Calanthe vestita, Anggrek yang Tampan


Calanthe vestita merupakan jenis anggrek terrestrial, namun kadang ditemukan tumbuh sebagai epifit atau litofit. Anggrek ini hidup di habitat yang panas sampai yang hangat. Calanthe vestita sering disebut sebagai Calanthe yang tampan. Hal ini merujuk pada nama jenisnya yaitu vestita yang artinya clothed (“berpakaian”) hal ini menggambarkan bagian perbungaanya mulai tangkai bunga sampai bunga itu sendiri dipenuhi dengan rambut-rambut yang sangat halus.
Calanthe vestita adalah salah satu jenis dari marga Calanthe. Sampai saat ini telah diketahui terdapat 170 jenis dari marga Calanthe. Sebagian besar jenis Calanthe tumbuh sebagai anggrek tanah (terrestrial) dan kadang tumbuh di batu (lithophyt) serta hanya sebagian kecil yang merupakan anggrek epifit.

Morfologi

Tumbuhan anggrek/orchid ini memiliki pseudobulb berwarna abu-abu kehijauan agak pucat dan membesar di bagian bawah. Daun muncul dari ujung umbi semu dengan jumlah 4 helai, berbentuk lanset sampai oval tanpa rambut-rambut halus, dengan ukuran panjang daun 40 cm dan lebar daun 5 cm. Daun yang berwarna hijau pucat ini didukung oleh tangkai daun yang kuat dan bersayap.

Bunga

Tangkai perbungaan muncul di antara daun, pada bagian pangkal tangkai ini tegak, dan merunduk pada bagian ujungnya. Panjang tangkai bunga dapat mencapai panjang 70 cm dan dapat menampung hingga sejumlah 10 – 20 kuntum bunga. Seluruh bagian tangkai perbungaan dan tangkai bunga dipenuhi dengan rambut halus. Terdapat braktea (seludang bunga) berbentuk lanset, berwarna hijau muda, yang juga dipenuhi rambut halus.
Sepal dan petal bunga berwarna putih bersih dengan bibir yang memiliki 4 lekukan, dua lekukan ditengah dipisahkan celah yang tidak terlalu dalam. Pangkal bibir terdapat warna jingga tepat dibawah gynostemium. Di bagian belakang bibir terdapat pula taji (spur) yang melengkung sekitar 1,5 cm panjangnya. Anggrek ini cenderung berbunga pada musim hujan (bulan Oktober sampai Februari) memiliki ketahanan mekar bunga sampai 2 minggu ( 14 hari).

Sebaran

Anggrek Calanthe vestita ditemukan di Myanmar, Vietnam, Thailand yang lebih rendah, Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi di hutan di atas batu kapur di hutan bukit pada ketinggian permukaan laut sampai 1000 meter dengan sudut miring yang miring.

Pemeliharaan

Anggrek Calanthe vestita termasuk jenis orchid yang mudah dipelihara, sehingga cocok untuk dirawat untuk kolektor anggrek pemula. Media tumbuh anggrek ini bisa menggunakan pakis, arang, lumut, atau kombinasi ketiganya.


Related Posts To Calanthe vestita, Anggrek yang Tampan


Calanthe vestita, Anggrek yang Tampan Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts