Karakter Desain Lanskap Taman Tropis


Indonesia adalah negara tropis, tentu tidak ada salahnya jika anda ingin suasana taman tropis menghiasi halaman rumah anda. Desain lanskap tropis adalah ruang outdoor yang ceria, semarak, dan subur yang relatif flexible untuk pasanggkan dengan berbagai gaya arsitektur. Taman tropis yang eksotis dapat menjadi tempat bersantai melepaskan penat rutinitas sehari-hari yang sibuk.
Baca juga: Jenis-jenis Taman Populer

Desain Lansekap Taman Tropis

Lanskap taman tropis berasosiasi dengan Iklim hangat dan lembab, hal ini sulit di terapkan di tempat yang terlalu dingin di kawasan subtropis atau tempat yang relatif panas di wilayah perkotaan, namun sulit tidak berarti tidak mungkin.
Bagaimanapun kondisi tempat tinggal anda, ada beberapa elemen umum dalam setiap desain lansekap taman tropis. Warna cerah dan intens, dipasangkan dengan kesederhanaan alami warna putih polos dan coklat alami, membuat gaya taman ini hangat dan mengundang. Warna dapat aplikasikan di di seluruh ruang terbuka Anda, digabungkan ke dalam aksesori dan perabotan dengan nuansa pulau tropis dan pada tanaman hidup yang Anda pilih.
Baca juga: Mengundang Burung ke Halaman Rumah
Nuansa taman tropis dalam desain halaman rumah Anda dapat menciptakan tempat peristirahatan yang tenang dan santai. Material alami yang digunakan untuk menciptakan jalur sempit yang melewati dedaunan tropis terpencil adalah sebuah keharusan. Taman tropis mencerminkan keindahan sejati alam bebas dengan mereplikasi lingkungan kepulauan asli. Anda dapat mempertimbangkan untuk membentuk jalur dari bahan ini untuk membantu mempertahankan kelembaban:
  • Serpihan kayu berwarna alami
  • Batu kecil atau kerikil
  • Kerikil halus
  • Jalur tanah yang sederhana juga biasa terjadi. 
  • Daya tarik alami beton sangat populer untuk desain lanskap tropis. 
  • Batu dengan berbagai ukuran dan bebatuan, 
  • balok kayu sederhana, dan 
  • bahkan batang pohon pun bisa digunakan untuk menciptakan batas yang menarik sesuai dengan desain taman secara keseluruhan. 
Sesuaikan dengan selera Anda sendiri dengan penggunaan secara unik dari bahan yang biasa, dengan fokus pada suasana hangat dan santai.

Aksesoris Khas Lanskap Taman Tropis

Warna dan nuansa santan merupakan karakteristik penting dari aksesori bergaya tropis. Pilih perabot dan dekorasi yang menyatu dengan gaya hidup santai daerah tropis. Elemen alam juga bisa digunakan untuk aksen tema tropis Anda. Pertimbangkan saran untuk aksesori luar ruangan ini:
  • Furnitur outdoor dengan nuansa alami. Bambu dan rotan merupakan bahan populer, begitu juga dengan furnitur kayu jati alami. Tambahkan bantal warna-warni agar sesuai dengan keseluruhan tema Anda.
  • Pencahayaan luar ruangan bisa membuat taman tropis Anda menarik saat matahari terbenam. Perlengkapan sederhana dan lampu teras bergaya tropis akan meningkatkan tema dan menambah fungsionalitas taman tropis Anda.
  • Pot atau tempat tanaman berwarna warni, tembikar yang menarik, dan dekorasi lainnya yang mencerminkan nuansa tropis  dapat membantu memadukan lanskap taman dengan rumah Anda.
  • Waterscapes, terutama aliran tenang dan air terjun, melengkapi suasana tropis dari desain outdoor Anda dengan suara air yang tenang. Kolam koi yang eksotis juga dapat memberikan sentuhan yang elegan.

Tanaman Tropis

Vegetasi yang rimbundan semarak merupakan bagian penting dari desain lansekap taman tropis. Pilih tanaman Anda dengan hati-hati, pilih tanaman dengan daun yang tidak beraturan dan tekstur yang menarik. Tanaman di dalam taman tropis biasanya ditanam untuk mencerminkan pertumbuhan alami, biasanya dengan tanaman hijau dan bambu yang besar ditanam di balik bunga mekar yang lebih kecil dan berwarna.
Pohon palem-paleman sering menjadi pusat gaya outdoor outdoor bergaya tropis. Tanam berbagai pohon palem dalam kelompok di sepanjang halaman. Spesies tumbuhan berukuran besar dapat digunakan untuk menjadi focal point dalam lanskap taman tropis anda.

Salah satu spesis tumbuhan khas untuk lanskap taman tropis adalah bambu. Bambu dapat tumbuh subur di hampir semua lingkungan dan merupakan spesies yang pas untuk menciptakan area yang lebih privat dan teduh dengan penanaman yang padat. Tanaman lainnya termasuk:
  • Pohon pisang tropis yang harum
  • Flax warna warni dan memanjat bugenvil
  • Rumput gajah hijau yang subur
  • Pakis lebar yang menambahkan warna hijau ke kebun Anda sepanjang tahun.
Desain lanskap tropis bernuansa santai, cantik, dan mudah perawatannya, belum lagi cara yang menarik untuk menikmati kesederhanaan alam.


Related Posts To Karakter Desain Lanskap Taman Tropis


Karakter Desain Lanskap Taman Tropis Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts