Kenapa Kersen (Muntingia calabura) Perlu Anda Tanam di Halaman Rumah

Morfologi Tumbuhan Kersen (Muntingia calabura)

Pohon Kersen adalah jenis pohon rendah dengan kanopi yang berbentuk menyebar atau berbentuk payung, tingginya dapat mencapai 12 meter, namun lebih sering ditemui memiliki tinggi 3-6 meter. Daunnya hijau dengan panjang sekitar 4 cm dan lebar 2 cm, berbentuk ovate-lanceolate, berambut di sisi atas, basis blade asimetri  daun, dan margin daun bergerigi.
Baca juga: Memilih Pohon yang Tepat untuk Taman Halaman Rumah
Bunga memiliki kelopak putih dan memiliki lebar 1,25-2cm dengan 5 sepal hijau, 5 kelopak bunga putih dan banyak benang sari kuning terkemuka. Buahnya berdiameter 1-1.25cm, dengan kulit halus berwarna merah atau kadang-kadang orangey-kuning. Beberapa ribu biji mungil ditemukan di buah yang , tapi terlalu halus dan tidak terlalu terasa saat dimakan. Tanaman ini dapat berkembang baik dalam kondisi asam dan basa, dan tahan kekeringan tapi tidak tahan garam.


Etnobotani

Kayu berwarna kekuningan, kompak, berbutir halus, dan mudah digunakan untuk pertukangan kayu. Kersen juga merupakan sumber potensial untuk bahan bakar karena menyala dengan cepat saat dibakar, dengan panas yang baik dan mengeluarkan asap sedikit. Buahnya disukai oleh anak-anak. Rasanya manis dan mirip dengan  permen kapas. Kelelawar juga tertarik pada buahnya. Bunga memiliki kandungan antispasmodik dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit kepala atau gejala pertama pilek.
Baca juga: 6 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis

Kenapa Kersen sangat cocok untuk halaman rumah anda?

  1. Cepat tumbuh, Pohon Kersen yang berasal dari Amerika Latin ini termasuk pohon yang sangat cepat tumbuh, jika anda baru membangun rumah atau baru menata taman rumah anda, anda bisa cepat mendapatkan bentuk taman yang anda inginkan dengan pohon ini.
  2. Tahan banting, Pohon Kersen adalah pohon yang tahan banting, kecuali anda menanamnya di dekat pantai karena ia tidak tahan garam. Pohon ini tidak membutuhkan perawatan intensif, sehingga dapat menghemat waktu dan uang anda. Kersen sangat cocok untuk taman dengan gaya minimalis yang biasanya di aplikasikan untuk rumah di kawasan perkotaan.
    Baca juga: Membuat Tamah Hujan (Rain Garden)
  3. Tumbuhan kosmopolit, Kersen bisa tumbuh di area dengan tanah yang rendah kandungan nutrisinya dimana pohon lain tidak dapat tumbuh. Kersen juga tahan kekeringan sehingga anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkannya di musim kering.
  4. Tajuk menarik, Pohon Kersen memiliki kanopi yang rindang (rapat) sehingga dapat memberikan keteduhan untuk taman rumah anda. Kanopi kersen juga memiliki bentuk yang menarik.
  5. Ramah satwa liar, Buah kersen disenangi banyak jenis burung, karena itu dengan menanam kersen akan banyak burung yang singgah di halaman atau atau taman rumah anda. Menjadikan taman rumah anda lebih ceria dengan kicauan burung-burung liar.
    Baca juga:
    Jenis-jenis pohon pengundang burung
    Tips Membangun Taman Rumah Ramah Lingkungan
  6. Buahnya bisa dikonsumsi, Tidak hanya burung, buah kersen juga bisa dimakan manusia. Umumnya anak-anak menyukai buah kersen, mereka akan senang sekali jika anda memberikan beberapa buah ini untuk mereka makan. Sudah ada penelitian yang menyatakan bahwa buah ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk manusia.
  7. Berumur panjang, Meskipun bukan jenis pohon besar, umur pohon Kersen dapat mencapai setidaknya 40 tahun. 


Related Posts To Kenapa Kersen (Muntingia calabura) Perlu Anda Tanam di Halaman Rumah


Kenapa Kersen (Muntingia calabura) Perlu Anda Tanam di Halaman Rumah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews