Pertimbangan saat membangun kolam renang di rumah

Memiliki kolam renang keluarga di rumah sendiri adalah hal yang positif. Bagi orang-orang yang malas berlama-lama di gym, atau keluar untuk joging atau tidak lagi memiliki waktu khusus untuk berolahraga seperti saat sekolah dulu, kolam renang pribadi menjadi salah satu alternatif menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kolam renang juga meningkatkan prestise pemilik rumah, terutama saat melakukan jamuan di rumah yang bersifat outdoor. Selain itu, nilai rumah dapat meningkat karena keberadaan kolam renang, demikian pula dengan nilai estetika rumah jika didesain dengan apik. Hal ini tentu saja akan meningkatkan harga jual rumah. Namun demikian, sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang pribadi, ada baiknya kita mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Luas Tanah
Agar keberadaan kolam renang terlihat indah, diperlukan keleluasaan dalam hal visual serta saat bergerak di sekitarnya. Karena itu, hitung-hitungan mengenai luas tanah yang ada dengan luas kolam renang yang diperlukan sangat dibutuhkan. Selain itu perlu juga dipertimbangkan mengenai perbandingan antara keseimbangan antara rumah, kolam renang dan taman agar tidak menimbulkan kesan "terlalu memaksakan".

2. Privasi
Memanfaatkan kolam renang secara tidak langsung berarti menggunakan pakaian renang. Kita tentu tidak ingin diintip saat berenang, kan? Oleh karena itu, letak dan privasi akses maupun privasi visual sangat penting untuk diperhatikan. Pagar, keadaan sekitar rumah (kepadatan) dan kondisi masyarakat sekitar harus menjadi pertimbangan dalam perencanaan dan perancangan kolam renang.

3. Keamanan
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi keluarga yang masih mempunyai anak balita dan anak kecil. Sangat banyak kasus anak tenggelam di kolam renang karena kurangnya pengawasan dari orang rumah (terutama orang tua) sehingga jika memang berniat kuat untuk membangun kolam renang saat anak masih kecil maka niat dan usaha yang kuat untuk menjaga keamanan anak sangat diprioritaskan, untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.

4. Biaya
Masalah finansial sangat penting tidak hanya pada tahap perencanaan, desain dan pembangunan, tapi juga pada tahap pengelolaan setelah pembangunan. Pengelolaan sangat perlu untuk diperhatikan karena terkait keindahan, kebersihan, keamanan dan kesehatan kolam renang. Keindahan akan terganggu jika kolam tidak terawat dan berlumut, dan keindahan ini tentu saja tidak dapat lepas dari faktor keindahan. Keamanan kolam juga akan menurun jika kolam menjadi licin, dan tentu saja genangan air yang kotor akan menimbulkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Selain itu genangan air kotor dapat menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk dan penyakit berbahaya lain. Oleh karena itu, biaya pengelolaan kolam, terutama untuk membayar jasa pembersih kolam dan pengelolaan air dan sistem pembuangan limbah sangat perlu untuk diperhatikan, untuk menghindari biaya kerugian yang lebih besar bila kolam tidak dirawat.

Sekian gambaran mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkeinginan untuk membangun kolam renang pribadi di rumah.

By: Delyanet


Related Posts To Pertimbangan saat membangun kolam renang di rumah


Pertimbangan saat membangun kolam renang di rumah Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews