Macam-macam Gaya Taman Populer

Taman di suatu wilayah dapat menjadi ciri khas dari wilayah tersebut, hal ini dikarenakan setiap area di bumi ini memiliki ciri khas sendiri. Dengan adanya ciri khas tersebut, kita bisa mengenali beberapa jenis gaya taman yang populer di dunia laskap. Artikel ini akan membahas beberapa jenis gaya taman yang relatif sudah cukup di kenal. Langsung saja, beberapa jenis gaya taman tersebut adalah sebagai berikut:

Gaya Taman Tropis

Gambar Taman Gaya Tropis
Taman Gaya Tropis
Taman tropis adalah ruang outdoor yang ceria, teduh dan relatif flexible untuk pasangkan dengan berbagai gaya arsitektur. Taman tropis yang eksotis dapat menjadi tempat bersantai melepaskan penat rutinitas sehari-hari yang sibuk. Taman tropis mencerminkan keindahan sejati alam bebas dengan mereplikasi lingkungan kepulauan asli. Beberapa aksesori khas taman tropis misalnya furnitur dengan nuansa alami mengunakan bambu dan rotan atau kayu jati alami. Perlengkapan sederhana dan lampu teras bergaya tropis, Pot atau tempat tanaman berwarna warni, tembikar yang menarik, dan Waterscapes, terutama aliran tenang dan air terjun, melengkapi suasana tropis dari desain outdoor Anda dengan suara air yang tenang. Tanaman khas untuk taman tropis adalah pohon palem-paleman, Spesies tumbuhan berukuran besar dapat digunakan untuk menjadi focal point dalam lanskap taman tropis.
Baca juga: Karakter Desain Lanskap Taman Tropis

Gaya Taman Jepang/ Japanese Garden

Gambar Taman Jepang
Taman Gaya Jepang (pixabay.com)
Taman Jepang tidak terlalu menonjolkan banyak warna. Suasana yang tercipta cenderung natural dan simpel. Tanaman yang sering dipakai bernuansa hijau dan bertekstur halus, seperti cemara udang, ophiopogon, kucai, dan rumput jepang. Sederhana dalam warna adalah kesan utama saat anda melihat taman Gaya Taman Jepang, warna utama dalam taman ini adalah hijau. Taman ini menciptakan suasana yang alami dan sederhana dengan paduan elemen keras berupa batu-batuan dan elemen lembut berupa pohon-pohon dan air. Air merupakan elemen yang sangat memperkuat gaya taman jepang, air bisa hadir dalam bentuk sungai kecil atau kolam.
Jenis tanaman yang digunakan dalam taman jepang adalah jenis tanaman bernuansa hijau dan halus seperti rumput jepang, kucai, ophiopogon, cemara udang.
Baca juga: Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Kecil

Taman Gaya Mediterania/Mediterranean Garden

Gambar Lanskap Taman Mediteranian
Taman Gaya Mediterania (Flickr.com - Jayscratch)
Taman Mediterania menonjolkan kesan Iklim mediterania yang kering dan panas.Elemen air kurang hingga tidak sama sekali muncul, karena itu taman ini mungkin dapat dikatakan mirip dengan taman xeriscape. Taman gaya mediterania membutuhkan perawatan yang minim karena hanya sedikit membutuhkanini sedikit lebih  mudah, karena sedikit membutuhkan air dan tidak gampang terserang hama.
Kesan mediterania ditonjolkan dengan pemilihan elemen seperti batu-batu warna krem, terracotta, batu bata, kursi kayu tua juga dapat memberikan kesan modis pada taman bergaya mediterania.
Konsep lainnya yang bisa ditonjolkan adalah unsur-unsur lainnya seperti hamparan batu dan pasir putih yang lebih menyerupai pantai Mediterania yang memiliki hamparan pasir putih yang luas.
Jenis tanaman yang dapat digunakan pada taman mediterania misalnya kaktus, agave,pohon cypress, pakis haji dan lain-lain.
Baca juga: Membuat Taman Xeriscape (Taman Kering)

Taman Gaya Bali/Bali Garden

Taman Gaya Bali (Pixabay.com)
Taman Bali sangat dipengaruhi iklim tropis yang memberikan kesan alami dan tidak teratur.  Warna taman ini didominasi oleh warna hijau dengan aksen merah, jingga, kuning, dan putih yang umumnya dihadirkan oleh bunga kembang sepatu atau kamboja. Kedua tanaman tersebut merupakan ciri khs dari taman gaya Bali. Tanaman lain yang digunakan cukup beragam dari segi teksturnya.
Elemen keras stupa atau pundi sangat menunjang nuansa tamanBali. Elemen air dapat digunakan dalam bentuk kolam, pancuran, atau air mancur.
Baca juga: Tanaman Hias Aromatik untuk Taman Halaman Rumah

Taman Ramah Satwa Liar/Wildlife Friendly Garden

Gambar Taman Pengundang Satwa Liar
Taman Ramah Satwa Liar (Max Pixel)
Sesuai dengan namanya, Taman Ramah Satwa Liar adalah taman yang ramah terhadap satwa liar. Tujuan pembuatan taman ini adalah untuk mengundang satwa liar datang, hal ini dilakukan dengan menyediakan berbagai kebutuhan satwa tersebut. Taman ramah satwa liar didesain untuk menghadirkan iklim yang sejuk, teduh, dengan nuansa hutan tropis. Taman ini didominasi dengan warna hijau dihiasi dengan bunga-bunga yang banyak memproduksi nektar. Elemen-elemen lain yang terlihat seperti batu-batu besar yang di tumbuhi lumut dibiarkan begitu saja untuk menghadirkan kesan natural, pijakan kaki dan dinding batu alam turut mewarnai gaya taman ini.
Kehadiran air sangat penting di taman ini, utamanya untuk menyediakan air minum untuk satwa yang datang. Beberapa jenis satwa yang datang misalnya berbagai serangga, burung, tupai, katak, kadal, bahkan musang. Jenis pohon yang bisa anda tanam untuk taman ini misalnya kersen, beringing, asoka, pohon salam, bunga tasbih, dll.
Baca juga:
Cara Mengundang Satwa Liar dengan Air
Cara Mengundang Satwa Liar ke Dalam Halaman
Jenis-jenis Pohon Pengundang Burung

Taman Perkotaan/Urban Garden

Gambar Taman Perkotaan
Taman Perkotaan, (Flickr - Sandra Cohen)
Taman di kawasan perkotaan dibuat dengan tujuan untuk menyediakan ruang terbuka untuk penanaman, relaksasi, bermain dan berhibur. Desain dibuat untuk menyesuaikan dengan ketersediaan lahan yang sangat terbatas, karena itu membutuhkan desain yang cerdas agar bisa berguna dengan baik. Salah satu ciri taman ini adalah penggunaan pot atau bak untuk tempat tumbuh tanaman  relatif dominan, hal ini juga berhubungan dengan ketersediaan lahan. Sebagian besar taman kota adalah ruang fungsional atau area yang dipenuhi tanaman tempat Anda bisa menyepi dari kehidupan kota yang sibuk. Mereka sering menampilkan desain minimal dan pola berulang untuk efek maksimal.
Baca juga: Desain Vertical Garden, Solusi Penghijau Rumah Perkotaan

Taman Gaya Modern

Lanskap taman gaya modern. Dok. Jeremy Levine

Taman dengan lansekap gaya modern biasanya memerlukan perawatan minim, menjadikannya desain lanskap favorit bagi keluarga modern. Material yang digunakan umumnya adalah bahan-bahan dan tekstur eye-catching yang inovatif dengan pola dan warna yang jelas sehingga membuat tampilan visual yang menakjubkan, hampir sama eye-catching-nya seperti rumah yang dilengkapinya.
Desain elemen hardscape memainkan peran utama dalam desain lansekap modern. Fitur hardscape tidak hanya mengurangi kebutuhan akan perawatan, namun juga menciptakan garis yang renyah dan sudut lansekap kontemporer.
Baca juga: Desain Lanskap Modern untuk Rumah Tinggal Kontemporer

Taman Gaya Eropa/Europe Garden

Gambar Taman Gaya Eropa
Taman Gaya Eropa (Pixabay.com)
Gaya taman eropa banyak menampilkan pola simetris dan formal. Taman gaya eropa umumnya menggunakan lahan yang relatif luas, sehingga gaya taman ini jarang dipakai untuk di rumah. Taman gaya Eropa menggunakan pohon dengan kanopi rapat dan mudah dibentuk, seperti pucuk merah dan tetehan. Pola-pola simetris dan sangat rapi dari taman gaya eropa membutuhkan perawatan yag sangat intensif dan memerlukan perhatian yang lebih untuk menjaga keindahannya.
Anda tentu saja dapat memilih jenis taman apapun yang sesuai dengan hati anda, yang perlu anda perhatikan adalah ketersediaan waktu anda untuk merawatnya. Pastikan anda memilih gaya taman yang sesuai dengan waktu yang anda miliki untuk merawatnya, kecuali anda tidak memiliki masalah untuk mengeluarkan dana perawatannya.


Related Posts To Macam-macam Gaya Taman Populer


Macam-macam Gaya Taman Populer Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts