Euphorbia mili (Delapan Dewa)

Euphorbia mili adalah tanaman asli Madagaskar, memiliki nama lain Euphorbia, Lapan Dewa (Indonesia) dan queen of thorn (Inggris). Tanaman ini memiliki batang yang berduri, bersifat semi-sukulen dengan tinggi bisa mencapai satu meter dan dapat melebar sampai 60 cm. Daun hijau terang bertekstur kasar. Pada iklim tropis bunga Euprhorbia mekar mengikuti siklus hujan. Tanaman ini memiliki getah yang bisa keluar dari patahan daun atau batang. Buah memiliki tiga lobus yang akan terpisah pada saat masak.

Euphorbia mili adalah tanaman dengan pertumbuhan yang lambat, tanaman ini tumbuh subur pada media berpasir yang miskin hara dan toleran moderat terhadap tanah yang mengandung garam. Lapan dewa tumbuh dengan baik pada tempat yang mendapat pencahayaan penuh, namun dapat bertahan pada tempat yang teduh sebagian. Tanaman ini toleran terhadap kondisi kering. Penyiraman secara teratur akan mencegah Euphorbia mili dari menggugurkan daun dan merangsang pembungaan yang lebih sering.

Perbanyakan dapat dilakukan secara stek batang. Potongan ujung batang yang akan menjadi bibit direndam dalam air hangat untuk menghentikan keluarnya getah, biarkan beberapa hari sebelum ditanama dalam media pasir yang agak basah.

Mahkota bunga memiliki warna yang beragam seperti merah, kuning, jingga, hijau, putih atau kombinasi. Bunga berbentuk dompolan yang terdiri atas 8-32 bunga setiap dompolnya.


Related Posts To Euphorbia mili (Delapan Dewa)


Euphorbia mili (Delapan Dewa) Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews