Kenapa Pucuk Merah Cocok untuk Taman Rumah Anda


Pohon Pucuk Merah saat ini merupakan tanaman yang sangat populer di gunakan di Indonesia, di halaman rumah dan perkantoran, taman-taman kota, hingga median dan pinggiran jalan raya. Kita bisa menemukan pohon pucuk merah yang tumbuh rimbun, namun tidak jarang pohon ini di bentuk menjadi topiari yang menarik untuk dilihat.
Pucuk merah (Syzygium oleana) adalah pohon rendah dan masih satu keluarga dengan pohon salam dan kelompok jambu air. Total ada kurang lebih 1.100 spesies dari genus Syzygium, semuanya memiliki daun beraroma khas saat diremas-remas.
Mudahnya perawatan pohon pucuk merah mungkin menjadi salah satu alasan kenapa pohon ini sangat populer pada saat ini, dan tentu saja tidak hanya itu, terdapat beberapa alasan kenapa pohon pucuk merah menjadi populer. Berikut ini akan kita bahas tentang beberapa alasan tersebut.

Perawatan Mudah

Pucuk Merah adalah pohon yang relatif tahan banting, tidak mengherankan jika kita mudah menemukan pohon ini di tanam di pinggiran atau median jalan raya dengan tingkat polusi tinggi. Pohon ini juga mampu bertahan pada suhu lingkungan yang tinggi. Pemupukan dan pengairan yang tidak terlalu intensif cukup untuk membuat pohon ini tumbuh subur, yang terpenting adalah lahan yang agak lapang dengan intensitas sinar matahari yang cukup.
Pucuk merah tidak mudah menggugurkan daunnya, karena itu pohon pucuk merah tidak akan memenuhi halaman anda dengan guguran daunnya.
Baca juga:
Berkebun dengan Cerdas

Warna Daun yang Menarik

Sesuai dengan namanya, pucuk merah memiliki daun muda (pucuk) yang berwarna merah. Merah daun pucuk merah relatif terang, kontras dengan warna hijau daun tuanya sehingga tampak menarik. Seiring pertambahan kematangan, daun ini akan berubah menjadi kuning hingga kemudian menjadi hijau tua.
 Pohon ini tampak menarik karena perubahan warna yang ditunjukkan daunnya. Daun muda pucuk merah tampak merah cerah dan semakin hijau bila semakin tua.
Baca juga:
Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Rumah

Tajuk/Kanopi yang Masif

Secara arsitektur, pucuk merah sering dimanfaatkan sebagai pembatas hijau, tanaman hias dalam pot dan bisa menjadi tanaman peneduh jika dibiarkan besar. Percabangan pucuk merah yang rapat  menjadikan pohon ini membentuk kanopi yang masif dan mudah dibentuk dengan pemangkasan. Dengan kelebihan ini, pohon pucuk merah cocok di gunakan dalam taman bergaya eropa.
Baca juga
Macam Gaya Taman Populer


Related Posts To Kenapa Pucuk Merah Cocok untuk Taman Rumah Anda


Kenapa Pucuk Merah Cocok untuk Taman Rumah Anda Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts