Panduan Penting Permakultur


Apa itu permakultur?
Dalam pengertian yang paling sederhana, permakultur adalah kombinasi dari kata permanen dan agrikultur, yang juga mengungkapkan artinya. Kamus Inggris Oxford mendefinisikan permakultur sebagai "pengembangan ekosistem agrikultur yang ditujukan agar dapat berkelanjutan dan dapat memenuhi kebutuhan sendiri," tapi pengertian ini mungkin kurang jelas. Tidakkah memang seharusnya semua sistem agrikultur itu berkelanjutan dan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri? Memang tidak selalu, karena itu penerapan permakultur dapat membantu untuk mencapai ini.

Kata permakultur pertama kali di gunakan oleh Bill Mollison dan David Holmgren pada pertengahan 1970-an saat mereka sedang mencari cara untuk menjelaskan sebuah pendekatan baru dalam desain. Prisnsip mereka, menurut Holmgren, termasuk didalamnya adalah "integrasi, pengembangan sistem perenial atau hewan dan tumbuhan yang terus menerus berkembang yang bermanfaat bagi manusia. "Mereka menggambarkan ideologi baru ini dalam buku mereka, Permakultur One, dan Holmgren Designmasih mempraktekannya hari ini.

Tapi apa yang bisa permaculture lakukan untuk dunia saat ini? Jawaban Holmgren adalah deskripsi sederhana tentang apa penerapannya dan apa yang dilakukannya. Dia mengatakan permaculture adalah pendekatan sistem pemikiran yang menyeluruh untuk mendesain yang mencakup "lanskap yang dirancang secara sadar, yang meniru pola dan hubungan yang ditemukan di alam, dan pada saat yang bersamaan menghasilkan banyak makanan, serat, dan energi untuk penyediaan kebutuhan lokal. Orang, bangunan mereka, dan cara-cara di mana mereka mengorganisir diri mereka adalah sentral dari permaculture. Dengan demikian, visi permaculture pertanian permanen atau berkelanjutan telah berkembang ke salah satu budaya permanen atau berkelanjutan."

Dalam satu contoh, kedua laki-laki tersebut memilih bunga untuk mewakili teori desain mereka. The Permakultur Bunga terdiri dari tujuh kelopak yang mengelilingi sebuah stigma pusat bernama "Permakultur Etis & Prinsip Desain." Kelopak diberi label: penataan tanah dan alam, lingkungan binaan, peralatan dan teknologi, budaya dan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rohani, keuangan dan ekonomi, dan kepemilikan lahan dan tata kelola masyarakat. Bunga selanjutnya dikelilingi oleh praktek-praktek yang terlibat dalam menjaga setiap petal.

Misalnya, untuk mencapai "Penataan Tanah dan Alam," seseorang harus menerapkan penyimpanan benih, berkebun hutan, memungut dan memanen liar, pertanian organik, kehutanan berbasis alam, dan budidaya terpadu.

Penjelasan yang lebih rinci dapat menggunakan jam untuk meletakkan 12 prinsip-prinsip desain. Dalam contoh ini, kita harus mulai dengan 1 pada jam dan mengikuti prinsip-prinsip selanjutnya hingga 12, sampai mencapai 1 lagi. Di tengah-tengah jam terletak etika, termasuk menjaga Bumi, orang-orang, keadilan sumber daya, yang merupakan kekuatan pendorong.

Keduabelas prinsip desain dalam permakultur adalah:
1. Pengamatan dan interaksi
Jangan hanya duduk di kantor dan desain. Keluarlah dan berinteraksi dengan alam, dan bawa interaksi itu kedalam desain yang berkelanjutan.

2. Tangkap dan simpan energi
Lihat ke sumber energi alternatif seperti angin, sinar matahari, dan gerag untuk mengisi desain dan simpan energi untuk penggunaan di masa depan.

3. Dapatkan sebuah hasil
Jangan membuat desain proyek yang tidak menghasilkan apa-apa bagi komunitas. Apakah itu menawarkan makanan, kecantikan, atau keselamatan, pastikan proyek Anda dapat menyediakan suatu kebutuhan yang penting.

4. Terapkan pengaturan diri dan terima umpan balik
Bicaralah jika desain tidak berkelanjutan, dan tidak mendorong praktek ramah lingkungan dengan penggunaannya.

5. Gunakan dan hargai jasa dan sumber daya terbarukan
Hal ini mengembalikan kita ke teori yang populer, yaitu reduce, reuse, recycle. Jangan hanya mengatakan saja; praktekkan.

6. Zero waste
Memanfaatkan vegetasi yang telah matang, dan hindari menambahkan elemen tidak penting untuk desain - semua ini akan sama dengan situs yang kurang boros.

7. Desain dari pola hingga ke rincian
Cari pola di alam dan salin, kemudian isi rinciannya saat proses desain berlangsung untuk menambah keaslian proyek.

8. Mengintegrasikan daripada memisahkan
Salah satu contoh akan mengelompokkan tanaman bersama-sama karena mereka akan ditemukan di alam, dan menempatkan mereka di lokasi-lokasi yang akan meniru habitat alami mereka. Lakukan ini dengan setiap elemen dalam desain untuk menghasilkan sebuah proyek bijaksana dan berkelanjutan.

9. Gunakan solusi kecil dan lambat
Ruang yang lebih kecil lebih mudah untuk dirawat daripada yang lebih besar, dan solusi yang membutuhkan waktu panjang untuk diterapkan lebih mungkin untuk menjadi lebih tahan lama. Jadi, jangan terburu-buru dan jangan langsung membuat sesuatu yang terlalu besar.

10. Gunakan dan hargai keberagaman
Jangan membuat sistem monokultur yang mendorong lebih cepat penyebaran penyakit. Sebaliknya, ciptakan pemandangan yang beragam dan mampu menahan laju waktu.

11. Gunakan dan hargai tepian lahan dan lahan marginal
Wilayah yang berdiri di antara dua ekosistem utama seringkali yang paling produktif, sehingga ketika meletakkan desain, masukkan daerah-daerah ini untuk meningkatkan keragaman dan produktivitas di lokasi.

12. Gunakan secara kreatif dan respon perubahan
Melalui observasi dan antisipasi perubahan negatif, adalah mungkin untuk membuat dampak positif melalui intervensi yang tepat waktu. Jadi, sederhananya, lihat dan pelajari.

Dengan menggunakan semua prinsip-prinsip ini sebagai alat desain, sangat mungkin untuk benar-benar melakukan perubahan dalam hal bagaimana proyek dirancang dan diproduksi. Luangkan waktu untuk benar-benar meneliti daerah di mana tapak berada dan coba untuk meniru kondisi yang bekerja disana dan perbaiki yang tidak. Dengan melakukan ini, tapak ini juga dapat bertahan dalam waktu dan menyediakan layanan untuk wilayah sekitarnya, dan permaculture akan hidup hingga sesuai dengan namanya.


Related Posts To Panduan Penting Permakultur


Panduan Penting Permakultur Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews