Gloriosa superba, Bunga Eksotis dan Menarik



Gloriosa superba

Gloriosa superba atau yang disebut juga Gloriosa Lily (Inggris) adalah bunga yang tidak biasa dan eksotis, warna mahkota bunga Gloriosa Lily adalah kombinasi merah dan kuning. Pada bagian dasar bunga, terdapat kelopak berwarna hijau muda menghadap ke bawah. Pada saat mekar dewasa, jenis tanaman hias pemanjat ini memiliki kelopak memanjang dan berkerut yang secara bertahap melengkung kebelakang sementara terjadi sekuensing spektrum warna dari hijau ke kuning dan ke merah. Karena cara tumbuhnya yang merambat, tanaman ini cocok digunakan sebagai tanaman vertical garden.

Vertical garden: 14 Jenis Tanaman Merambat untuk Vertical Garden

Benang sari sangat menonjol dan menyebar keluar dalam bentuk kurva yang anggun yang dalam perkembangan mengikuti kelopak mundur ke belakang. Ukuran bunga tergantung pada jenisnya, panjang bunga yang umum adalah 3-5 inch (7,6-12,7 cm). Bentuk bunga yang unik dan berpadu dengan warna cerah yang menarik akan langsung menarik perhatian Anda dan membuat Anda berkeinginan untuk memilikinya.
Baca juga: Macam - Macam Gaya Taman Populer


Aspek lain dari tanaman ini juga tidak biasa bagi anggota dari keluarga lily. Tidak seperti kebanyakan lili, Gloriosa superba adalah tanaman merambat yang melilit dengan sulur-sulur yang terbentuk pada ujung daun. Daun tanaman ini hijau terang dan berbentuk lancet, dengan panjang 2-3 inch (5,1-7,6 cm).

Baca juga: Tanaman Hias Aromatik untuk Taman Halaman Rumah

Menarik sekali untuk mengamati ujung daun tanaman ini yang memanjang dan berbentuk sulur ramping dan  membentuk kumparan benda di sekitarnya untuk mendapatkan pegangan (seperti sulur tanaman anggur,namun sulurnya dari daun!) Gloriosa tumbuh cepat dalam cuaca hangat, mekar, kemudian mati bawah ke tanah. Setelah beberapa waktu, individu baru muncul dari akar berbonggol. Gloriosa superba berasal dari hutan tropis Afrika. Spesies terkait juga ditemukan di Asia.

Budidaya

Tanaman ini menyukai tanah yang lembab tapi memiliki drainase baik, kasar, dan subur. Tanah dengan kandungan humus yang tinggi adalah media yang ideal. Umbi sebaiknya digali beberapa minggu setelah batang tanaman mati dan pindahkan ke lokasi yang berbeda.
  • Cahaya: Cahaya penuh hingga setengah ternaungi.
  • Kelembaban: Lembab tapi tapi berdrainase baik.
  • Perbanyakan: Biji atau stek akar rimpang/Offset (tanaman baru di dasar tanaman yang ada) atau bagian dari umbi.

Penggunaan

Gloriosa Lily sangat cocok untuk membuat vertical garden, tanaman ini dapat dipadukan dengan tanaman hijau lain yang merambat, efek dramatis akan tampak pada saat bunga tanaman ini mekar diantara daun-daun tanaman hijau lain. Batang Gloriosa Lily relatif lemah dan jarang berdiri sendiri, jadi penempatan yang terbaik adalah dikombinasikan dengan tanaman lain, baik itu pohon merambat lain pada teralis, semak, atau pagar.

Gloriosa bisa dipasangkan bersama dengan Morning Glory (Ipomoea tricolor), Loofah (Luffa aegyptiaca), atau tanaman apapun yang secara praktis cukup kuat untuk mendukungnya. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang populer untuk memberikan warna di rumah kaca dan konservatori (perlu cahaya terang dan suasana lembab jika ditanam di dalam ruangan).
Baca juga: Desain Lanskap Modern untuk Rumah Kontemporer

Fitur

Bahkan bunga yang belum matang indah untuk dilihat. Tanaman eksotis seperti Gloriosa sangat mudah untuk tumbuh dan merupakan survivor sejati.


Related Posts To Gloriosa superba, Bunga Eksotis dan Menarik


Gloriosa superba, Bunga Eksotis dan Menarik Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews