Focal Point dalam Desain Taman

Taman Garuda Kebun Raya Bogor
Focal Point dalam lansekap dapat terbentuk secara alami atau dengan sengaja ditempatkan secara strategis atau penempatan tanaman secara menarik. Focal Point dapat menjadikan disain taman yang lebih dramatis dan tampak lebih berkesan. Semua taman membutuhkan setidaknya satu titik fokus. Untuk taman kecil, mungkin hanya membutuhkan satu, sementara taman yang lebih besar mungkin memerlukan beberapa focal point.

Mata manusia memiliki hubungan yang sangat kuat dengan bentuk melingkar. Sebagian besar dari kita dapat secara visual menemukan pusat lingkaran, dan kita tentu berharap menemukan sesuatu yang menarik di sana.

Dalam desain taman, jalan melengkung dan tempat tidur dibuat dengan menggunakan lingkaran, busur, atau segmen lingkaran. Pikiran kita secara alami mengenali hal ini sebagai bagian dari lingkaran penuh apakah itu lengkap atau tidak. Jadi titik terdalam dari kurva, yang merupakan pusat sekitarnya yang relevan, adalah tempat alami untuk titik fokus.

Focal Point dalam lanskap bisa sesederhana satu tanaman atau kelompok tanaman menarik yang ditempatkan di antara desain lainnya. Sebagai contoh: Menambahkan spesimen spesimen yang lebih tinggi ke sekelompok tanaman yang lebih kecil dapat menciptakan Focal Point yang sangat alami pada hamparan bunga. Tanaman yang lebih tinggi akan menonjol dan menarik perhatian.

Menempatkan spesimen yang lebih tinggi di tengah kelompok sebenarnya lebih dramatis dan menarik daripada menempatkannya ke bagian belakang hamparan.

Juga, setiap perubahan warna dramatis pada tanaman akan menarik perhatian. Terutama tanaman putih, atau apapun yang putih dalam hal ini akan selalu menjadi perhatian karena putih adalah focal point alami. Tapi usahakan jangan terlalu banyak menggunakannya.

Salah satu cara termudah dan paling populer untuk menambahkan focal point ke kebun adalah dengan menggunakan patung dan / atau hiasan (ornamen, kolam, tempat makanan burung, dll). Beberapa pertimbangan dan pertimbangan hati-hati harus diberikan untuk menambahkan fitur ini ke kebun. Sebaiknya fitur ini adalah pusat atau bagian dari desain Anda dan jangan terlihat seolah-olah mereka baru saja dilontarkan dalam renungan. Cobalah dan jaga agar tetap sesuai dengan tema masing-masing bagian taman.

"Pemandangan yang dipinjam" adalah focal point yang tidak semua orang cukup beruntung untuk mendapatkannya. Memiliki latar belakang pegunungan yang jauh, cakrawala, sungai, padang rumput, atau bahkan pemandangan padang pasir adalah kesempatan yang sangat baik untuk menciptakan titik fokus yang luar biasa. Tidak hanya itu adalah kesempatan besar untuk menciptakan titik fokus tetapi juga untuk "memadukan" pemandangan Anda dengan lingkungan alamnya.

Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki pemandangan yang bagus, gunakan, bingkai, dan bangun lanskap Anda di sekitarnya. Perlu diingat, hindari menanam pohon atau semak dalam desain yang mungkin di masa depan akan tumbuh dan menghalangi pandangan.

Titik fokus dapat dibuat dengan menggunakan apa saja yang alami atau benda yang ditempatkan dengan baik.

Pohon besar yang masih terdapat pada tapak sebaiknya ditinggalkan dalam desain bila memungkinkan. Beberapa pohon dan semak besar hanya memerlukan sedikit pemangkasan untuk menjadikannya sebagai Focal Point dalam desain lansekap.

Menempatkan hamparan tanaman bunga di sekitar spesimen utama ini dapat meningkatkan efeknya sebagai focal point alami. Mereka tidak hanya menciptakan titik fokus yang sangat baik namun juga menciptakan ilusi bahwa taman yang anda buat adalah taman yang telah lama di desain.

Sculpture, teralis atau pergola yang tertutup bunga, atau bahkan batuan dekoratif besar juga dapat menjadi focal point yang menarik. Namun pastikan anda memikirkan dan merencanakan dengan hati-hati sehingga desain Anda akan selalu tampil dengan baik dan bukan hanya urutan pemikiran yang dipaksakan bersama.


Related Posts To Focal Point dalam Desain Taman


Focal Point dalam Desain Taman Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts