Epipremnum sp atau Scindapsus aureus


Epipremnum sp

Nama lain: Kelembahang atau Sirih Belanda (Indonesia), Photos Vine (Inggris)
Epipremnum adalah tanaman hijau merambat keatas secara acak, tanaman ini menyandarkan batangnya pada benda lain dengan akar khusus yang dapat melekat, bisa juga menggantung pada apa saja yang terjangkau olehnya. Tanaman merambat tropis ini adalah tanaman dalam rumah yang sangat umum di fase remajanya, ditandai dengan batang ramping dan daun beraneka ragam yang berukuran kecil. Tetapi memiliki penampakan lain: bentuk dewasa (umumnya hanya terlihat di daerah tropis) dengan batang tebal dan daun jauh lebih besar.
Baca juga: Gloriosa superba, Bunga Eksotik dan Menarik

Habitus

Tumbuh sebagai tanaman dalam ruangan, kelembahang tetap dalam fase remaja. Daun berhadapan biasanya berukuran sekitar 3-4 inchi (8-10 cm) panjang, tapi bisa sampai kaki (30 cm) panjangnya. Bentuk daun menyerupai hati, yang dengan ujung runcing, berwarna hijau terang mengkilap dan putih, krem ​​atau tanda kuning. Batang yang ramping dan daun memiliki petioles panjang. Epipremnum dapat tumbuh terus menerus seperti tidak terbatas. Tanaman ini tidak menghasilkan bunga dalam tahap remaja.
Baca juga: Pohon-pohon Pengundang Burung
Jika tumbuh di luar ruangan dalam iklim bebas, Epipremnum akan tumbuh sebagai tanaman penutup tanah dalam bentuk  tanaman remaja sampai mencapai ia menemukan pohon. Setelah mendapatkan pohon, ia akan mulai memanjat, mengembangkan batang tebal dan daun besar dengan petioles pendek dan gemuk. Daun dewasa  berbentuk hati atau oval, kadang-kadang dengan sinus dan lobus yang dalam, seperti Monstera deliciosa. Panjangnya dapat mencapai 18-40 inchi (45-100 cm) dan lebar 10-18 di (25-45 cm) lebar. Liana ini benar-benar dapat menutupi sebuah pohon, bahkan kadang-kadang menyebabkan kerusakan yang mematikan jika daun yang besar memblokir sinar matahari untuk mencapai daun host-nya. Tanaman dewasa menghasilkan bunga kecil pada gagang tegak dikelilingi oleh seludang perbungaan hijau 6-9 di (15-38 cm).
Baca juga: Allamanda cathartica, Cocok Untuk Pergola

Fungsi Arsitektur Epipremnum

Epipremnum yang juga dikenal sebagai Scindapsus aureus dapat difungsikan sebagai tanaman hias indoor, selain karena nilai estetisnya, spesies ini juga relatif efektif sebagai pembersih udara dalam ruangan dan menyerap racun formaldehyda dan berbagai polutan lainnya. Epipremnum merupakan tanaman merambat yang juga cocok di gunakan sebagai tanaman pergola dan vertical garden. Untuk taman vertical garden, kita bisa meletakkan pot Epiprenmum di bagian atas konstruksi vertical garden sehingga menjuntai, bisa juga dibagian bawah sehingga ia akan tumbuh merambat ke atas.
Epipremnum juga bisa kita manfaatkan sebagai tanaman penghalang dengan menjadikannya tirai yang menjutani dari atas sehingga bisa menghalangi pandangan antar ruang.
Baca juga: Macam-macam Gaya Taman Populer


Related Posts To Epipremnum sp atau Scindapsus aureus


Epipremnum sp atau Scindapsus aureus Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews