Mengundang satwa liar ke halaman

Menarik sekali  mengamati tingkah laku satwa liar, burung, kupu-kupu, tupai, dsb. Jika anda punya halaman rumah dengan kebun yang indah anda tidak perlu pergi ke hutan untuk melihat satwa liar tersebut, anda dapat mengundang mereka datang ke halaman rumah anda. Bagaimana caranya? Beberapa tips berikut ini dapat menjadi pertimbangan anda.

Bunga warna warni
Tanamlah tanaman yang berwarna-warni sebanyak mungkin, terutama tanaman dengan bunga-bunga berwarna cerah. Jenis tanaman tersebut dapat mengundang kupu-kupu, lebah, dan bahkan burung penghisap madu.

Makanan dan tempat bersarang
Sediakan area dimana terdapat pohon yang rindang dan atau tanaman semak rendah  yang dapat menjadi sarang bagi burung atau  hewan kecil lainnya. Selain itu anda juga dapat menambahkan tanaman yang menghasilkan buah-buah kecil seperti chery.

Kolam atau wadah air
Pertimbangkan untuk menambahkan kolam air, atau paling tidak pot yang dapat menampung air. Wadah air ini dapat menjadi sumber air minum bagi burunga atau tupai, bahkan burung bisa dengan senang hati menjadikannya tempat mandi.

Tanaman air
Jika anda telah menempatkan kolam atau wadah air, tambahkan tanaman air kedalamnya. Hal ini dapat menarik perhatian  beberapa jenis serangga yang dapat menjadi makanan bagi katak, kura-kura atau ikan yang ada didalamnya. Masukkan juga tanaman dalam air seperti Hidrilla untuk menambah suply oksigen di dalam kolam.

Rumah burung
Pertimbangkan untuk menambahkan rumah burung dan sarangnya, ini dapat menjadi sarana kreatifitas anak anda untuk mewarnainya. Jika anda beruntung, siapa tahu ada burung yang tertarik untuk bersarang didalamnya.

Kompos
Selain membuat lingkungan lebih baik, kompos yang anda buat dapat menjadi sumber makanan bagi tupai, landak, atau rakun. Tapi pastikan tempatnya agak jauh dari rumah anda.

Tumpukan batu
Sertakan tumpukan batuan sebagai fitur kolam untuk tempat katak dan kura-kura bersembunyi dengan aman.

Daun untuk ulat
Ingat, ketika Anda menanam untuk kupu-kupu, pastikan juga untuk menanam bunga yang akan mendukung perkembangan ulatnya.

Jauhi pestisida/herbisida
Terakhir, jangan pernah menyemprotkan pestisida atau herbisida lainnya di kebun Anda. Berkebun organik akan memastikan bahwa satwa liar Anda sehat-dan bunga Anda akan lebih cantik.


Related Posts To Mengundang satwa liar ke halaman


Mengundang satwa liar ke halaman Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews