Infrastruktur "Hijau" (Green Infrastructure)

Green Roof by NNECAPA Photo Library

Paradigma bahwa alam sebagai infrastruktur bukanlah hal baru. Namun, saat ini gagasan tersebut semakin luas diterima masyarakat. Alam memberikan banyak manfaat penting bagi masyarakat, misalnya melindungi dari banjir atau panas yang berlebihan, atau membantu memperbaiki kualitas udara dan air, serta mendukung kesehatan manusia dan lingkungannya. Bila alam dimanfaatkan oleh manusia dan digunakan sebagai sistem infrastruktur maka sistem tersebut dikategorikan sebagai "infrastruktur hijau".

Infrastruktur hijau dapat ditemukan pada semua skala. Meskipun sering dikaitkan erat dengan sistem pengelolaan air permukaan “hijau”, yang cerdas dan hemat biaya, infrastruktur hijau sebenarnya lebih besar dari itu.

Infrastruktur hijau dapat menjadi pusat perencanaan regional dan metropolitan yang cerdas, memastikan masyarakat memiliki lingkungan yang layak ditinggali, dengan udara dan air bersih, untuk generasi mendatang. Infrastruktur hijau dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan satwa liar, yang semakin terancam oleh perubahan iklim, menyediakan sistem koridor atau jalur hijau untuk memungkinkan pergerakan melalui pemukiman manusia. Koridor tersebut seringkali merupakan tempat indah yang orang ingin tinggal di dekatnya juga.

Infrastruktur hijau juga merupakan sistem taman dan hutan kota. Pesannya di sini adalah bahwa pohon merupakan bagian penting dalam sistem infrastruktur hijau dan tidak boleh diabaikan sesuai dengan teknologi lainnya.

Membangun lahan basah adalah cara lain untuk memanfaatkan alam untuk mengelola air secara lokal dan menyediakan habitat bagi satwa liar.

Pada skala tapak, komunitas cerdas (smart community)menggunakan infrastruktur hijau untuk sistem transportasi (green streets), dan atap hijau (green roof), yang bisa membawa manfaat alam ke lingkungan binaan.

Periset mengumpulkan bukti bahwa praktik infrastruktur hijau lebih hemat biaya daripada model infrastruktur abu-abu yang kuno, dan juga memberi manfaat lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan. Alam bisa pasangkan kemana-mana untuk memberi banyak manfaat sekaligus.

Dengan pertumbuhan populasi global yang cepat dan kepadatan kawasan perkotaan serta pinggiran kota yang meningkat, ruang hijau terkadang dipandang sebagai kemewahan. Namun, ruang hijau berkinerja tinggi, atau infrastruktur hijau, memberikan manfaat ekonomi, ekologis, dan sosial yang nyata. Mengintegrasikan infrastruktur hijau ke lingkungan binaan seharusnya menjadi prioritas.

Infrastruktur hijau dapat dianggap sebagai kerangka konseptual untuk memahami "sifat layanan yang berharga yang menyediakan lingkungan manusia." Di tingkat regional atau nasional, jaringan sistem taman dan koridor satwa yang saling terkait dapat menjaga fungsi ekologis, mengelola air, menyediakan habitat satwa liar, dan menciptakan keseimbangan antara lingkungan yang dibangun dan alami.

Di tingkat perkotaan, kehutanan perkotaan dan sarana lainnya sangat penting untuk mengurangi biaya penggunaan energi, mengelola air hujan, dan menciptakan udara bersih dan beriklim sedang.

Jaringan transportasi bisa menjadi hijau, dengan penambahan sistem bioretention.

Terakhir, atap hijau, dinding, dan teknik lainnya di dalam atau di bangunan membawa berbagai manfaat, termasuk pengurangan konsumsi energi dan limpasan air hujan yang secara dramatis menurun. Pada semua skala, infrastruktur hijau memberikan manfaat ekologis, ekonomi, dan sosial yang nyata.

Manfaat infrastruktur hijau sangat banyak. Dari manfaat lingkungan yang paling luas hingga infrastruktur pada lokasi spesifik, infrastruktur hijau adalah alat yang efektif dan hemat biaya untuk menyerap dan menyerap karbon dioksida di atmosfer (C02); menyaring polutan udara dan air; menstabilkan tanah untuk mencegah atau mengurangi erosi; menyediakan habitat satwa liar; mengurangi panas matahari; menurunkan biaya umum infrastruktur pengelolaan stormwater dan menyediakan pengendalian banjir; dan mengurangi penggunaan energi melalui pemanasan pasif dan pendinginan.

Infrastruktur hijau sangat penting untuk memerangi perubahan iklim, menciptakan lingkungan yang sehat dan memperbaiki kualitas hidup.


Related Posts To Infrastruktur "Hijau" (Green Infrastructure)


Infrastruktur "Hijau" (Green Infrastructure) Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts