap dan akan menonjol."

Ide 7 Siap dengan perubahan

Kecuali Anda sangat setia pada sesuatu, jujurlah tentang apa yang Anda sukai - dan apa yang mungkin tidak disukai. "Saya menemukan diri saya selama bertahun-tahun telah menyukai sesuai, kemudian saya menemukan bahwa hal tersebut sekarang tidak lagi mencerminkan saya, jadi saya keluarkan," kata Lipanovich.

Ingat: Kesabaran adalah kunci untuk desain lansekap bagi seorang pemula. Jika anda pikir terlalu banyak ruang kosong dalam halaman anda, dan anak-anak dan anjing senang bermain lumpur, anda bisa mengambil solusi sementara, yaitu dengan menanam tanaman semusim, groundcovers yang tumbuh cepat dan bisa anda biarkan untuk jangka panjang, bahkan kalau perlu anda bisa menggunakan mulsa - - untuk menutupi area tersebut saat Anda mencari tahu apa yang Anda inginkan. "Fitur lansekap besar seperti pohon bisa sulit untuk dipindahkan; semusim dapat dipindahkan dengan mudah, dan tanaman keras kecil dan semak dapat disingkirkan jika Anda menyadari mereka berada di tempat yang salah. Yang penting sementara anda belum sampai pada suatu keputusan, Anda tetap memiliki sesuatu di luar sana," kata Lipanovich.


Related Posts To 7 Langkah Membuat Desain Lanskap untuk Pemula


7 Langkah Membuat Desain Lanskap untuk Pemula Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts