7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Kecil

Menanam pohon dihalaman rumah bisa mendatangkan banyak manfaat untuk anda dan keluarga, salah satunya adalah untuk memberikan kenyamanan suhu dengan cara meneduhi lingkungan sekitarnya. Pohon dengan fungsi demikian dapat disebut sebagai pohon peneduh.  Namun bagaimana jika halaman atau taman rumah anda memiliki luasan yang terbatas? Tidak perlu khawatir, anda tetap bisa menanam pohon, tentu saja dengan ukuran yang disesuaikan. Beberapa jenis pohon berikut ini mungkin dapat menjadi referensi anda untuk menanam pohon di halaman atau taman minimalis rumah anda.

Kersen - Muntingia calabura

Pohon Kersen (Muntingia calabura) By Wie146
Pohon Kersen yang berasal dari Amerika Latin ini termasuk pohon yang sangat cepat tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan intensif, sangat cocok untuk taman dengan gaya minimalis. Tingginya dapat mencapai 12 meter, namun lebih sering ditemui memiliki tinggi 3-6 meter. Kersen memiliki tajuk atau konopi berbentuk payung.
Buah kersen disenangi banyak jenis burung, karena itu dengan menanam kersen akan banyak burung yang singgah di halaman atau atau taman rumah anda.
Tidak hanya burung, buah kersen juga bisa dimakan manusia. Bahkan sudah ada penelitian yang menyatakan bahwa buah ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk manusia.
Baca juga:
Mengundang Burung Liar ke dalam Taman
Mengundang Satwa Liar ke Halaman Rumah

Ketapang Kencana - Terminalia mantaly

Pohon Ketapang Kencana
Ketapang Kencana memiliki kanopi yang tampak rapi dan cantik, ramping dengan ranting membentang dan bertingkat sehingga tepat untuk dijadikan sebagai peneduh halaman. Pohon ini juga memiliki batang ramping yang tumbuh lurus. Ketapang Kencana dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 10 - 20 m dengan batang berdiri tegak dan rapi. Meskipun tinggi, dengan pemangkasan yang tepat, pohon ini bisa tampak tetap rapi untuk ditanam di halaman rumah sempit atau taman dengan gaya minimalis.
Baca juga:
6 Langkah Membuat Desain Halaman Rumah

Tanjung - Mimusops elengi

Pohon Tanjung
Pohon Tanjung dapat mencapai tinggi hingga 15 meter, namun relatif jarang ditemui. Kanopi pohon tanjung sangat rimbun dan tumbuh secara simetris, sangat efektif sebagai pohon peneduh. Perawatan minimalis cukup untuk menjaga kesehatan pohon ini, karena pohon tanjung relatif tahan terhadap berbagai gangguan lingkungan. Karena ketahanannya, pohon ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh tepi jalan yang relatif panas dengan polusi udara yang tinggi. Daunnya yang tidak mudah rontok dan rantingnya tidak mudah patah akan mengurangi waktu dan tenaga untuk menjaga kebersihan halaman atau taman rumah anda.
Baca juga:
Pentingnya Pohon dalam Lingkungan

Kiara Payung - Fellicium decipiens

Kirai Payung
Pohon Kiara Payung merupakan pohon daerah tropis yang berasal dari Afrika Timur dan India Selatan. Meskipun tergolong pohon tropis, orang-orang di luar negeri mengenal pohon ini sebagai Japanese Fern Tree. Tajuk pohon Kiara Payung relatif sangat rindang dan bertajuk luas dengan kemampuan penyerapan CO2 yang baik. Pohon Kiara Payung sering ditemui memiliki tinggi 4-8 meter, namun pohon ini sebenarnya dapat mencapai tinggi 11 meter.

Pohon Mangga - Mangifera indica 

Pohon Mangga. By Sarangib
Pohon mangga dapat tumbuh dengan cepat dengan perawatan semi intensif, anda mungkin perlu untuk memangkas sebagian ranting karena pertumbuhannya yang tidak simetris dan perlu diatur. Kanopi pohon ini relatif rimbun dengan sistem perakaran masif di dalam tanah sehingga mengurangi resiko kerusakan paving atau perkerasan sekitar taman rumah anda. Umumnya pohon mangga yang dipelihara mempunyai tinggi 4-10 meter  karena ditanam dari cangkokan, sebenarnya pohon ini bisa tinggi 10-40 meter dengan lebar batang yang cukup besar.
Kelebihan dari pohon ini adalah buahnya bisa dinikmati oleh keluarga anda. Kekurang pohon mangga adalah batangnya yang relatif mudah terserang ulat sehingga memperpendek masa hidupnya.

Pucuk Merah - Syzygium oleana


Pucuk merah (Syzygium oleana) adalah pohon rendah yang termasuk satu keluarga dengan salam dan kelompok jambu air. Total ada kurang lebih 1.100 spesies dari genus Syzygium, semuanya memiliki daun beraroma khas saat diremas-remas. Pohon ini tampak menarik karena perubahan warna yang ditunjukkan daunnya. Daun muda pucuk merah tampak merah cerah dan semakin hijau bila semakin tua.
Secara arsitektur, pucuk merah sering dimanfaatkan sebagai pembatas hijau, tanaman hias dalam pot dan bisa menjadi tanaman peneduh jika dibiarkan besar. Pucuk merah memiliki percabangan yang rapat sehingga membentuk kanopi yang masif. Dengan kanopi yang masif tersebut, pohon pucuk merah mudah dibentuk dengan pemangkasan dan cocok untuk di gunakan dalam taman bergaya eropa.

Beringin


Pohon beringin adalah sebuah tanaman yang berkayu dan sebenarnya berukuran besar, namun pohon ini dapat dibentuk sebagai bonsai dengan ukuran sesuai kebutuhan sehingga bisa di tanam di halaman rumah minimalist. Nama latin tanaman beringin adalah Ficus benjamina L. Akar gantung adalah fitur menarik dari pohon beringin. Akar gantung tanaman beringin berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta membantu pernafasan tanaman tersebut. Umur tanaman beringin ini bisa mencapai ratusan tahun. Tanaman beringin ini tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias atau peneduh saja namun memiliki berbagai manfaat untuk mengobati  berbagai macam penyakit yang ada ditubuh kita.
Baca juga:
Jenis Pohon Peneduh dengan Semarak Bunga
Macam-macam Gaya Taman Populer


Related Posts To 7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Kecil


7 Jenis Pohon Peneduh untuk Taman Minimalis dan Halaman Kecil Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts