Mirror Garden - Taman Minimalis di Gedung IPB Dramaga



Taman ini adalah salah satu taman unik di gedung IPB Dramaga, dalam lahan yang sempit, simple, tapi cantik.  Jangan tanyakan letaknya, karena gedung IPB dirancang dengan bentuk yang rumit. Saya sendiri butuh hingga beberapa bulan untuk memahami jalur jalan agar tidak tersesat di dalam kompleks gedung ini.  Kembali ke taman, mungkin taman ini tergolong taman minimalis dengan tanaman-tanaman xeriscape tropis (teori yang dibuat penulis sendiri, :p).
Baca juga: Prinsip Desain Taman Xeriscape

Beberapa jenis tanaman hias lanskap yang digunakan dalam taman ini antara lain Aglaonema sp, Sansevieria sp (Lidah mertua),  Euphorbia sp., Coediaeum variegatum (Puring ), Calathea sp, dan beberapa jenis tanaman lainnya.  Sebagai vokal point jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman Ficus sp (beringin).
Baca juga: Beringin Sebagai Peneduh dan Tanama Indoor


Meski tidak benar-benar simetris, taman ini memiliki penampilan hampir seperti taman di depan cermin, dan yang paling menarik adalah dengan tempat yang sempit dan akses cahaya yang terbatas taman ini tampak sangat elegan dan cantik.  Kesan simetris tampak ingin ditonjolkan dengan penempatan dua pot Spathiphyllum sp (peace lily)yang hampir serupa pada tempat yang berseberangan di simpang jalan.
Baca juga: Memilih Pohon yang Tepat untuk Taman atau Halaman Rumah

Elemen keras dalam taman ini menggunakan batu-batu sungai kecil berwarna hitam, meskipun hitam batu-batu tersebut tetap cantik dan mampu menghadirkan kesan alami dalam taman tersebut.  Selain batu juga terdapat pembatas antara tempat berbatu dengan tempat tanaman hias.
Baca juga: Elemen Desai Lanskap Taman Rumah


Related Posts To Mirror Garden - Taman Minimalis di Gedung IPB Dramaga


Mirror Garden - Taman Minimalis di Gedung IPB Dramaga Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts