Menciptakan Taman Ramah Keluarga

Televisi, internet, video games dan smartphone mungkin sangat membantu manusia, tapi tentu saja ada dampak buruknya, salah satunya adalah menjadi masalah dalam perkembangan anak-anak. Dengan berbagai teknologi tersebut, semakin sulit bagi banyak orang tua untuk mengajak anaknya untuk bermain di luar ruangan. Bermain di luar ruangan sebenarnya dapat memberikan manfaat yang besar untuk perkembangan fisik dan mental anak-anak, tapi bagaimana para orang tua dapat bersaing dengan berbagai media hiburan seperti disebut diatas?


Salah satu cara yang efektif untuk merangsang anak-anak untuk bermain di luar ruangan adalah dengan membuat ruang luar rumah anda menjadi area yang mengundang dan menarik untuk mereka. Anak-anak senang sekali untuk belajar, mencari tahu dan berinteraksi, menambahkan berbagai fitur atau elemen yang dapat memfasilitasi kebutuhan anak-anak tersebut dapat mendorong anak-anak untuk keluar dan menghirup udara segar di luar ruangan.

Fitur Air

Anak-anak dan air pasti cocok, anak-anak sangat senang bermain dengan air. Apalagi kalau mereka bisa berendam atau setidaknya dapat menyentuhnya, maka taman anda akan sangat ampuh untuk menarik perhatian mereka. Jadi tambahkan air ke kebun Anda seperti air mancur, kolam santai atau kolam ikan. Air juga dapat menjadi alat yang efektif untuk mengundang satwa liar.

Burung atau Hewan lainnya

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, dan selalu tertarik dengan hal baru. Mereka dapat terpengarah atau terpesona melihat burung dan binatang lainnya sehingga menjadikan taman anda lebih menarik bagi mereka untuk mendatanginya. Pancing keingintahuan anak Anda terhadap alam dengan menanam semak dan pepohonan yang  dapat mengundang satwa liar. (baca juga:
  • Tambahkan tempat makanan burung
  • Tanam tanaman pengundang burung
  • Tanam tanaman yang dapat menarik serangga dan kupu-kupu
  • Bangun kolam untuk memelihara ikan dan menarik kodok atau makhluk amfibi lainnya.
  • Buat Tempat Perlindungan
  • Anak-anak suka tempat persembunyian dan lubang rahasia. Cobalah beberapa ide ini untuk menambahkan tempat berlindung ke kebun Anda.
  • Buat jalan tersembunyi untuk bersepeda atau berjalan
  • Beli atau buat tenda sementara untuk tempat mereka bermain
  • Tempatkan perabotan ramah keluarga di pojok yang sepi, seperti meja berukuran anak kecil dan bangku
  • Bangun benteng, rumah pohon atau rumah cubby.

Bergerak dan bermain

Anak-anak membutuhkan ruang untuk bermain, untuk itu anda dapat membuat area di mana mereka memiliki ruang untuk berlari-lari, bermain bola, naik atau menggunakan peralatan bermain. Cobalah salah satu dari ini untuk menambahkan ruang gerak dan bermain ke ruang luar Anda.
  • Anak suka bermain dengan pasir, anda dapat menambahkan kolam pasir yang tidak terlalu besar di sedikit bagian halaman anda. Atau setidakny buat kota kayu yang diperkirakan cukup anak anda bermain. Anda bisa membuat kotak pasir dari apa saja dari peti tua sampai mangkuk besar, tapi pastikan Anda menggunakan pasir yang dirancang untuk tujuan itu dan bersihkan secara teratur.
  • Tanam pohon yang tumbuh dengan cepat sehingga anak-anak Anda bisa memanjat di saat beberapa tahun mendatang.

Bantu Mereka Berimajinasi

Kebun bisa menjadi tempat magis bagi anak-anak jadi cobalah menambahkan unsur fantasi untuk Anda.
  • Tanam tanaman bunga matahari dari biji. Bunga matahari tumbuh dengan cepat dan dengan sedikit perencanaan Anda 
  • Tambahkan mosaik, sculpture dan seni ke kebun Anda. Cobalah memecah cermin tua dan tempelkan di dinding luar, itu akan menciptakan efek magis di bawah sinar matahari. Atau buat anak-anak terlibat dan biarkan mereka menciptakan kebun mural mereka sendiri.
  • Anda juga bisa membuat kebun dengan tema peri atau desa dengan menanam sebongkah batu besar atau bak penanaman besar dan menambahkan rumah mainan, mainan, dan fitur miniatur yang menyenangkan lainnya.

Buat Belajar menjadi Menyenangkan

Bermain adalah alat yang penting untuk belajar sehingga mendorong anak-anak Anda bersenang-senang saat mereka belajar akan sangat efektif untuk perkembangan belajar mereka. Anda dapat merencanakan beberapa elemen taman Anda bersama mereka.
  • Membuat taman sensory dengan banyak tanaman wangi dan taktil untuk anak-anak jelajahi.
  • Tambahkan jam matahari untuk menjadi aksen halaman Anda.
  • Mintalah anak-anak Anda membuat label atau keterangan untuk semua tanaman Anda.
  • Buatlah kebun sayur atau kebun kontainer agar anak Anda bisa mendapatkan pengalaman menanam tanaman mereka sendiri.

Buat Ruang untuk Kebersamaan

Menghabiskan waktu bersama anak-anak akan sangat efektif untuk membangun ikatan dengan mereka, dan ikatan itu merupakan bagian penting dari tugas anda sebagai orang tua, jadi pastikan kebun Anda memiliki banyak tempat di mana Anda dan anak-anak dapat berinteraksi bersama. Cobalah menambahkan meja untuk beraktifitas dan kursi dimana mereka dapat berkreasi seni dan kerajinan tangan dan tambahkan beberapa area bersantai yang nyaman dimana Anda dan anak-anak dapat berbicara dan bersantai.

Ingat, taman ramah anak tidak berarti taman jelek. Semua orang tua menginginkan tempat yang aman bagi anak-anak mereka untuk bermain tapi penting bagi Anda untuk mencintai kebun seperti halnya mereka.


Related Posts To Menciptakan Taman Ramah Keluarga


Menciptakan Taman Ramah Keluarga Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews