Desain Lanskap Halaman dengan Kebun Bunga

Desain lanskap taman bunga dapat menambahkan warna ke ruang luar rumah anda dan dapat di padukan dengan berbagai gaya taman lainnya. Kombinasu yang baik antara bunga berwarna-warni dapat menjadi aksen dan pelengkap rumah anda, dan keharuman yang alami di halaman rumah anda, bahkan dapat menarik berbagai satwa liar termasuk burung dan kupu-kupu.


Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menambahkan keindahan bunga ke dalam desain halaman rumah anda, mulai dari penanaman secara acak dengan semua jenis tanaman berbunga alami hingga desain formal dengan berbagai jenis bunga perenial yang mekar sepanjang tahun.

Jenis Kebun Bunga

Sebelum Anda memilih tanaman dengan warna terbaik untuk lansekap taman rumah Anda, Anda harus memutuskan jenis kebun bunga yang Anda sukai.  Hal ini tergantung pada ukuran area outdoor Anda dan keseluruhan gayanya, Anda dapat mengintegrasikan beberapa jenis taman bunga ke dalam desain atau taman tunggal sebagai aksen warna-warni sederhana di satu area halaman Anda.
Desain lansekap taman bunga:
  • Model flowerbeds atau hamparan adalah metode penanaman yang paling umum untuk taman bunga. Flowerbeds dapat digunakan untuk membatasi perimeter atau untuk mencerahkan pemandangan dengan garis dan kurva yang sesuai dengan tema desain keseluruhan.
  • Kebun pot, desain ini terutama digunakan untuk ruang terbuka berukuran kecil. Pot yang unik atau tempat tanaman bisa membuat tampilan yang indah di teras, balkon, atau di teras depan. Penggunaan wadah untuk tanaman juga mempermudah relokasi tanaman rapuh di dalam rumah selama cuaca buruk.
  • Tanaman penutup tanah juga bisa membuat kebun bunga yang elegan. Tanaman rendah ini tumbuh secara horisontal dan merupakan hiasan yang sempurna untuk lahan dengan kelerengan di bentang alam Anda atau berbatasan dengan jalur sirkulasi.
  • Untuk halaman rumah yang luas, anda bisa menggunakan kebun bunga dengan pohon berbunga sebagai tanaman dominan. Penggunaan pohon-pohon yang rajin berbunga akan memberikan kesan yang spektakuler untuk halaman rumah anda.

Memilih Tanaman dan Warna untuk Kebun Anda

Desain lansekap taman bunga Anda memerlukan tanaman yang tepat dengan warna yang tepat, baik tanaman dalam wadah atau dalam bentuk hamparan. Usahakan untuk menanam tanamana dengan warna bunga yang menyatu dengan desain outdoor Anda. Anda dapat memilih untuk menggunakan satu warna di dalam taman bunga, beragam warna, atau bahkan beberapa nuansa warna tunggal. Tekstur dan aroma bunga yang Anda pilih harus dapat meningkatkan keseluruhan desain juga.

Untuk menambah keragaman dan keindahan desain lansekap Anda sepanjang tahun, ciptakan taman bunga Anda dengan tanaman bunga semusim dan tahunan. Tanaman bunga semusim bisa segera berbunga tidak lama setelah ditanam. Untuk jangka panjang, tanam juga tanaman bunga tahunan yang berumur panjang. Pilih tanaman keras yang mudah berkembang di iklim Anda, beberapa jenis tanaman ini bisa anda baca di artikel 8 Jenis Pohon Peneduh dengan Bunga yang SpektakulerTaman yang bagus dengan bunga yang mekar sepanjang tahun akan membuat halaman Anda tetap hidup sepanjang tahun.
Baca juga: Tanaman Hias Aromatik untuk Taman Halaman Rumah

Merencanakan dan Membangun Taman Bunga Anda

Lokasi taman bunga Anda sama pentingnya dengan tanaman yang Anda pilih. Sebagian besar bunga memerlukan beberapa jam sinar matahari langsung setiap hari, sehingga area terbuka yang teduh sangat ideal. Ada banyak faktor lain yang akan berperan dalam menentukan lokasi terbaik.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diingat ...
  • Pilihlah area dengan drainase yang mengalir dengan baik dan perhatikan kualitas tanah di seluruh halaman Anda.
  • Air juga penting. Taman bunga Anda harus mudah diakses untuk penyiraman  atau harus ditempatkan di dekat kepala sprinkler jika Anda berencana untuk menggunakan sistem irigasi.
  • Desain lansekap taman bunga dibuat untuk menonjolkan keindahan penampakannya, karena itu pilihlah tapak yang mudah di lihat dari sudut-sudut tempat anda berada, baik di dalam rumah atau pun di luar ruangan.
Baca juga: 7 Langkah Membuat Desain Lanskap untuk Pemula

Membangun desain lansekap taman bunga Anda  menjadi sangat sederhana jika Anda merencanakan dengan baik. Flowerbeds yang ditinggikan sangat populer di taman fungsional karena menyediakan akses yang mudah dan sederhana untuk perawatan sederhana dan biasanya memiliki saluran pengairan yang baik.
Baca juga: Membuat Taman Hujan/Rain garden
Baik hamparan ataupun tanaman dalam wadah, penting untuk mempersiapkan tanah sesuai dengan bunga yang telah Anda pilih. Pupuk, bahan aditif, dan enhancer tanah akan memastikan campuran nutrisi yang tepat untuk taman yang sehat dan subur.

Banyak rencana penanaman tersedia sebagai panduan umum untuk menciptakan taman bunga. Anda dapat menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan iklim spesifik lokasi Anda. Anda juga bisa menyewa perancang lanskap untuk membuat rencana penanaman khusus yang akan memastikan desain lansekap taman bunga yang indah yang melengkapi rumah Anda dan juga selera pribadi Anda.
Baca juga:
Pentingnya Pohon dalam Lanskap
7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman atau Halaman Rumah Minimalis


Related Posts To Desain Lanskap Halaman dengan Kebun Bunga


Desain Lanskap Halaman dengan Kebun Bunga Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews