Kacang Hias (Arachis pintoi)

Kacang Hias (Arachis pintoi)
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus:  Arachis
Spesies: Arachis pintoi Krapov. & W.C.Greg

Arachis pintoi (Pinto peanut: Inggris) adalah jeniskacang-kacangan yang tumbuh menjalar (ground cover) di atas permukaan tanah. Pertama kali dikoleksi oleh G. C. P. Pinto pada bulan April 1954 dari lembah Jequitinhonha, São Francisco dan  sepanjang sungai Tocantins di Brazil.  Tanaman ini di Indonesia populer dengan sebutan kacang hias. Tanaman ini  banyak dijumpai di taman-taman perkantoran, pertokoan, rumah sakit, perumahan, maupun taman jalan.  Kacang hias ini tumbuh baik di daerah tropis, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tergolong tidak sulit dalam perawatannya, dapat tumbuh pada segala kondisi, tetapi paling bagus pertumbuhannya pada kondisi di bawah naungan (70-80%) dibandingkan dengan terkena sinar matahari langsung. Selain itu tanaman ini juga mempunyai  kemampuan menambat nitrogen dari udara. Berdasar sifat-sifatnya tersebut, Arachis pintoi sangat baik ditanam sebagai tanaman penutup tanah, bahan hijauan makanan ternak, tanaman hias di taman taman kota, di pinggir-pinggir jalan raya, dan pengontrol erosi pada lahan miring.

Perawatan setelah tanam
Menurut saya tanaman ini sangat mudah tumbuhnya di daerah tropis, sehingga hampir tidak memerlukan pupuk.  Dia dapat tumbuh dengan cepat, namun perlu diperhatikan gulma yang seringkali tumbuh bersamanya.  Gulma yang sudah terlalu banyak menyebabkan agak berat untuk membuangnya, karean itu sebaiknya gulma yang terlihat secepatnya dicabut.
Pemangkasan terkadang diperlukan untuk membantu mengurangi kompetisi gulma dan merangsang si kacang untuk menjalar secara lateral.
Siput (bekicot) merupakan hama yang dapat menjadi masalah selama masa pertumbuhan. Hama ini biasanya memakan tanaman pada malam hari. Dalam hal ini, umpan jenis pestisida bisa efektif untuk melawan siput.

Penanaman kacang hias selain akan menambah nilai keindahan taman juga dapat meningkatkan kesuburan tanah.  Kemampuan meningkatkan kesuburan ini berhubungan dengan kemampuannya untuk mengikat Nitrogen dari udara seperti pada umumnya tanaman keluarga kacang-kacangan.


Related Posts To Kacang Hias (Arachis pintoi)


Kacang Hias (Arachis pintoi) Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts