Tambahkan Fitur Air, Jadikan Taman anda Alami, Segar dan Menawan

Kesan tenang dan keindahan dari air dapat menambahkan nuansa elegan saat firut air dikombinasikan dengan desain lanskap pada halaman rumah anda. Terdapat pilihan yang sangat banyak jika anda ingin mengintegrasikan fitur air ke dalam desain lanskap taman rumah anda.
Sebelum mendesain lanskap anda, sangat baik jika anda memiliki pengetahuan umum tentang berbagai bentuk fitur air yang mungkin bisa anda aplikasikan di halaman rumah anda. Sesuaikan fiturnya dengan selera anda, kemudian pilih aksesoris air yang dapat merefleksikan gaya rumah dan taman anda.
Baca juga: Membuat Taman Hujan (RainGarden)

Tipe Fitur Air

Kolam air - Tipe yang paling umum dari berbagai jenis fitur air, kolam bisa dihadirkan dalam berbagai ukuran dan bentuk. Kolam air bisa diletakkan di bagian tengah taman, bisa juga di sekitar pinggiran taman. Kolam juga bisa dihadirkan dalam gaya formal dan natural.

Fountain/ Air Mancur - Air mancur juga merupakan fitur air yang sangat populer dan dan dapat menjadikan taman anda lebih menarik dengan pemandangan yang santai dan suara air yang bergerak.
Air mancur bisa dipasang  berdiri sendiri atau menempel di dinding dan dibuat dengan berbagai gaya dan desain. Jika dipasang sebagai fitur tersendiri, air mancur dapat berfungsi sebagai focal point.

Air terjun - Air terjun dalam taman biasanya diintegrasikan dengan desain kolam natural, tapi bisa juga diintegrasikan ke dalam kolam renang. Tentunya akan membuat kolam renang tampak jauh lebih menarik.

Diatas adalah tiga fitur air yang paling umum terdapat dalam lanskap taman, masih banyak jenis fitur air lainnya yang bisa di instal ke dalam taman halaman rumah anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tempat mandi burung, fungsinya untuk mengundang burung kedalam taman rumah anda. Bisa dipasang dalam berbagai ukuran dan bentuk dengan berbagai macam material. (Baca juga: Jenis-jenis Pohon Pengundang Burung)
  • Aliran air, adalah fitur air yang sangat menarik untuk ditambahkan ke dalam halaman rumah anda. Aliran air dapat menjadi bagian dari kolam atau air terjuan atau bisa juga menjadi fitur yang berdiri sendiri.
  • Fitur lainnya, fitur air lain misalnya pot air

Material desain lanskap dengan fitur air

Material terbaik untuk desain lanskap dan fitur air akan tergantung pada gaya desain atau tema taman anda secara keseluruhan. Air mancur dan aksesoris lainnya tersedia dalam berbagai rangkaian material, termasuk misalnya stainless steel yang elegan, batuan alami, atau logam dengan gaya kontemporer. Pilihlah material yang dapat melengkapi desain taman anda sehingga, sehingga akan sesuai dengan gaya rumah anda.
Baca juga: Taman Vertical Garden, Solusi Penghijau Rumah Perkotaan
Batuan alam dan batu buatan adalah bagian dari desain lansekap paling sesuai dengan fitur air. Batu dapat digunakan untuk membuat bagian pinggiran di sekitar kolam Anda, untuk membuat sungai, atau untuk merancang air terjun.
Variasikan ukuran, bentuk, dan tekstur batuan untuk tampilan yang unik dan tenang yang mencerminkan lingkungan alami.

Tips Mengintegrasikan Fitur Air ke Desain Lansekap Anda

Fitur air adalah bagian penting dari desain lansekap alami dan dapat mencerminkan kepribadian anda ke area di luar ruangan Anda. Rencanakan fitur air Anda dengan sebaik mungkin sehingga bisa menyatu dengan keseluruhan desain Anda dan meminimalkan biaya perawatan dan pemeliharaan yang diperlukan.
Baca juga: Infrastruktur Hijau (Green Infrastructure)
Untuk hasil terbaik, fitur taman air dan fitur air harus memiliki tujuan yang ditetapkan sebagai focal point dan harus terlihat dari area tempat duduk dan hiburan utama Anda.

Menghilangkan fitur percikan fitur air Anda dapat dibuat dengan mengubah ukuran cerat air atau dengan memasukkan bubblier. Semprotan air yang terlalu kuta tidak hanya membuang air yang berharga, juga bisa mengganggu tamu.

Sebelum memasang fitur air Anda, pertimbangkan jumlah air dan bagaimana hal itu akan mengalir melalui fitur Anda. Desain lansekap dan fitur air adalah cara ideal untuk menggabungkan desain luar ruangan modern yang mencerminkan kesederhanaan alam.


Related Posts To Tambahkan Fitur Air, Jadikan Taman anda Alami, Segar dan Menawan


Tambahkan Fitur Air, Jadikan Taman anda Alami, Segar dan Menawan Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews