Lipstick Plant, Tanaman Merambat dari Hutan Hujan Tropis

Aeschynanthus radicans, Cocok untuk vertical garden

Bunga Lipstik (Aeschynanthusradicans) adalah jenis tanaman hias yang sangat menarik, yang dicirikan dengan daun tebal dan berlapis lilin, dengan bunga berwarna cerah, berbentuk seperti tabung lipstik. Tanaman ini tumbuh merambat, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias gantung atau digunakan dalam desain vertical garden.  Warna yang paling umum dari bunga Lipstik adalah merah, warna lain yang bisa ditemukan antara lain warna kuning, oranye dan koral.

tanaman vertical garden

Aeschynanthus radicansadalah jenis tanaman hias yang relatif mudah tumbuh dan dengan perawatan yang tepat Anda akan mendapatkan bunga yang terus menerus mekar bergantian. Di lingkungan alaminya, tanaman ini bersifat epifit, tumbuh menempel ke pepohonan atau tanaman lainnya. Tanaman lipstik mudah tumbuh dan membutuhkan perawatan minimal, tapi bisa menjadi rimbun.

Memotong tanaman lipstik membuat tanaman tetap sehat dan mengembalikan penampilannya yang rapi. Menambahkan tanaman berbunga ke dalam ruangan anda baik outdoor maupun indoor adalah keputusan yang sangat baik. Selain segar oleh hijaunya daun, ruangan juga lebih ceria dengan warna-warna bunga.

Vertical Garden: 14 Jenis Tanaman Merambat untuk Vertical Garden

Perawatan Bunga Lipstik

Jika Anda ingin memelihara Aeschynanthus, anda bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung menggunakan pot keranjang gantung. Anda juga bisa menumbuhkan pokok anggur pada lembaran kayu, tapi jika Anda melakukannya, pastikan agar tanaman tetap lembab.  Aeschynanthus tidak akan mekar tanpa cahaya yang cukup. Hindari menempatkan tanaman ini dalam naungan penuh atau sinar matahari penuh.
Baca juga: Gloriosa superba, Bunga Eksotis dan Menarik

Jika daunnya menjadi kuning dan mulai turun dari tanaman, mungkin dibutuhkan lebih banyak air, cahaya, atau keduanya. Jika ujung daun atau daun menjadi coklat, kemungkinan Anda meletakkan tanaman ini di tempat yang terlalu banyak sinar matahari atau terlalu sedikit air. Jika terlihat massa coklat kemerahan seperti jaring laba-laba, berikan fungisida. saran dari pusat kebun setempat tentang bagaimana cara mengobati hama tertentu.

Pemangkasan

Pangkas Aeschynantus segera setelah tanaman berhenti berbunga. Bunga umumnya mekar di ujung batang baru dan pemangkasan tanaman bunga lipstik yang terlambat akan menyebabkan tertundanya pembentukan bunga. Namun, trim yang bagus setelah berbunga menstimulasi tanaman menghasilkan lebih banyak bunga. Cara Memangkas Aeschynantus, keluarkan hingga sepertiga dari setiap jalarannya  jika tanaman terlihat panjang. Jika tanamannya terlalu rimbun, potong batang terpanjang sampai beberapa inci di atas media, tapi sisakan bagian yang lebih padat di bagian tengah tanaman. 

Tanaman Merambat: Scindapsus aureus

Gunakan pisau tajam, atau gunting tanaman untuk memotong tangkai tepat di atas daun atau buku daun - tonjolan kecil dimana daun muncul dari batang. Untuk mencegah penularan penyakit pada tanaman vertical garden ini, usapkan pisau dengan alkohol bekas atau larutan pemutih sebelum memotong. Anda bisa menggunakan stek untuk menumbuhkan tanaman baru. Tanam dua atau tiga tangkai sepanjang 4 sampai 6 inci dalam pot yang diisi dengan campuran pot ringan, lalu sirami dengan baik.

Vertical garden: Mandevilla - Tanaman Merambat yang Rajin Berbunga

Tempatkan pot ke dalam kantong plastik dan paparkan ke sinar matahari tidak langsung. Keluarkan plastik dan pindahkan tanaman ke cahaya yang lebih terang saat pertumbuhan baru muncul - biasanya dalam beberapa minggu. Pastikan tanaman menerima banyak cahaya terang, tapi lindungi dari cahaya panas dan langsung.

Tambahkan sedikit vitamin ke media tanam sebagai pupuk. Penting untuk diingat bahwa air yang terlalu banyak bisa berakibat sangat buruk untuk bunga lipstik. Anda harus menyirami tanaman secukupnya dan pastikan tidak merendam tanah atau Anda berisiko terkena akar busuk dan masalah jamur. 


Related Posts To Lipstick Plant, Tanaman Merambat dari Hutan Hujan Tropis


Lipstick Plant, Tanaman Merambat dari Hutan Hujan Tropis Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews