Tips Membangun Taman Rumah Ramah Lingkungan

Gambar oleh Sander Van Dijk

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari taman rumah kita, walaupun hanya taman di halaman rumah kita dapat berkontribusi untuk lingkungan yang semakin parah ini.  Namun taman kita tentunya juga harus ramah lingkungan, bagaimana caranya agar ramah lingkungan dan juga dapat memperbaiki kualitas lingkungan, lima tips berikut dapat anda terapkan dalam taman rumah anda.

Gunakan tanaman lokal setempat

Penggunaan tanaman hias lokal akan menghindarkan tanah dari potensi perubahan iklim mikro area yang terkait.  Sumber daya yang paling terlindungi adalah eksistensi tanaman tersebut karena hanya ditempat aslinya ia dapat tumbuh dengan baik, disamping itu kita dapat melindunginya dari spesies tanaman lain yang mungkin bersifat invasif dari luar kawasan.  Kita juga akan melindungi tanah dari perubahan drastis akibat spesies eksotis. Pastinya penggunaan tanaman eksotis akan memakan banyak energi dari sisi pengirimannya dari daerah asal.

Gunakan lampu taman yang hemat energi, 

Saat ini sudah banyak lampu-lampu hemat energi di pasaran, menggunakan lampu LDR (light dependent resistor) juga akan sangat menghemat energi listrik karena  penggunaan lampu dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya di luar.  Cara lainnya adalah dengan menggunakan listrik tenaga surya untuk menerangi taman pada malam hari.

Lakukan penyiraman tanaman dengan bijaksana, 

Sesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi musim, pada musim hujan penyiraman tanaman sebaiknya tidak sesering pada musim kering.   Gunakan air bekas yang sudah digunakan dari pada air yang masih bersih seperti air cucian beras dan air lain yang tidak mengandung zat yang dapat merusak tanaman hias anda.

Gunakan pupuk organik, 

Ketimbang membakar sampah serasah daun yang gugur dari tanaman dalam taman kita, akan lebih baik jika kita membuatnye menjadi kompos untuk memupuk tanaman kita.  Selain dari serasah daun, kita juga dapat memanfaatkan sampah-sampah basah dari rumah dan sisa-sisa makanan di dapur untuk membuat kompos.  Hal ini tentunya akan mengurangi sampah dan menghemat pengeluaran anda untuk membali pupuk tanaman hias.

Tanam tanaman yang rindang dekat dengan jendela rumah, 

Hal ini akan membuat udara dalam rumah menjadi lebih sejuk tanpa  menggunakan air conditioner.  Selain menghemat energi, tanaman rindang dekat jendela akan memungkinkan kita untuk menikmati kicauan burung yang mungkin saja singgah di pagi hari.
    Kelima tips diatas saya yakin cukup mudah untuk dilaksanakan, namun pengaruhnya akan cukup signifikan dalam  membentuk taman kita yang ramah lingkungan.  Semoga kita semua dapat berperan dalam usaha menciptakan lingkungan yang lebih baik walaupun hanya dari taman rumah kita.
    Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.  Jika ada koreksi atau masukan silahkan komen di bawah ini.


    Related Posts To Tips Membangun Taman Rumah Ramah Lingkungan


    Tips Membangun Taman Rumah Ramah Lingkungan Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

    Search Here

    Popular Posts

    Total Pageviews

    Recent Posts