Memilih Pohon yang Tepat untuk Taman/Halaman Rumah


Pohon memiliki banyak fungsi bagi lingkungan, bagi manusia, pohon dapat berfungsi sebagai sumber oksigen, peneduh, pendingin suhu lingkungan. Menanam pohon di halaman rumah adalah sebuah keputusan yang sangat baik jika anda ingin mendapatkan manfaat dari pohon. Namun seringkali kita akan kebingungan saat akan menentukan pohon apa yang akan kita tanam di halaman rumah kita. Untuk itu, kami akan mencoba membantu anda untuk memudahkan dalam memilih pohon yang pas untuk ditanam di taman rumah anda dengan memberikan sedikit panduan.
Baca juga: Macam-macam Gaya Taman Populer
Langsung saja, berikut ini adalah beberapa point yang perlu anda perhatikan dalam memilih jenis pohon yang tepat untuk ditanam di taman rumah anda.

Kondisi lingkungan sekitar

Kondisi lingkungan sekitar sangat memengaruhi perkembangan pohon, jika kondisinya sesuai, pohon akan tumbuh dengan baik sehingga dapat memberikan manfaatnya dengan efektif dan efisien. Jika lingkungan tidak sesuai, pohon yang anda tanam mungkin akan segera mati atau sangat lambat pertumbuhannya. Terkait dengan hal ini, pertimbangkanlah untuk menanam pohon lokal daerah anda. Selain harganya yang tentu lebih murah, perawatannya akan lebih mudah. Secara tidak langsung anda juga akan membantu dalam melestarikan spesien pohon lokal di daerah anda.
Baca juga: Go Green dengan Desain Lanskap Berkelanjutan

Luas Lahan

Untuk menyimapan sesuatu yang besar kita memerlukan wadah yang besar, demikian juga dalam menanam pohon. Pohon besar sebaiknya ditanam di halaman yang besar, demikian halaman yang kecil sebaiknya ditanaman dengan pohon kecil. Selain memengaruhi nilai estetika dari segi proporsi, ukuran pohon juga mempengaruhi keamanan lingkungan rumah anda. Untuk halaman rumah yang besar, anda bisa menanam jenis pohon seperti Angsana, Tanjung, Pinus, atau tanaman buah seperti rambutan atau mangga. Untuk halaman rumah yang kecil, anda bisa menanam kersen, pinang merah, lengkeng dll.
Baca juga: 7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Kecil

Tujuan menanam Pohon

Terdapat beberapa alasan kenapa kita menanam pohon, hal ini tentu berhubungan dengan preferensi masing-masing orang. Beberapa alasan umum yang mendorong orang untuk menanam pohon misalnya: sebagai peneduh (beringin), aksen/ornamen/aristektural (bungur, bintangor, janda merana, palm botol, pinang merah), pohon produktif (mangga, durian, rambutan, lengkeng dll),
Baca juga: 8 Pohon Peneduh dengan Bunga yang Spektakuler

Kebutuhan Perawatan

Mudah untuk menanam, lain cerita dengan  merawat. Point ini juga berhubungan dengan point pertama soal kondisi lingkungan. Namun, perawatan pohon membutuhkan pembahasan yang lebih luas dan mendalam. Beberapa pohon dalam kondisi tertentu bisa menjadi masalah bagi pemiliknya. Sebagian jenis pohon membutuhkan perawatan yang intensif (perlu pemangkasan rutin, pemupukan, penyiraman), sebagian jenis lainnya dapat tumbuh dengan baik dengan perawatan minimum (misalnya pohon beringin). Tidak hanya tentang kesehatan pohon, pengaruh pohon terhadap taman, misalnya banyaknya daun dan atau buah yang berguguran).
Baca juga: Karakter Desain Lanskap Taman Tropis

Penjelasan diatas masih jauh dari kata lengkap atau sempurna, tentu masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pohon. Jika anda punya masukan, silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.


Related Posts To Memilih Pohon yang Tepat untuk Taman/Halaman Rumah


Memilih Pohon yang Tepat untuk Taman/Halaman Rumah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts