Allamanda cathartica, Cocok untuk Pergola

Allamanda cathartica

Bunga yang satu ini sangat mudah tumbuh di Indonesia, sehingga tidak sedikit pemilik pekarangan yang menanam tanaman ini di halaman rumahnya. Allamanda berasal dari Brazil yang beriklim tropis, sama dengan Indonesia. Tanaman yang satu ini relatif sering digunakan dalam lanskap taman di Indonesia, sebagai tanaman pergola atau tanaman vertical garden. berikut ini adalah sedikit informasi tentang Allamanda cathartica.

Habitus

Bunga Allamanda termasuk bunga tunggal bergerombol dengan warna kuning, pink, ungu atau coklat muda. Mahkota bunga ini berjumlah lima helai dengan bentuk seperti corong dengan panjang antara 8-12 mm, daun mahkotanya berlekatan. Allamanda menghasilkan buah yang berbentuk bulat, dengan panjang +/- 1,5 cm, dengan biji berbentuk segitiga, berwarna hijau pucat saat muda, namun setelah tua menjadi hitam. Tanaman ini dapat diperbanyak melalui media biji (Generatif) maupun stek (Vegetatif).
Baca juga: Kembang Sungsang Gloriosa superba , Tanaman Eksotis dan Menarik

Alamanda tergolong kedalam tumbuhan perdu yang berumur panjang (perenial) dengan ketinggian dapat mencapai lebih dari 2 meter. Batangnya berkayu, silindris, terkulai, warna hijau, permukaan halus, percabangan monopodial, arah cabang terkulai. Daun tunggal berwarna hijau mengilap yang tumbuh secara berhadapan, bertangkai pendek, berbentuk jorong, panjang 5-15 cm, lebar 2-5 cm. Helaian daun tebal, ujung dan pangkal meruncing, tepi rata, permukaan atas dan bawah halus.
Baca juga: Prinsip Desain Lanskap

Habitat

Dihabitat aslinya, Allamanda dapat ditemukan pada area riparian (sekitar sungai) atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan hujan yang cukup dan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai diketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini tidak dapat tumbuh pada tanah yang bergaram atau terlalu basah dan tanaman ini juga tidak tahan dengan suhu rendah. Tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin, suhu -1 °C dapat mematikannya.

Fungsi Arsitektur

Dari sudut pandang arsitektur lanskap, Allamanda memiliki pola pertumbuhan unik, karena tumbuhan ini dapat tumbuh sebagai semak dan tanaman merambat. Jika dibiarkan tumbuh, Allamanda dapat berperan sebagai tanaman merambat, sehingga dapat digunakan sebagai taman vertikal (vertical garden). Allamanda juga dapat berfungsi sebagai tanaman pergola atau gerbang taman sehingga bisa menjadi peneduh.
Baca juga: Pohon Peneduh untuk Taman Gaya Minimalis dan Halaman Kecil

Bunga Allamanda yang menarik menjadikan tanaman ini salah satu pilihan tanaman hias yang relatif digandrungi.  Dengan pemangkasan, Allamanda dapat digunakan sebagai tanaman semak atau perdu rendah dan bisa digunakan sebagai tanaman pagar, tanaman pembatas, tanaman penghalang dan tanaman pengarah. 


Related Posts To Allamanda cathartica, Cocok untuk Pergola


Allamanda cathartica, Cocok untuk Pergola Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews