Tanaman Indoor Penyerap Gas Beracun


Sulit untuk dipungkiri bahwa kondisi lingkungan pada saat ini sangat memprihatinkan. Bahkan di dalam rumah sendiri kita sulit untuk mengamankan diri dari bahaya-bahaya yang ada di sekitar lingkungan kita, terutama bahaya yang bercampur dengan udara yang kita hirup sehari-hari dalam bentuk gas beracun atau partikel-partikel debu halus yang kita sebut gas polutan udara.

Sulit untuk mencegah gas-gas berbahaya tersebut untuk masuk karena sifat udara yang terus yang terus mengalir. Kita memang bisa memanfaatkan pendingin ruangan, namun tentu memakan relatif banyak energi. Beruntungnya, saat ini kita telah mengetahui ternyata beberapa tanaman dapat menjadi penyaring alami bagi polutan udara yang terdapat dalam ruangan

NASA telah menemukan bahwa tanaman dan mikroba yang terdapat pada akarnya melalui fotosintesis normal dapat menyerap polutan udara dan menyediakan udara segar dan kelembaban yang membuat kita lebih sehat. Penelitian NASA tersebut mengidentifikasi koleksi tanaman yang mudah tumbuh dalam ruangan, yang dapat menyerap udara beracun dalam rumah kita, mencegah "sick building syndrome" dan membuat rumah Anda menjadi tempat yang sehat untuk bernafas. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam rumah, tanaman-tanaman tersebut adalah:

1. Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens)
Palm Kuning dapat tumbuh sampai setinggi 5m lebih. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman pagar, selain daunnya yang lebat bisa menahan debu/ polusi perkotaan, juga segi artistiknya yang menarik. Palem kuning juga salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai material dekorasi atau hiasan ruangan perkantoran, hotel, mall  karenan tanaman ini bisa hidup dengan baik dan segar serta tetap asri walaupun tidak terkena sinar matahari langsung dalam waktu lebih dari 2 minggu.
2. Palem Waregu (Raphis excelsa)
3. Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii)
4. Rubber Plant (Ficus robusta)
5. Dracaena “Janet Craig” (Dracaena deremensis), di Indonesia terdapat Sri Gading (Dracaena fragrance)
6. Philodendron (Philodendron sp.) - semi-shade
7. Dwarf Date Palm (Phoenix roebelenii)
8. Ficus Alii (Ficus macleilandii “Alii”)
9. Boston Fern (Nephrolepis exaltata “Bostoniensis)
10. Peace Lily (Spathiphyllum "Mauna Loa")

Gambar: Chrysalidocarpus lutescens (studlab.sfedu.ru)


Related Posts To Tanaman Indoor Penyerap Gas Beracun


Tanaman Indoor Penyerap Gas Beracun Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews