Heliconia sp


Genus Heliconia di Indonesia dikenal sebagai pisang hias, tanaman hias ini termasuk tanaman perdu rendah dalam famili Heliconiaceae. Heliconiaceae hanya terdiri dari genus Heliconia yang memiliki 200 spesies. Keluarga tanaman ini memiliki dua pusat sebaran, yaitu Amerika bagian tropis dan Pasifik Barat. Heliconia adalah satu dari beberapa jenis tanaman tropis yang paling menarik, dikenal, dan menarik perhatian kolektor dan pembudidaya.

Daun Heliconia menyerupai daun pisang dengan ukuran relatif lebih kecil dan warna yang bervariasi. Bagian yang tampak sebagai bunga dengan warna yang mencolok adalah bunga semu yang terbentuk dari kelopak bunga, sedangkan bunga yang asli berukuran relatif kecil dan terdapat di dalam kelopak (seludung) tersebut.

Bunga semu Heliconia memiliki warna yang beraneka ragam seperti pink, merah, jingga dan hijau dengan bentuk menyerupai capit udang. Rangkaian bunga tumbuh menggantung atau tegak. Pada satu tanaman memiliki satu tandan bunga yang terdiri dari beberapa seludung.

Heliconia dapat berfungsi sebagai tanaman pengarah jalan atau border jika ditanam secara massal dan sejajar atau bisa juga sebagai tanaman background.


Related Posts To Heliconia sp


Heliconia sp Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews