Taman Bumbu Rendang

rendangpadangenak.blogspot.com
Pernahkah anda terfikir untuk membuat taman yang benar-benar berbeda dari semua yang pernah ada di dunia? Bukan Taman Jepang, Taman Eropa, Taman Bali, atau taman-taman lainnya di dunia ini?  Hari ini 20 Februari 2012 saya terfikir tentang bagaimana kalau sebuah taman desain dibangun dengan tema makanan, yaitu Rendang.  Makanan khas Indonesia, berasal dari daerah Sumatra Barat yang telah mendunia.
Bagaimana membuatnya?  Jawaban dari pertanyaan ini mungkin terkesan mengada-ada, tapi kalau anda adalah orang Sum-Bar, atau paling tidak anda termasuk penggemar rendang maka membuat taman ini di rumah tentu akan menjadi sebuah tantangan yang menarik.  Dalam artikel ini saya tidakakan berbicara tentang bagaimana memelihara sapi atau kambing yangmerupakan bahan utama Rendang di rumah anda, tetapi saya hanya akan mengutarakan jenis-jenis tanaman yang digunakan sebagai bumbu Rendang untuk di tanam di rumah anda.

Salah satu keuntungan dari  membangun taman ini adalah anda tidak perlu membeli lagi bumbunya di pasar, yang anda perlu beli hanya daging sapi atau kambing, kecuali anda memang memelihara ternak tersebut.  Selanjutnya, tentu saja anda dapat membuat taman anda menjadi tidak hanya bermanfaat, tapi juga indah.   Karena menurut saya setiap tanaman memiliki keindahan masing-masing, termasuk tanaman-tanaman bumbu rendang berikut ini.
Kelapa (jacobc.jimnedhs.com)
Kelapa (Cocos nucifera).  Buah Kelapa adalah salah satu bumbu wajib yang digunakan hampir dalam semua resep masakan Padang yang berkuah.  Kelapa juga merupakan bumbu yang utama dalam membuat rendang.  Menanamnya di pekarangan kita akan menghadirkan kesan tropis.  Untuk menghindari bahaya dari buah kelapa dari pohon yang sudah besar anda dapat menggunakan pohon kelapa Gading atau kelapa hibrida.  Di pekarangan kelapa dapat di tanam di bagian pinggir pekarangan, jangan disudut dekat jalan atau rumah karena dikhawatirkan buah yang jatuh dapat menjadi berbahaya.  Sedangkan kalau ditanam di tengah akan menimbulkan kesan sempit.  Perawatan pohon kelapa tidak sulit karena tanaman ini bukan tanaman yang manja.  Tidak memerlukan pemangkasan, kita hanya perlu mengambil daunnya yang telah jatuh.
Asam Kandis  (Garcinia xanthochymus) Asam kandis termasuk tanaman evergreen dengan tinggi maksimum 15m.  Tajuk berbentuk piramid, dengan batang utama tegak dan cabang-cabang tumbuh mendatar, seperti pohon manggis. Daunnya agak lebat dengan bentuk lanset memanjang, sempit, panjang 12-24cm, buahnya agak membulat, meruncing, dengan diameter mencampai 9cm, berwarna jingga pucat atau kuning pekat. Tumbuhan ini menyukai naungan dan suasana lembap. Dalam pekarangan pohon asam kandis dapat menambah kehijauan dalam taman, sebagai tanaman perennial tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan.
Serai Dapur (lemongrassworld.com)
Serai Bumbu  (Cymbopogon citratus).  Tanaman ini sudah banyak ditanam di pekarangan rumah masyarakat Indonesia karena termasuk salah satu bumbu yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia.   Daripada membeli serai, tentu lebih baik untuk menanamnya dirumah.  Penanaman dan perawatannya tidak sulit, untuk bibit awalnya cukup gunakan satu pangkal batang semunya dan ditanam ke tanah.
Kunyit (nashoriws.wordpress.com)
Kunyit (Zingiber officinale) . Kunyit termasuk tanaman obat dengan banyak khasiat, sehingga banyak ditanam di perkarangan rumah masyarakat Indonesia.  Seperti halnya serai, tanaman ini juga sangat banyak dipakai dalam bumbu makanan Indonesia.  Tanaman kunyit agak lama pertumbuhannya.  Dalam pekarangan tanaman ini tidak memerlukan tempat yang luas, dan sebaiknya ditanam memanjang agar dalam pertumbuhannya tidak menimbulkan kesan semak yang tidak teratur.   Mungkin kunyit tampat membosankan karena hanya menghadirkan warna hijau pucat, namun sebenarnya kunyit juga dapat menghasilkan bunga yang cukup unik dan menarik.
Laos (dadaunan.blogspot.com)
Laos (Alpinia galanga).  Laos disini bukan nama negara Asia Tenggara, laos adalah salah satu  bumbu dapur dengan yang tergolong tanaman herba, tanaman ini memiliki penampilan dan bunga yang menarik.  Selain sering digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki khasiat obat yang banyak.  Dalam pekarangan, laos dapat ditanam berkelompok  dibagian tepi pekarangan.
Cabai Keriting.  Banyak pemilik pekarangan di Indonesia yang menanam cabai dirumahnya, namun bukan cabai keriting seperti yang digunakan dalam bumbu rendang.  Jenis cabai ini berumur pendek dan agak manja.  Karena itu sebagai gantinya mungkin anda dapat menanam cabai rawit saja, atau cabai hias, kalau anda ingin membuat rendang sebaiknya cabai keritingnya beli di pasar saja.
Cabai Keriting (varitas.net)
Tanaman-tanaman lain yang dibutuhkan sebagai bumbu rendang adalah bawangmerah, bawang putih dan kemiri.  Namun jenis-jenis tanaman tersebut mungkin agak merepotkan untuk ditanam di pekarangan karena berumur sangat pendek dan membuthkan perawatan khusus.  Untuk kemiri sendiri, diperlukan perlakuan khusus untuk mendapatkan bijinya yang digunakan sebagai bumbu, jadi tidak termasuk yang disarankan untuk ditanam di rumah.
Demikianlah artikel ini saya tulis berdasarkan ide saya yang mungkin agak aneh setelah dicampur dengan beberapa referensi.  Mohon maaf kalau anda menganggap ini kurang bermanfaat, kalau anda punya pendapat yang lebih efektif, saya dengan senang hati akan membacanya dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.



Related Posts To Taman Bumbu Rendang


Taman Bumbu Rendang Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts